Cara Mengaktifkan Kartu ATM Yang Terblokir

Bagaimana Cara Mengaktifkan Kartu ATM Yang Terblokir? Apa ada cara khusus agar prosesnya lebih mudah? Mungkin pertanyaan ini bisa terjawab dengan membaca ulasan berikut ini.

Bagi anda pengguna kartu ATM, tentu cara mengaktifkan kartu terblokir ini sangat penting untuk diketahui.

Umumnya kartu ATM yang terblokir terjadi lantaran beberapa faktor. Namun yang paling sering ialah karena salah memasukkan nomor PIN sebanyak 3 kali berturut-turut.

Apabila anda mengalami kejadian seperti ini, maka otomatis kartu ATM tidak bisa lagi digunakan untuk transaksi.

Baik itu untuk keperluan tarik tunai, transfer, atau poin lain yang membutuhkan mesi ATM. Sehingga anda perlu mengaktifkan kembali kartu ATM yang terblokir tersebut.

Cara Mengaktifkan Kartu ATM Yang Terblokir

Melansir dari berbgai sumber di internet, setidaknya ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengaktifkan kembali kartu ATM yang terblokir.

Cara yang dimaksud bisa dilakukan sesuai dengan kondisi kenapa kartu ATM bisa terblokir. Bahkan prosesnya pun sangatlah mudah.

Anda bisa secara langsung mengatasinya tanpa harus datang ke bank. Namun jika kartu sudah tertelan, maka tetap wajib untuk datang ke bank.

Untuk kondisi pertama, pengguna masih ingat dengan PIN Kartu ATM, dan kondisi lainnya ialah pengguna memang sudah benar-benar lupa nomor PIN.

Bagi anda yang ingin mengaktifkan kembali kartu ATM yang dalam kondisi terblokir, bisa menyimak tahapan berikut ini :

1. Mengaktifkan Kartu ATM Terblokir Via Call Canter

Cara pertama dan juga dianggap paling mudah ialah dengan menghubungi layanan call center bank terkait.

Tentu cara ini bisa dilakukan oleh pengguna yang masih ingat dengan nomor PIN kartu ATM yang sudah dalam kondisi terblokir tersebut.

Dengan cara ini, tentu nasabah tidak perlu repot untuk datang ke kantor cabang. Terpenting ponsel sudah ada pulsa yang cukup untuk melakukan panggilan. Langkah-langkahnya ialah :

  • Hubungi layanan call center sesuai dengan bank yang digunakan.
  • Saat sudah terhubung, silahkan sampaikan maksud untuk mengaktifkan kembali kartu ATM yang terblokir.
  • Upayakan penyampaian yang dilakukan menggunakan bahasa yang jelas. Sehingga petugas bisa paham dengan yang anda sampaikan.
  • Selanjutnya, petugas akan meminta informasi data diri sesuai dengan KTP pengguna.
  • Jika sudah sesuai, maka selanjutnya CS akan bertanya apakah masih ingat nomor PIN kartu ATM yang terblokir.
  • Apabila masih ingat, maka kartu ATM akan diaktifkan kembali serta bisa digunakan dengan nomor PIN yang sama.

2. Datang Ke Bank Terkait Secara Langsung

Jika anda tidak mau ribet dan ingin bertatap muka langsung dengan petugas bank. Maka bisa datang atau berkunjung ke kantor cabang.

Terlebih bank yang bersangkutan tidak menyediakan fasilitas untuk menormalkan kembali kartu ATM yang terblokir via telepon.

Yang artinya, mau tidak mau anda selaku nasabah harus mengaktifkan kembali kartu ATM terblokir dengan datang langsung ke kantor cabang bank terkait.

Akan tetapi, sebelum anda memutuskan untuk datang ke bank. Lebih baik menyiapkan terlebih dahulu sejumlah dokumen yang dibutuhkan. Seperti KTP, buku tabungan, dan kartu ATM yang terblokir.

Jika semua dokumen sudah dinyatakan lengkap, maka langkah selanjutnya ialah mengikuti tahapan berikut ini :

  • Pertama, silahkan anda datang atau berkunjung ke kantor cabang bank terkait. Jangan lupa untuk membawa semua dokumen yang sudah kami sebutkan di atas.
  • Sesampai di bank, silahkan ambil nomor antrian di bagian CS. Kemudian tunggu hingga nomor anda dipanggil.
  • Apabila sudah mendapat penggilan, maka langsung saja menuju ke meja petugas CS. Kemudian anda bisa menyampaikan bahwa akan mengaktifkan kembali kartu ATM yang terblokir.
  • Kemudian petugas CS akan meminta nasabah untuk mengisi formulir dan meminta sejumlah dokumen untuk keperluan pengecekan.
  • Apabila proses pengecekan sudah selesai, maka petugas akan meminta nasabah untuk membuat PIN ATM yang baru serta kartu ATM yang terblokir sudah bisa digunakan lagi.
  • Jika kartu ATM sudah aktif kembali, maka kartu ATM tersebut sudah bisa dipergunakan sebagaimana mestinya.

Saat kartu ATM sudah aktif kembali, anda bisa menggunakannya untuk keperluan transaksi. Seperti halnya tarik tunai, transfer atau yang lainnya.

Demikianlah sedikit ulasan yang bisa kami rangkum. Semoga bisa membantu!

Scroll to Top