Tips Investasi Emas Bagi Pemula

Tips Investasi Emas Bagi Pemula

Terdapat beberapa Tips Investasi Emas Bagi Pemula yang bisa anda pelajari. Dengan demikian, anda pun bisa semakin yakin untuk menyalurkan dana di bisnis emas ini.

Seseorang dengan penghasilan bulanan tetap, bukan berarti menjadi jaminan akan masa depan yang lebih baik.

Maka dari itu, agar anda bisa menjamin masa depan menjadi lebih baik. Tentu ada satu tindakan yang bisa dilakukan sejak disini, termasuk investasi.

Apapun bentuknya, investasi wajib dilakukan selagi anda masih mempunyai penghasilan tetap. Dalam hal ini, ada begitu banyak jenis investasi yang bisa dipilih.

Mulai dari investasi saham, tanah, deposito, atau bahkan emas. Nah, untuk jenis terakhir ini merupakan pilihan investasi yang sedang tren.

Tips Investasi Emas Bagi Pemula

Emas sendiri tidak hanya populer sebagai perhiasan. Akan tetapi juga dianggap sebagai salah satu pilihan investasi yang cukup menguntungkan.

Kenapa demikian? Pasalnya emas merupakan barang yang harganya mempunyai kecenderungan naik. Bahkan sangat jarang mengalami penurunan harga yang signifikan.

Sebagai salah satu contohnya, di masa pandemi saja harga emas mengalami peningkatan yang signifikan.

Bahkan saat ini emas diburu sebagai alat investasi. Maka dari itu sangat penting bagi anda untuk paham dengan cara investasi emas.

Pertanyaannya, bagaimana sih cara yang benar agar bisa ikut andil dalam investasi emas? Berikut penjelasannya!

1. Pastikan Tujuan Investasi Emas

Sebelum anda mulai investasi emas, tentu harus memastikan bahwa anda sudah tahu untuk apa tujuan dari investasi tersebut.

Cara yang paling aman untuk investasi emas ialah dengan mengetahui dengan baik tujuan serta arah dari investasi tersebut.

Ada begitu banyak tujuan yang bisa dijadikan target. Baik itu untuk tabungan pernikahan, pendidikan, ataupun persiapan pensiun di hari tua.

Sebagai contoh yang paling sederhana, anda bisa menargetkan dalam kurun waktu 10 tahun ke depan akan berhenti kerja serta memulai usaha sendiri.

Selanjutnya, sebagian penghasilan dari gaji, disisikan dan diinvestasikan di emas. Apabila sudah mempunyai tujuan yang jelas, maka anda bisa lebih tahu seberapa besar jumlah investasi yang dibutuhkan.

2. Pantau Perkembangan Harga Emas

Lakukan secara berkala pemantauan harga emas di pasaran. Untuk saat ini, langkah ini tidaklah sulit untuk dilakukan.

Sebab ada begitu banyak situs di internet yang menampilkan perkembangan harga emas setiap harinya. Selain itu, ada pula aplikasi di ponsel yang bisa menampilkan perkembangan harga emas.

Apa tujuan dari memantau perkembangan harga emas? Meski terbilang sebagai alat investasi yang paling stabil, namun kadang juga mengalami penurunan harga.

Meski tampak jarang, tidak salah jika anda membelinya. Kemudian ketika secara tiba-tiba harga emas naik, anda bisa memilih untuk menjual atau tetap menyimpan hingga waktu yang ditentukan.

Akan tetapi, perlu anda pahami bahwa investasi emas baik dilakukan untuk investasi jangka panjang. Setidaknya dalam kurun waktu 5 hingga 10 tahun.

3. Beli Emas di Tempat Terpercaya

Tips Investasi Emas Bagi Pemula yang ketiga ialah mengetahui tempat pembelian emas yang bisa dipercaya.

Untuk saat ini, ada beberapa tempat yang menjual emas batangan untuk bisa dijadikan investasi.

Akan tetapi, anda akan lebih baik membeli emas pada tempat yang menjual secara resmi dan terpercaya.

Resmi yang dimaksud ialah, menjual emas dengan menyertakan surat-surat dan sertifikat. Pasalnya ada penjual emas yang menyediakan emas tersebut dengan cara cepat akan tetapi tidak disertai dengan sertifikat. Yang diperoleh hanya emas batangan saja.

