Ini Alasan Kenapa Gotrade Aman

Ini Alasan Kenapa Gotrade Aman

Ini Alasan Kenapa Gotrade Aman meski banyak yang menilai bahwa aplikasi saham tersebut ilegal.

Karena belu terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK), banyak orang yang bertanya apakah investasi saham di aplikasi Gotrade aman?

Nah, untuk memberikan jawaban yang lebih lengkap tentang keamanan investasi saham di Gotrade. Berikut sejumlah alasan yang mungkin bisa dijadikan bahan pertimbangan.

Hingga saat ini, masih banyak orang yang ragu untuk mulai investasi saham di aplikasi Gotrade. Sebab mereka menilai jika aplikasi ini kurang meyakinkan.

Salah satu diantaranya ialah sistem yang sedikit aneh lantaran bisa membeli saham sepersekian (bukan 1 lembar), bahkan tidak sampai satu lot (1 lot).

Hal tersebut tentu sudah sangat lumrah, sebab banyak orang yang sudah terbiasa dengan pasar saham dalam negeri dengan satuan lot atau per 100 lembar.

Jadi, hal aneh yang dimaksud hanya berbeda dari sudut pandang saja. Pasalnya perbedaan tersebut justru menjadi sebuah inovasi terbaru dalam dunia saham.

Teruntuk hal kehati-hatian dalam investasi juga merupakan bentuk kewaspadaan yang terbilang wajar. Dan kesemuanya kembali pada setiap individu untuk memulai investasi tanpa ada paksaan.

Baca Juga : Cara Daftar Gotrade Indonesia

Ini Alasan Kenapa Gotrade Aman

Muncul perasaan ragu di benak seseorang lantaran Gotrade belum terdaftar secara resmi di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Namun untuk saat ini, Gotrade sudah menyatakan bahwa dirinya sudah terdaftar di Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Kementerian Perdagangan.

Jika ditelisik lebih lanjut, memang benar bahwa Gotrade tidak terdaftar di OJK. Akan tetapi hal tersebut sudah bisa langsung terjawab dengan terdaftarnya Gotrade di Bappebti yang juga lembaga pengatur perdagangan resmi di Indonesia.

Dengan kata lain, anda tidak bisa secara langsung mengambil kesimpulan bahwa Gotrade tidak aman.

Coba cari referensi dulu dan pelajari semua informasi yang dibutuhkan. Bahkan anda bisa mencari tahu tentang review terkait sejumlah alasan yang bisa meyakinkan anda bahwa Gotrade memang aman.

Nah untuk membantu memberikan jawaban atas keraguan anda, berikut kami sudah menyiapkan sejumlah alasan kenapa Gotrade aman.

1. Perusahaan Di Balik Gotrade

Seperti yang sudah kami jelaskan di beberapa artikel sebelumnya, Gotrade merupakan sebuah aplikasi investasi untuk jual beli saham Amerika. Tepatnya di bursa saham Wall Street US.

Mualnya, aplikasi ini dikembangkan oleh perusahaan bernama TR8. Dan founder dari Gotrade ialah Rohit Mulani (CEO), David Grant (COO), dan Norman Wnto (CTO).

Menurut yang kami kutip dari laman resminya, TR8 Group menaungi TR8 Inc, TR8 Securities, dan TR8 Technologies PTE LTD.

Simak Juga : Cara Deposit Gotrade Indonesia

Lebih jelas lagi, TR 8 merupakan sebuah perusahaan yang berbasis dan d regulasi di Malaysia.

Akan tetapi, TR8 merupakan perusahaan startup teknologi yang juga mempunyai staf dan kantor di Singapura.

Sedangkan untuk Gotrade sendiri merupakan nama dagang atau produk dari TR8 Securities which is yang sekarang menjadi Gotrade Securities. Markas Gotrade Group sendiri berada di headquarter di Delaware, US.

Dengan tujuan agar pengguna bisa menjalankan aktifitas trading saham secara real, maka TR8 bertindak sebagai introducing broker sekaligus bekerja sama dengn Alpaca Securities LLC.

Dalam hal ini, Alpaca Securities LLC sendiri merupaka broker saham US yang bertindak sebagai intermediary, sekaligus menjadi pihak yang memecah saham menjadi fractional.

Perlu diketahui juga, ada juga Velox Clearing LLC dan Vision Financial Markets LLC yang menyediakan jasa kliring untuk Gotrade.

Deposit & Withdrawal

Ini Alasan Kenapa Gotrade Aman selanjutnya ialah semua transaksi investasi saham US di Gotrade ialah aktivitas jual-beli sham asli.

