Investasi Kripto Jangka Panjang

Untuk saat ini, ada begitu banyak alternatif Investasi Kripto Jangka Panjang. Bahkan seiring berjalannya waktu, mata uang digital ini mempunyai daya tarik tersendiri.

Cryptocurrency atau yang juga dikenal dengan mata uang kripto, semakin dipercaya oleh para investor sebagai salah satu aset investasi jangka panjang.

Bisa disebut jika artikel ini akan mengulas tentang beberapa rekomendasi investasi crypto jangka panjang. Bahkan diperoleh dari sumber para ahli dan hasil riset.

Investasi Kripto Jangka Panjang

Investasi Kripto Jangka Panjang

Sebelum berlanjut pada pembahasan tentang jenis uang digital kripto. Tentu anda harus paham dulu dengan pengertian investasi jangka panjang.

Mengutip dari berbagai sumber di internet, investasi jangka panjang merupakan investasi yang dilakukan oleh individu atau perusahaan dalam kurun waktu yang lama (umumnya lebih dari 1 tahun).

Sedangkan untuk tujuannya, tentu disesuaikan menurut kriteria masing-masing investor. Namun secara umum, tujuan dari investasi jangka panjang ialah untuk mempersiapkan keuangan di masa depan.

Seperti halnya biaya sekolah anak, biaya pensiun, atau bisa pula untuk menumbuhkan aset kekayaan yang dimiliki oleh korporasi ataupun individu.

Ragam Jenis Investasi Jangka Panjang

Melihat dari perkembangan teknologi dan kebutuhan masyarakat saat ini, ada begitu banyaj jenis dan macam investasi jangka panjang. Daftar yang paling umum mencakup :

1. Dana Saham (Stock Fund)

Bagi investor agresif dan tidak mempunyai cukup waktu, tentu dana saham seperti reksadana sangat cocok untuk dicoba.

Besaran dana yang sudah diinvestasikan, secara otomatis akan terdiversifikasi pada beberapa perusahaan dengan nilai pertumbuhan yang tinggi.

Dengan kata lain, nilai pengembalian saham tersebut nantinya lebih stabil dibanding dengan saham individu.

2. Obligasi

Dianggap sebagai salah satu investasi jangka panjang yang aman dan relatif stabil, obligasi bisa menjadi acuan bagi anda yang hendak menjadi investor. Tidak terkecuali obligasi negara.

Secara umum, pengembalian dana obligasi cenderung lebih rendah dibanding dengan saham. Akan tetapi risiko yang ditimbulkan juga lebih kecil.

3. Cryptocurrency

Diperoleh dari hasil survey yang dilakukan oleh Huobi, menunjukkan setidaknya 45% dari responden yang berinvestasi melakukan investasi cryptocurrency jangka panjang.

Sedangkan untuk 12% yang lain, mengungkap bahwa mereka bersedia untuk menunggu lebih dari 4 tahun demi memperoleh keuntungan dari investasi mereka.

5 Daftar Coin Crypto Untuk Investasi Jangka Panjang

Disebutkan oleh Dan Atkinson dari capital.com, ada dua prinsip yang harus diperhatikan sebelum seseorang memilih investasi crypto jangka panjang.

Poin pertama ialah, crypto diharuskan mempunyai reputasi yang solid dari sisi teknologi dan keamanan.

Sedangkan untuk poin kedua, aset crypto diharuskan mempunyai uniqe point yang menjadikannya berbeda dari jenis aset yang lain.

Seperti dirangkum dari beberapa hasil riset dan pendapat para ahli. Ada beberapa coin crypto yang bisa dimanfaatkan untuk investasi jangka panjang. Bahkan namanya saat ini cukup banyak diminati oleh orang.

1. Bitcoin

Cara Investasi Bitcoin Pemula

Bitcoin bisa menjadi salah satu pilihan investasi crypto jangka panjang. Pasalnya mata uang digital yang satu ini saat ini sangat digandrungi oleh masyarakat.

Bersumber dari chainalysis, terungkap data sebanyak 60% bitcoin yang beredar dimiliki institusi ataupun perseorangan dengan tujuan investor jangka panjang.

Pasalnya mereka tidak kunjung atau tidak pernah menjual lebih dari 25% bitcoin mereka dalam kurun waktu hingga bertahun-tahun.

Meski kadang mengalami pasang surut harga, akan tetapi bitcoin masih bertumbuh dengan stabil dan semakin banyak peminat.

Per 30 Juni 2021 saja, Coinmarketcap menunjukkan bitcoin mengalami pertumbuhan dari $9.228 ke $35.040 hanya dalam kurun waktu satu tahun.