Salah satu tempat yang paling direkomendasikan dan termasuk cara investasi emas yang tepat ialah membelinya di PT ANTAM.

Anda bisa membeli secara langsung pada gerai penjualan emas di kantor PT ANTAM atau situs e-commerce yang memang menjual emas dari PT ANTAM secara resmi.

Selanjutnya, anda juga bisa membeli atau membuka rekening tabungan emas di PT Pegadaian.

Keduanya merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang artinya sudah tidak diragukan lagi tingkat kredibilitasnya.

4. Tempat Penyimpanan Emas Yang Aman

Poin berikutnya yang perlu diikuti oleh investor emas pemula ialah, memperhatikan tempat menyimpan emas tersebut.

Meski terbilang sederhana, akan tetapi sebagai investor anda harus lebih berhati-hati dalam menginvestasikan dana ke bisnis tersebut.

Hal yang paling mudah untuk dilakukan ialah dengan menyimpan sendiri emas di rumah. Tentu tidak harus di dalam barnkas atau safety box. Yang terpenting emas yang anda miliki aman dan tidak hilang.

Apabila dirasa masih kurang aman, maka anda bisa menyimpannya di Safe Deposit Box (SDB) yang ditawarkan oleh lembaga perbankan.

Namun dengan memilih SDB, maka anda diwajibkan membayar biaya tambahan yang dibutuhkan. Harga untuk menggunakan SDb sendiri relatif, semua tergantung dengan bank masing-masing.

SDB tidak hanya bisa digunakan untuk menyimpan emas. Namun bisa pula dimanfaatkan untuk menyimpan barang berharga lain dalam satu tempat.

5. Fokus Untuk Masa Depan

Agar investasi emas anda tidak tersendat, maka harus fokus untuk masa depan. Anda harus paham bahwa investasi tersebut ditujukan sebagai persiapan masa depan yang lebih baik dan bersifat jangka panjang.

Jadi, ketika anda memilih investasi emas, diperlukan kesabaran dalam melihat hasil yang bisa diperoleh.

Investasi emas sangat cocok untuk jangka panjang, sehingga hasilnya pun baru akan terasa setelah 5 atau hingga 10 tahun mendatang.

Perlu diingat juga, investasi berbeda dengan transaksi jual ataupun beli yang memang tujuannya untuk mencari keuntungan dalam waktu singkat.

Pasalnya dalam investasi emas, anda harus lebih fokus pada masa depan. Dengan tujuan agar masa depan lebih bai, mapan dan bisa pensiun dengan damai.

Jika anda memang fokus untuk masa depan, maka investasi emas yang bisa diterapkan.

Keuntungan Investasi Emas

Secara dasar, ada begitu banyak keuntungan yang bisa diperoleh dari investasi emas. Namun disini kami hanya merangkum beberapa saja.

Investasi emas memberikan kemudahan dalam mencairkan dana, bahkan sangat baik untuk menjaga dan melindungi kekayaan. Lebih jelasnya mari kita simak daftar berikut :

1. Mudah Dicairkan

Keuntungan pertama yang bisa diperoleh dari investasi emas ialah tingkat likuiditas yang tinggi serta bersifat mudah dicairkan.

Artinya, emas mudah dicairkan ke dalam bentu uang tunai apabila sewaktu-waktu anda butuh uang tunai guna keperluan tertentu.

Dibanding dengan jenis investasi yang lain seperti tanah atau rumah, tentu investasi emas mempunyai tingkat likuiditas yang lebih tinggi.

2. Melindungi Kekayaan

Sedangkan untuk keuntungan kedua yang bisa dinikmati dari investasi emas ialah bisa melindungi kekayaan.

Hal ini sangat tampak dari harganya yang stabil, bahkan lebih cenderung mengalami kenaikan dari waktu ke waktu.

Sebagai contoh, jika sewaktu-waktu terjadi inflasi ataupun krisis ekonomi, harga emas justru cenderung mengalami kenaikan.

Hal ini sangatlah berbeda jika anda menyimpan uang dalam bentuk tunai. Ketika kondisi ekonomi mengalami inflasi atau krisis, maka nilai mata uang ikut melemah.

Demikianlah sedikit ulasan yang bisa kami rangkum. Semoga bisa membantu!

Scroll to Top