Dalam hal ini, investor atau pengguna diharuskan melakukan deposit terlebih dahulu ke akun Gotrade. Langkah ini tidak berbeda dengan deposit ke RDN.

Lebih jelasnya, investor perlu deposit ke dalam mata uang USD (Dollar) serta mengirim uang tersebut ke US yang merupakan negara tempat investasi dilakukan.

Mulai dari sini, Rapyd pun muncul sebagai media yang melancarkan aktivitas tersebut. Rapyd sendiri merupakan perusahaan Fintech internasional yang memproses cross-order parment.

Fungsi Rapyd disini ialah untuk membantu pengguna Gotrade dalam mentransfer uang lebih cepat dengan beban biaya lebih murah.

Jika tidak menggunakan Rapyd, maka setidaknya membutuhkan waktu 3 hari agar uang deposit sampai ke Amerika sebelum bisa dipakai untuk transaksi investasi.

Sedangkan dengan penggunaan Rapyd, maka proses tersebut berlangsung instan. Sehingga uang pun bisa masuk dalam hitungan menit.

Nah karena jaman sudah serba teknologi seperti sekarang, anda pun bisa dengan mudah menemukan informasi terkait beberapa perusahaan pendukung Gotrade di atas.

2. Regulasi Yang Mengatur

Bertindak sebagai lembaga atau perusahaan finansial, TR8 sudah terdaftar dan diawasi oleh Labuan Financial Services Authority (LFSA).

LFSA disini merupakan lembaga resmi pemerintah Labuan Malaysia yang mempunyai tanggung jawab atas development dan admnistrasi dari Labuan International Busnies and Financial Centre (Labuan IBFC). Gotrade sendiri terdaftar dengan nomor lisensi SL/20/0014 di LFSA.

Cek Juga : Cara Membeli Saham Di Gotrade

Dari sisi Alpaca Securities LLc, sudah terdaftar secara remsi, diawasi, dan diatur oleh Financial Industry Regulatory Authority (FINRA), dan US Securities anda Exchange Commission (SEC).

SEC dan FINRA sendiri merupakan lembaga resmi di US yang berperan untuk mengatur dan menegakkan peraturan sistem investasi dan pasar modal di US.

Bisa disebut jika SEC dan FINRA mempunyai peranan yang hampir sama dengan OJK dan Beppebti.

Lantas bagaimana dengan Rapyd? Tentu pertanyaan ini juga harus dijawab beriringan dengan kehati-hatian atas investasi di Gotrade.

Nah, mempunyai nama lengkap RAPYD HOLDINGS PTE. LTD, perusahaan fintech yang satu ini sudah resmi dan terdatar di Monetary of Singapore.

Agar anda tidak ragu, bisa mengecek langsung keabsahan terdaftarnya Rapyd ⇒DISINI.

3. Investor Gotrade

Selayaknya lembaga atau perusahaan startup di penjuru dunia seperti halnya Tokopedia, Gojek, dan yang lainnya. Gotrade memperoleh biaya (bahan bakar atau modal) dari sejumlah perusahaan Vencture Capital (VC).

Seperti yang kami sadur dari rilis resmi, Gotrade memperoleh pendanaan sebesar $7 juta pada tahap Seed fund.

Tentu hal ini bisa diartikan bahwa ada tahap pendanaan Series A sampai D. Dimana hal ini menjadi tahapan sebelum pada akhirnya IPO.

7 juta dolar disini jangan disamakan dengan 7 juta rupiah ya. Jumlahnya sangat fantastis terlebih hal tersebut masih Seed fund.

Yang menjadi poin pertanyaan disini ialah, siapa saja sih investor Gotrade? Salah satu VC yang menanamkan modal di Gotrade ialah LocalGlobe yang berbasis di London UK.

Namun adapula investor lain yang mendukung pendanaan tersebut. Seperti halya Social Leverage, Picus Capital, Raptor Group, dan Y Combinator yang mempunyai peran dan berpatisipasi pada tahap funding.

Seanjunya, ada pula sejumlah investor yang ikut bergabung untuk mengembangkan Gotrade. Beberappa diantaranya ialah pembuat Gmai (Paul Buchheit), mantan CEO Deutsche Postbank (Frank Strauss), mantan CEO Morgan Stanley Investment Management Asia (Samuel Rhee), co-founder GoCardless (Matt Robinson), mantan chief product officer of Skyscanner (Carlos Gonzalez-Cadenas), pimpinan Rapyd Asia-Pacific (Joel Yarbrough), serta mantan direktur Citibank (Thomas Kang).

