Cara Identifikasi Dan Rekomendasi Growth Stocks

Cara Identifikasi Dan Rekomendasi Growth Stocks

Berikut kami akan memaparkan Cara Identifikasi Dan Rekomendasi Growth Stocks. Sehingga anda bisa dengan mudah membeli ataupun menjual saham yang dimaksud.

Tidak bisa dipungkiri jika berinvestasi di dalam saham dengan kategori Growth Stock bisa dijadikan salah satu cara yang baik untuk memperoleh cuan lebih di pasar saham.

Salah satu kunci yang paling sederhana ialah terlebih dahulu mengetahui saham growth stock mana yang harus dibeli dan kapan waktu yang paling tepat.

Nah berperan sebaga salah satu referensi, berikut merupakan panduan praktis bagi anda untuk memilih jenis saham growth stock di luar negeri.

Kami hara dengan cara ini, anda bisa dengan mudah memilih jenis saham US yang paling bagus untuk ditabung dalam jangka waktu yang relatif panjang.

Cara Identifikasi Dan Rekomendasi Growth Stocks

Untuk jaman yang sudah serba digital seperti sekarang, sangatlah mudah mengumpulkan informasi mengenai jual beli saham di internet.

Bahkan banyak broker yang menyediakan layanan pembelian saham. Baik yang aksesnya melalui aplikasi ataupun menggunakan browser di perangkat pintar.

Nah yang menjadi poin pertanyaan disini ialah, apa itu tipe saham growth stock? Melansir dari sejumlah sumber, growth stock merupakan saham dari sejumlah perusahaan yang mempunyai peningkatan pendapatan.

Baik itu dari segi earning ataupun revenue yang mempunyai peningkatan lebih cepat dibanding dengan rata-rata perusahaan lain di industri yang sama atau pasar secara keseluruhan.

Dalam hal ini, tipe saham growth stock meski bagaimanapun tetap melibatkan lebih dari sekedar memilih saham yang tengah naik daun atau uptrend.

Nah sebuah bisnis yang mempunyai pertumbuhan lebih cepat dibanding rata-rata untuk jangka waktu yang lama, justru lebih cenderung dihargai oleh pasar.

Pada prosesnya, Faktor ini bisa memberikan return yang bagus bagi para pemegang saham.

Intinya, semakin cepat pertumbuhan sebuah bisnis. Maka akan semakin besar pula hasil yang diperoleh.

Berbeda dengan tipe saham value stock, saham dengan tingkat pertumbuhan lebih tinggi cenderung mahal dibanding dengan saham rata-rata beberapa metrik seperti price to earnings, price to free cash ratio, serta price to sales.

Akan tetapi, selain daripada label harga yang secara umum super premium. Saham dengan tipe growth stock terbaik bahkan bisa berdampak pada return yang menghsiln cuan untuk para investor.

Baca Juga : Cara Daftar Gotrade Indonesia

Tepatnya ketika saham yang dimaksud mampu memenuhi potensi pertumbuhan yang luar biasa.

Penjelasan singkatnya, growth stock merupakan tipe saham perusahaan yang mempunyai tingkat pendapatan. Entah itu erning atau revenue lebih cepat dari rata-rata bisnis pada industri atau pasar saham yang sama secara keseuruhan.

Cara Identifikasi Saham Growth Stock

Bagaimana sih cara melakukan identifikasi sahm growth stock? Nah saat anda sudah tahu dan paham dengan maksud growth stock. Maka poin berikutnya ialah mengetahui saham seperti apa yang masuk tipe growth stock.

Menurut yang kami kutip dari berbagai sumber, setidaknya ada 3 langkah umum yang bisa dilakukan untuk mengidentifikasi saham tipe growth stock. Beberapa diantaranya ialah :

  • Melakukan identifikasi tren pasar jangka panjang yang kuat sekaligus memilih sejumlah perusahaan yang memunyai potensi terbaik untuk memperoleh cuan dari tren yang dimaksud. Agar lebih mudah, anda bisa membuat list perusahaan tertarget.
  • Mempersempit daftar saham dari hasil identifikasi yang diakukan tadi. Kerucutkan pada perusahaan yang mempunyai keunggulan kompetitif yang dianggap paling kuat.
  • Persempit lagi semua daftar yang sudah masuk list pada jenis perusahaan dengan target pasar yang lebih besar.