Selain itu, survey yang dilakukan oleh Huobi traders dengan responden para investor jangka panjang berusia 26 hingga 50 tahun.

Menyebut bahwa sebanyak 69% responden tersebut memilih bitcoin sebagai aset yang mereka investasikan dengan waktu paling lama (lebih dari 1 tahun).

Bitcoin sudah dipercaya secara luas oleh kebanyakan investor cryptocurrency. Bahkan dukungan juga datang dari perusahaan besar peserti Tesla, Paypal, Microsoft, Google.

Untuk saat ini di beberapa negara seperti El Salvador, bitcoin sudah disahkan menjadi alat pembayaran yang resmi.

2. Ethereum

Ethereum

Sedikit berbeda dengan bitcoin, ethereum menjadi cryptocurrency yang mempunyai jaringan tersendiri.

Jaringan tersebut bisa dipergunakan untuk mengembangkan cryptocurrency lain seperti halnya NFT serta masih banyak lagi yang lainnya.

Serupa dengan bitcoin, uang digital Ehtereum juga dikenal dengan sistem yang transparan dan open source.

Seperti diungkap oleh Chris Burniske, selaku mitra dari Placeholder VC, menyebut bahwa Ethereum sangat cocok dipergunakan untuk investasi kripto jangka panjang. Sentimen pribadi tersebut ia bagikan di laman Twitter pada tahun 2019 silam.

Sejumlah investor terkenal yang juga memilih Ethereum sebagai aset investasi ialah Winklevoss, Richard Sherman, Joseph Lubin, dan Mark Cuban.

3. Binance Coin (BNB)

Binance Coin

Mulai populer sejak tahun 2017, Binance coin menjadi salah satu cryptocurrenncy yang juga sangat diminati oleh para investor.

Pasca tahun 2017 silam, aset crypto semakin mengalami kenaikan yang konsisten meski sedikit lambat. Selama 4 tahun terakhir, BNB tumbuh $010 ke $303 per 30 Juni 2021 lalu.

Dijelaskan oleh Joshua Frank selaku CEO perusahaan data crypto The TIE yang sekaligus investor Binance coin. Mengungkap kepada Coindesk bahwa sejumlah investor cyrpto memandang BNB sebagai bentuk investasi yang lebih baik dibanding dengan bitcoin.

Hal tersebut lantaran uang digital yang satu ini memperoleh pengembalian besar dengan biaya yang jauh lebih murah.

Selain dari pada itu seperti dilansir dari Cointelegraph, mengungkap bahwa aset seperti BNB dan UNI menerima sentimen positif sebagai investasi kripto jangka panjang.

Hal tersebut lantaran BNB dan UNI merupakan utility token yang menjadi latar belakang dari apresiasi nilainya.

4. UNI

UNI

UNI sendiri merupakan token ERC-20 pada blockchain Ethereum. Selama kurun waktu hanya 3 bulan, UNI mengalami peningkatan harga hingga delapan kali lipat.

Sama halnya dengan BNB, Cointelegraph juga mengungkap bahwa UNI mengalami peningkatan sentimen positif sebagai bentuk investasi kripto jangka panjang.

Poin ini karena UNI mempunyai kegunaan yang positif, sehingga nilainya pun relatif lebih diapresiasi.

5. Chainlink Token

Chainlink Token

Manajer investasi dari Cane Island Alternative Advisors, Timothy F. Peterson. Dalam wawancaranya bersama Piotr Rosik menyebut bahwa Ethereum dan Chainlink token akan menjadi investasi kripto jangka panjang yang sangat berharga di 10 hingga 20 tahun kedepan.

Adanya penilaian tersebut berdasar pada pertimbangan aset dengan risiko penurunan paling kecil, lingkup dari aset tersebut, dan juga otensi kenaikan terbesar.

Keuntungan Investasi Jangka Panjang

Terdapat beragam alasan kenapa seseorang melakukan investasi jangka panjang. Alasan tersebut tentunya tidak luput dari :

1. Pemantauan Memerlukan Sedikit Waktu

Secara umum investor jangka panjang menghabiskan waktu lebih sedikit untuk melakukan pemantauan pergerakan nilai aset yang dimiliki.

Tentu hal ini berbeda dengan investor jangka pendek yang harus selalu rutin mengecek fluktuasi kecil setiap harinya.

2. Biaya Transaksi Rendah

Sedikit berbeda dengan investor jangka pendek, investor jangka panjang dikenakan biaya transaksi lebih rendah dan lebih jarang. Sebagai contoh, dari segi biaya broker ataupun pajak yang dibebankan.

Bagaimana? Anda minat investasi Kripto? Tentu harus menjatuhkan pilihan pada aplikasi yang tepat.

Scroll to Top