Nah dengan semakin banyaknya investor kelas internasional untuk mempercayakan modal mereka untuk megembangkan Gotrade. Maka sudah tentu mereka pun mempunyai jaminan kepastian sekaligus keamanan atas Gotrade.

Pasalnya investasi dengan jumlah uang yang sangat banyak, bukan hanya dengan mempertimbangkan satu faktor saja. Dalam hal ini, ada banyak faktor dan kriteria yang menjadi bahan pertimbangan hingga pada akhir mereka pun mempercayakan dana untuk pengembangan Gotrade.

4. Asuransi

Ini Alasan Kenapa Gotrade Aman, salah satunya ialah asuransi atau yang lebih dikenal dengan jaminan atau asuransi.

Tidak sedikit yang bertanya, apa ada yang menjamin bahwa uang yang diinvestasikan ke pasar modal Amerika dengan Gotrade aman?

Apa memang ada lembaga khusus yang menjamin simpanan atau penjamin investasi? Tentu ada, yakni Securities Investor Protection Corporation (SIPC).

Sama dengan namanya, SIPC menjadi salah satu perusahaan Amerika Serikat yang mengemban tugas secara federal, nirlaba, dan didanai oleh anggota.

Lembaga ini dibentuk sesuai dan berdasar pada Undang-Undang tahun 1970 tentang Perlindungan Investor Sekuritas yang mengamanatkan keanggotaan sebagian besar dealer pialang saham yang sudah terdaftar di US.

Cek Juga : Cara Menjual Saham Di Gotrade

Untuk singkatnya, SIPC disini merupakan lembaga yang memberikan perlindungan investasi di pasar saham US. Tentu selama brokernya merupakan member SPC. Untuk lebih lengkapnya bisa anda lihat di website resminya.

Dalam hal ini, SIPC bertindak sebagai sebuah entitas non-pemerintah, yang layannya mencakup sebagian besar jenis sekuritas. Baik itu saham, obligasi, dan juga reksa dana.

Penting untuk diingat, SIPC disini tidak melindungi investor dari kerugian yang disebabkan oleh penurunan nilai pasar sekuritas.

Teruntuk Gotrade Securities sendiri, bersama dengan brokernya (Alpaca Securities) sudah menjadi anggota dari SIPC. Yang artinya, semua pengguna yang sudah bergabung dengan Gotrade sudah tercover perlindungan SIPC.

Jika memang ebuah perusahaan pialang atau broker saham merugi hingga gulung tikar, serta perusahaan tersebut merupakan anggota dari SIPC.

Maka uang tunai dan sekuritas investor yang dipegang oleh perusahaan pialang yang dimaksud memperoleh perlindungan ingga USD $500.000, termasuku juga batas uang tunai senilai $250.000.

Tunggu dulu, SIPC kan bukan lembaga pemerintah. Apa legit? Dalam hal ini, SIPC merupakan lembaga yang sudah diakui oleh pemerintah federal Amerika. Anda pun bisa dengan mudah mengecek detalnya ⇒DISINI.

Lebih singkatnya, pada setiap anggota (pengguna) Gotrade sudah dilindungi oleh SIPC hingga USD500.000 atau setara Rp 7,1 miliyar (kurs sekarang).

5. Jumlah Pengguna

Ini Alasan Kenapa Gotrade Aman, salah satunya ialah pengguna yang sudah bergabung dengan Gotrade.

Hal ini berdasar pada pantauan di laman Google Play yang sapai saat ini sudah diunduh dan digunakan oleh 100 ribu pengguna lebih.

Jumlah tersebut sudah terbilang besar dan sangat fantastis. Terlebih Gotrade masih masuk pada aplikasi investasi saham baru.

Tidak sedikit orang yang sudah bergabung dan mempercayakan investasinya di saham US menggunakan Gotrade.

Dan pastinya, orang tersebut sudah memikirkan apa Gotrade memang aman sebelum pada akhirnya memutuskan untuk bergabung.

Patut & Layak Dipertimbangkan

Terlepas dari itu, terdapat faktor lain yang tentunya sangat patut untuk dipertimbangkan lebih lanjut. Hal ini bisa anda lakukan sebelum memutuskan untuk memakai Gotrade. Sejumlah pertimbangan yang dimaksud mencakup :

Aplikasi Serupa

Apa ada aplikasi serupa yang hampir mirip dengan Gotrade? Jawabannya Ada! Di Amerika sendiri, ada Robinhood yang menggunakan konsep yang sama dengan Gotrade.