Membahas lebih lanjut tiga tahapan yang sudah kami jelaskan di atas. Mungkin anda masih sedikit bingung saat hendak mengambil tindakan.

Maka dari itu, dengan tujuan agar anda lebih mudah dalam mengeksekusi serta mebuat daftar perusahaan. Ada baiknya menyimak sejumlah yang sudah kami siapkan di bawah ini.

1. Mengenali Tren & Perusahaan Yang Berkecimpung

Dari penilaian singkat, sudah pasti jika perusahaan yang bisa memanfaatkan tren jangka panjang yang kuat. Maka bisa meningkatkan penjualan dan keuntungan selama bertahun-tahu. Sehingga dalam prosesnya secara tidak langsung bisa menghasilkan kekayaan bagi para pemegang saham mereka.

Sebagai contoh ialah adanya kejadian pandemi di masa lalu, yang pada prosesnya mempercepat banyak tren yang sebelumnya sudah berjalan dengan baik.

Dari strategi ini, anda bisa dengan mudah membuat list perusahaan sesuai dengan yang dibutuhkan.

Contoh List Perusahaan

Nah dari tren yang dimaksud, maka bisa dibuat list sebagaimana yang sudah kami siapkan pada contoh berikut :

  • Pembayaran Digital : Salah satu contoh perusahaan yang membantu percepatan peralihan global dari uang tunai ke bentuk pembayaran digital tidak lain ialah Paypal (PYPL) dan Square (SQ). Bahkan sangat memungkinkan bisnis menerima transaksi kartu debit dan kredit.
  • E-Commerce : Karena suatu pandemi, maka tidak sedikit orang yang melakukan belanja secara online. Sehingga perusahaan toko online berada di posisi yang laing baik untuk mendapat keuntungan. Hal tersebut tidak lain karena adanya tren sekaligus memanfaatkan situasi yang ada.
  • Periklanan Digital : Mempunyai porsi pasar terbesar dari iklan digital serta mempunyai potensi untuk memperoleh untuk besar lantaran anggaran pemasaran bergeser. Baik itu dari TV dan media cetak, beralih ke media online.
  • Hiburan Digital & Streaming : Sejalan dengan semakin meningkatnya penggunaan internet. Maka jutaan orang suda membatalkan langganan tv kabel serta beralih dengan opsi streaming yang lebih terjangkau dan nyaman. Mempunyai peranan sebagai pemimpin global dalam hiburan streaming, Netflix (NFLX) menawarkan cara yang paling baik untuk memperoleh keuntungan dari tren tersebut.
  • Komputasi Awan / Cloud Computing : Bertindak sebagai infrastruktur dalam mendukug industri digita, layanan infrastruktur cloud seperti halnya Alibaba (BABA) dan Amazon (AMZN) menjadi contoh perusahaan yang paling dominan untuk membantu mewujudkan hal tersebut. Sedangkan untuk Salesforce.com (CRM), menyediakan sejumlah perangkat lunak dengan basis cloud terbaik yang sudah tersedia.
  • Remote Working : Selama pandemi corona, tidak sedikit perusahaan atau organisasi yang melakukan pengaturan kerja jarak jauh melaalui Work From Home (WFH). Tentu perusahaan seperti Zoom (ZM) akan terus memanfaatkan tren ini dengan layanan atau alat kolaborasi telepon dan video berbasis cloud yang ramah pengguna.

Strategi Lanjutan

Mengambil kesimpulan dari strategi yang kami paparkan di atas, ialah untuk mencoba memuli investasi dalam jenis tren dan perusahaan serupa sedini mungkin.

Intinya semakin awal anda masuk dan melakukannya, maka akan semakin cuan juga hasil yang diperoleh.

Bahkan jika keberuntungan berada di pihak ada, maka tren yang paling kuat bisa bertahan hingga bertahun-tahun, bahkan bisa jadi hingga puluhan tahun.

Tentu hal ini akan memberikan anda lebih banyak waktu untuk ikut dalam memperoleh bagian dari cuan yang diperoleh sejumlah perusahaan yang dimaksud.

Lihat Juga : Cara Deposit Gotrade Indonesia

2. Fokus Pada Perusahaan Dengan Keunggulan Kompetitif

Penting untuk dicatat bahwa sangatlah baik melakukan investasi di sejumlah perusahaan yang tengah berkembang serta memiliki keunggulan yang kuat.

