Kerugian Investasi Emas Antam

Kerugian Investasi Emas Antam ini merupakan ulasan lanjutan dari Tips Investasi Emas Bagi Pemula. Sehingga anda bisa memperoleh informasi yang lebih lengkap dan detail.

Dalam dunia investasi, emas memang menjadi intrumen investasi yang terbilang sangat menjanjikan lantaran nilainya yang selalu meningkat setiap tahun.

Salah satu yang menjadi pilihan investor ialah investasi emas Antam. Akan tetapi, investor pemula selalu melakukan kesalahan dengan tidak mencari informasi terkait dengan emas antam sebelum mulai investasi.

Kerugian Investasi Emas Antam

Terdapat beberapa hal yang harus dipahami dulu sebelum anda memulai investasi emas antam.

Daripada salah langkah, ada baiknya jika anda menyimak 5 fakta penting dibawah ini terkait dengan emas antam.

1. Emas Antam Merupakan LM Termahal di Indonesia

Produsen emas di Indonesia tidak hanya antam saja. Akan tetapi masih banyak lagi merk emas lain seperti UBS, King Halim, dan juga HWT,

Selain dibedakan oleh merek, keempat produsen emas ini memproduksi emas yang tentunya mempunyai perbedaan. Baik dari sisi dimensi, ataupun juga ukuran berat.

Terlepas dari itu, harga jual produk emas yang diproduksi juga berbeda, Hanya saja, harga emas antam lebih mahal dibanding dengan merek emas lainnya.

Meskipun secara dasar memang lebih banyak yang memilih emas antam dibanding emas cetakan produsen lain.

2. LM Antam Susah Untung karena Selisih Jual-Beli Harga Pasar

Sebagai contoh, anda membeli emas antam 1 gram pada tanggal 25 Agustus 2019 dengan harga Rp 1 juta. Serta harga jualnya pada saat dibeli yakni Rp 900 ribu.

Setidaknya ada selisih antara harga beli dan harga jual yang cukup tinggi, sehingga anda pun harus menunggu dalam waktu yang tepaat agar harga jual menjadi lebih tinggi dari harga beli emas.

Akan tetapi, jika dilihat, selisih harga jual beli emas antam terbilang cukup tinggi, yakni sebesar Rp 100 ribu.

Tentu jika diperbandingkan dengan selisih harga jual beli cetakan emas lain. Sebagai contoh emas UBS dengan harga beli Rp 1 juta dan harga jualnya Rp 907 ribu dengan selisih harga sebesar Rp 93 ribu.

Dengan hal ini, menjadikan investasi emas antam lebih sulit untuk memperoleh keuntungan dibanding dengan produk emas lain.

3. Harga Buyback Sama Meski Beda Merk

Buyback merupakan salah satu aktivitas dimana anda bisa melakukan penjualan kembali emas yang sudah dibeli pada tempat ketika anda membeli emas tersebut.

Jadi, harga buyback menjadi penentu berapa harga emas anda akan dibeli atau bisa disebut sebagai harga jual emas.

Apabila dari penjelasan di atas, harga buyback emas antam dan emas UBS mempunyai nominal yang sama, yakni Rp 907 ribu. Padahal dengan merk yang berbeda.

Dalam hal ini, harga beli emas UBS lebih murah dibanding dengan emas antam. Namun selisih harga jual justru tetap sama.

4. Emas Antam Dikenai Pajak PPH dari Pemerintah

Dala, dunia perdagangan emas batangan, pemerintah sudah menetapkan kebujakan dalam pembayaran pajak PPh.

Nominal PPH yang harus dibayarkan juga tergantung dengan berat gram emas serta harga emas per gram.

Lantaran harga emas antam lebih tinggi dan mahal dibanding dengan harga emas merk lain, maka pajak PPH emas antam umumnya juga akan lebih tinggi.

5. Emas Batangan dan Emas Digital

Selain investasi berbentuk emas rill (nyata) berupa batangan, saat ini masyarakat juga sudah bisa melakukan investasi emas digital.

Emas digital ini tidak beli dalam bentuk fisik, namun pembeliannya dilakukan secara online. Bahkan jika dibanding dengan seliih harga beli dan jual, emas digital jauh lebih kecil.

Dimana untuk harga 26 Agustus 2020, yakni untuk harga beli sebesar Rp 943.719 dan harga jual Rp 898.348. Hal tersebut berarti terdapat selisih hanya Rp 45.371.

Tentu kondisi ini dianggap lebih menguntungkan bagi investor, sehingga bisa lebih mudah dalam memperoleh keuntungan lantaran selisih yang lebih kecil dibanding dengan investasi emas fisik.

Nantinya, emas digital ini bisa dikumpulkan yang kemudian ditukarkan menjadi logam mulia atau perhiasan.

Bagaimana? Apa anda sudah paham dengan beberapa penjelasan singkat di atas? Kami rasa sudah cukup ya..

Sekian untuk artikel kali ini, semoga bisa menjadi referensi bagi yang membutuhkan.

Scroll to Top