Akan tetapi, masih terbatas untuk warga negara Amerika saja. Pasalnya pendaftaran membutuhkan social security number.

Simak Juga : Cara Withdraw Gotrade Indonesia

Selain itu, ada juga Zipmex, namun sangat disayangkan krena menggunakan model token saham. Dalam hal ini, investor hanya bisa membeli semacam token saham dan bukan merupakan saham asli.

Artinya, investor tidak akan memperoleh dividen meski sudah membeli berlot-lot saham.

Selanjutnya, aplikasi yang cukup terkenal ialah Etoro. Namun sangat disayangkan juga masih menetapkan minimum deposit awal sebesar $200.

Ada satu lagi yaitu Saxo Bank yang meajibkan minimum deposit US$3.000. Dan Interctive Brokers dengan penetapan deposit awal sebesar $10.000.

Bagaimana dengan Aplikasi Saingan? Untuk saat ini, saingan Gotrade mungkin hanya Zipmex dengan produk Zipstocknya.

Saham Asli

Dengan menggunakan Gotrade, maka saham yang anda beli merupakan saham asli. Dengan kata lain, pengguna Gotrade mempunyai hak untuk mendapat dividen dan vote right.

Dalam hal ini, nama investor akan tercatat secara legal sebagai pemilik saham meski hanya mempunyai sebagian dari lembar saham (tidak full satu lembar atau satu lot).

Aturan Fractional Share

Poin ini yang juga tidak luput dari pertanyaan pengguna. Ykni beli saham US model fractonal share yang tidak sampai satu lot bahkan satu lembar. Apa memang ada aturan atau hanya iming-iming saja?

Tenang, ada aturan yang ditetapkan dalam trading saham fractional share. Bahkan diatur secara resmi di Amerika.

Untuk saat ini memang tidak ada aturan pasti di Indonesia. Bahkan membeli saham satu lembar saja belum bisa, pasalnya minimal 1 lot.

Berbeda dengan Amerika, memang sangat dimungkinkan untuk membeli dan menjual saham dengan hanya sebagian dari selembar saham atau yang lebih dikenal dengan fractional share.

Seperti dikutip dari laman resmi US Securities and Exchange Commission (SEC). Fractional share ialah ketika anda mempunyai kurang dari satu saham penuh atau aset sekuritas yang lain.

Akan tetapi, memang tidak semua perusahaan pialang (broker firm) yang mendukung fasilitas tersebut.

Namun untungnya, di Gotrade anda bisa tetap berinvestasi dengan memanfaatkan model fractional share.

Meski anda membeli saham sebagian (bukan selembar atau satu lot), namun tetap tercatat secara resmi dan berhak atas dividen dan voting right.

Kesimpulan

Apakah Gotrade aman? Bisa disebut jika jawaban dari pertanyaan tersebut akan berbeda-beda sesuai dengan invidu yang menilai dan mempelajari.

Dalam hal ini, setiap orang mempunyai pandangan berbda. Baik dari sisi pengumpulan informasi tentang Gotrade, atau kesimpulan akhir yang menjadi puncaak keputusan.

Apabila yang dijadikan patokkan awal ialah terdaftar dan diawasi oleh OJK. Maka anda pun bisa menyimpulkan sendiri.

Lihat Juga : Cara Dapat Saham Gratis Di Gotrade

Namun sama-sama lembaga yang dikelola negara, tentu Bappebti juga bisa dijadikan acuan bahwa Gotrade aman.

Namun jika yang dijadikan patokan bahwa Gotrade aman ialah sudah teregulasi dengan resmi. Maka sudah pasti Gotrade aman lantaran perusahaan dan mitranya sudah terdaftar dan teregulasi sesuai wilayah yuridiksi perusahaan beroperasi.

Perlu diingat, pemaparan kami ini hanya untuk membantu dalam memberikan informasi lebih lengkap terkait Gotrade.

Sedangkan jawaban akhir, anda pun bisa mengambil kesimpulan sendiri. Sebab tidak ada saran, anjuran, ataupun paksaan untuk berinvestasi.

Dalam hal ini, keputusan untuk berinvestasi tetap berada di tangan individu masing-masing. Dan jika dirasa masih ada informasi yang kurang, maka anda pun bisa mengambil tambahan dari sumber referensi lain.

Mungkin hanya itu saja untuk informasi kali ini, salam satu hobi!

Scroll to Top