Jika tidak, maka sudah tentu para pesaingnya mempunyai potensi untuk melewatinya. Bahkan mungkin pertumbuhan mereka tidak bisa bertahan lebih lama.

Sehingga dalam hal ini, anda perlu untuk memprioritaskan sekaligus fokus pada saham perusahaan dengan keunggulan yang mempunyai daya saing.

Nah teruntuk contoh keunggulan daya saing tersebut, ini daftar lengkapnya :

  • Skala Keuntungan : Dalam hal ini, ukuran bisa menjadi keuntungan yang sngat kuat. Ambil contoh Amazon, dikarenakan jaringan distribusi secara global yang sangat besar. Maka sudah tentu akan sangat sulit untuk ditiru oleh para pesaingnya. Terlebih pesaing yang dimaksud lebih kecil.
  • Efek Media Sosial : Pada poin ini, Facebook bisa dijadikan bahan contoh yang paling utama. Pasalnya sosial media ini berpengaruh besar pada dunia internet. Setiap orang yang bergabung dengan platform media sosalnya, menjadikan lebih berharga bagi anggota yang lain. Dalam hal ini efek jaringan bisa mempersulit pendatang baru untuk menggantikan pemimpin pangsa pasar saat ini. Serta lebih dari 2,5 miliar pengguna Facebook sudah tentu menjadikan perusahaan media sosial baru tidak bisa menggeser atau bahkan menggantikannya.
  • Biaya Peralihan Yang Tinggi : Perlu diketahui bahwa biaya peralihan merupakan biaya sekliguss kesulitan yaang terlibat dalam beralih satu produk pada produk atau layanan saingannya. Contoh yang kita ambil disini ialah Shopify. Bertindak sebagai perusahaan yang bergerak di bidang sistem operasi ritel online. Setidaknya ritel yang dimaksud lebih dari 1 juta bisnis. Maka Shopify mejadi salah satu contoh bisnis dengan biaya perlihaan yang tinggi. Ketika ebuaah perusahaan sudah mulai menggunakan Shopify sebagai inti dari operasi online-nya. Maka kemungkinan tidak akan repot untuk beraalh pada pesaing lainnya.

3. Menentukan Perusahaan Dengan Target Pasar Besar

Untuk poin terakhir, sudah tentu jia kita ingin melakukan investasi pada perusahaan-perusahaan dengan pangsa pasar yang besar. Baik itu dari segi target atau bisa pula pengelolaan yang bisa ditangani.

Terlepas dari itu, dari adanya target besar yang dimaksud. Maka akan lebih bagus lagi jika masih ada ruang untuk pertumbuhan yang lebih lanjut kedepanna.

Dalam hal ini, laporan industri dari firma riset seperti Gartner (IT) dan eMarketer bisa sangat membantu.

Nantinya, laporan dri perusahaan riset yang dimaksud, bisa memberikan atau setidaknya membantu dalam memperkirakan ukuran industri, proyeksi pertumbuhan, serta angka pangsa pasar.

Intinya, jika semakin besar peluang yang ada. Maka tentu pada akhirnya akan semakin besar pula bisnis tersebut.

Apalagi semakin awal siklus pertumbuhan yang ada, sehingga akan semakin lama ia bisa terus berumbuh di tingkat yang lebih mengesankan.

Rekomendasi Saham Tipe Growth Stock

Masih dalam pembahasan Cara Identifikasi Dan Rekomendasi Growth Stocks. Poin berikutnya yang bisa dijadikan acuan untuk penelitian ialah contoh dari saham yang dimaksud.

Dalam hal ini, setidaknya kami sudah menyiapkan 10 saham growth stock yang dianggap paling luar biasa saat ini. Terlebih saham tersebut tersedia di bursa saham Amerika.

Disini perlu kami tekaankan bahwa sifat dari daftar saham berikut hanya sebagai contoh atau rekomendasi.

Intinya, bukan rekomendasi sungguhaan yang harus anda percaya atau anda beli sebagai koleksi saham di portfolio anda.

Sebab sebelum membeli sebuah saham perusahaan. Tetap harus melalui riset agar hasil yang diperoleh tidak mengecewakan atau membuat anda merugi.

Intinya, anda bisa melakukan riset sendiri serta menyortir daftar saham yang dinilai masuk pada tipe growth stock.

Daftar Saham Growth Stock

Ada sejumlah kategori saham yang bisa anda jadikan acuan dan dilakukan riset lebih lanjut. Contoh saham yang kami maksud mencakup :

  • Industri E-Commerce : Shopify (SHOP) – CAGR 183%, MercadoLibre (MELI) – CAGR 58%, dan JD.com (JD) – CAGR 29%
  • Industri Pembayaran Digital : Paypal (PYPL), dan Square (SQ) – CAGR 63%
  • Indutri E-Commerce & Komputasi Awan : Amazon (AMZN) – CAGR 28%, dan Alibaba (BABA) – CAGR 63%
  • Industri Periklanan Digital : Google (GOOG) – CAGR 18%, dan Facebook / Meta (FB) – CAGR 48%
  • Industri Streaming Film : Netflix (NFLX) – CAGR 29%
  • Industri Cloud Software / SAAS : Salesforce (CRM) – CAGR 26%

Catatan : CAGR = compound annual growth rate. Data laporan keuangan triwulanan dihimpun dari Morningstar.

Keunggulan Saham Growth Stock

Sama halnya dengan jenis saham yang tersimpan di portfolio anda, tentu saham dengan tipe Growth Stock mempunyai keunggulan tersendiri.

Mungkin poin ini juga yang menjadikan saham tipe ini sangat populer. Sebab bisa saja memberikan dampak yang positif untuk saham yang anda tabung.

Adapun keunggulan saham growth stock ialah :

  • Mempunyai potensi memperoleh cuan yang lebih tinggi. Sebab pangsa pasar dari tipe saham growth stock lebih cenderung untuk naik.
  • Baik untuk jangka panjang dan jangka pendek. Pasalnya anda tidak perlu khawatir akan penurunan ataupun pertumbuhan saham yang dimiliki. Bahkan lebih cenderung naik seiring dengan berjalannya waktu.
  • Meminimalisir kerugian sehingga lebih aman. Hal ini riset saham growth stock melalui riset yang lebih mendalam. Sehingga mempunyai potensi merugi lebih kecil dibanding dengan pasar saham dari perusahaan musiman.

Resiko Saham Growth Stocks

Sama haalnya dengan menjalankan usaha offline atau dikehidupan nyata. Sudah pasti ada untung rugi yang harus ditanggung.

Sama halnya dengan berinvestasi pada instrumen saham perusahaan. Sebab secara umum mengandung faktor seperti risiko pasar secara keseluruhan serta risiko bisnis.

Hal ini tentu juga beriringan dengan keunggulan yang sudah kami sebut di atas. Sehingga aanda harus siap menghadapi semua konsekuensi yang mungkin timbul di kemudian hari.

Penting untuk diingat bahwa saham degan tipe growth stock bisa menjadikan lebih berisiko dibanding dengan tipe saham value stocks.

Sama dengan namanya, jenis saham dengan tipe growth stock lebih cenderung berada dalam fase bisnis yang tengah berkembang.

Maka dari itu, pada tahap pertumbuhan ini bisa saja diisi dengan perusahaan yang lebih muda dan lebih kecil.

Tentunya dengan rekam jejak produk atau entitas yang belum terbukti sehingga lebih cenderung menggunakan sebagian besar pendapatan yang diperoleh serta meningkatkan modal untuk bisa mengembangkan bisnis.

Mengambil kesimpulan dari Cara Identifikasi Dan Rekomendasi Growth Stocks di atas, maka sedikit banyak anda sudah bisa menambah referensi untuk acuan sebelum membeli saham.

Cek Juga : Cara Membeli Saham Di Gotrade

Dan sebagai penutup, apapun nantinya jenis investasi yang anda pilih. Sudah pasti semua keputusan berada di tangan masing-masing. Bahkan menjadi tanggung jawab sepenuhnya tanpa ada paksaan ataupun kekhawatiran.

Yang artinya, apapun dampak atau hasil yang diperoleh. Baik itu negatif ataupun positif, menjadi tanggung jawab masing-masing.

Disini kami hanya menyampaikan informasi saja yang bisa dijadikan acuan atau sekedar belajar tentang apa itu investasi saham atau sejenisnya.

Mungkin hanya itu saja pemaparan kami kali ini. Semoga apa yang kami tulis bisa membantu dan berguna bagi banyak orang. Sekian dan salam satu hobi.

Mudahnya membeli saham perusahaan Amerika ⇒DISINI.

Scroll to Top