Jenis Tabungan Anak Di Bank BRI

Dengan melihat daftar produk, ada setidaknya beberapa Jenis Tabungan Anak Di Bank BRI. Bahkan kesemuanya mempunyai syarat dan manfaat yang berbeda.

Nah dalam hal ini, tidak sedikit orang tua yang mengajarkan anaknya menabung sejak usia dini, tidak terkecuali dalam hal praktiknya.

Apabila di masa sebelumnya banyak anak yang menyimpan uang di celengan. Maka orang tua masa kini umumnya mengajarkan anak membuka rekening.

Oleh karena itu, saat ini tersedia beberapa pilihan rekening bagi nasabah cilik. Tidak terkecuali tabungan anak dari bank BRI.

Pada dasarnya, tabungan ada mempunyai begitu banyak manfaat. Tidak hanya mengajarkan menabung sejak dini, akan tetapi juga mempersiapkan dana simpanan untuk anak.

Baik itu untuk kebutuhan pendidikan, ataupun persiapan ketika memasuki usia dewasa nantinya.

Terlebih lagi sebagai simpanan jika terjadi suatu hal yang tidak diinginkan pada orag tua. Sehingga anak pun tetap mempunyai dukungan finansial.

Tentu saja dana yang ditabung tetap bersumber dari orang tua. Akan tetapi buku tabungan serta kepemilikannya atas nama anak.

Umumnya, tabungan jenis ini dimiliki oleh anak mulai dari usia PAUD hingga memasuki masa usia 17 tahun.

Macam dan jenisnya juga terbilang banyak, mulai dari simpanan pelajar hingga jenis tabungan junior yang lain.

Sedangkan dari sisi kelebihan, jenis simpanan ini biasanya sekaligus memberikan layanan asuransi kecelakaan dan kesehatan. Sehingga merupakan bentuk penghematan bagi orang tua.

Terlepas dari itu, saldo minimum umumnya lebih terjangkau. Bahkan desain tabungan dan kartu debitnya juga unik sekaligus sesuai dengan selera anak.

Namun sangat disayangkan, suku bunga yang ditawarkan tabungan anak umumnya kurang kompetitif. Sehingga tidak cocok untuk dijadikan alternatif investasi utama bagi kebutuhan keuangan anak di masa depan.

Selain itu, jumlah penarikan tunai yang bisa dilakukan lebih kecil dibanding dengan tabungan reguler. Bahkan fitur yang tersedia juga sederhana lantaran dianggap kurang dibutuhkan.

Jenis Tabungan Anak Di Bank BRI

BRI merupakan lembaga perbankan milik pemerintah dengan aset terbesar di Indonesia. Tujuan didirikan lembaga ini ialah untuk memberikan layanan perbankan terbaik bagi nasabah guna meningkatkan ekonomi masyarakat.

Salah satu produk BRI yang paling populer ialah tabungan. Tidak hanya orang dewasa saja, namun bank juga menyasar anak sebagai generasi muda yang melek dengan perencanaan keuangan.

Maka dari itu, bank BRI mempunyai produk khusus, yaitu tabungan anak BRI.

Sebagai bank pemerintah yang ikut andil dalam mengedukasi keuangan masyarakat. BRI hadir dengan beberapa produk tabungan anak yang bisa dipilih.

Berfokus pada peribahasa “Hemat Pangkal Kaya”, sudah sepatutnya kalangan orang tua mengajarkan anak mereka gemar menabung sedari dini. Daftar produk yang bisa dipilih ialah :

1. BRI Junio

Sebagai langkah agar anak tertarik untuk menabung, bank BRI merilis rekening tabungan BRI Junio dengan desain buku dan kartu ATM cukup menarik.

Nasabah untuk jenis tabungan ini dibagi menjadi dua kategori, yaitu usia 0 hingga 12 tahun dan 12 tahun ke atas.

Pada setiap kategori, akan dikenakan persyaratan pembukaan rekening yang berbeda. Sehingga harus paham sebelum membuka rekening BRI Junio.

Syarat membuka rekening tabungan untuk nasabah usia 0 hingga 12 tahun :

  • Orang tua / wali diharuskan mempunyai rekening Tabungan BRI BRITama atau Simpedes. Bagi orang tua yang belum memiliki rekening, bisa membuka rekening tersebut terlebih dahulu.
  • Mengisi form aplikasi pembukaan rekening, yakni dengan membawa Kartu Keluarga (KK) atau Akta Kelahiran dan fotokopi NPWP.
  • Dilakukan Automatic Fund Transfer (AFT) dari rekening orang tua.
  • Setoran awal sebesar Rp 100.000.

Syarat rekening tabungan nasabah berusia 12 tahun ke atas :

  • Mengisi formulir aplikasi pembukaan rekening dengan membawa kartu pelajar.
  • Melengkapi administrasi pembukaan rekening dengan KTP dan surat pernyataan orang tua.
  • Setoran awal sebesar Rp 150 ribu.

Dengan mendaftarkan ke rekening BRI Junio, maka keuntungan yang diperoleh sikecil ialah :

  • Aksesebilitas Kartu Debit BRI pada jaringan BRI, ATM bErsama, Link, dan Prima.
  • Fasilitas E-Banking BRI (SMS Banking, Mobile Banking, Internet Banking, SMS notifikasi, dll).
  • Gratis asuransi kecelakaan diri (dengan saldo minimum Rp 500 ribu, nasabah berhak atas jaminan asuransi kecelakaan diri senilai pertanggungan 250% dari saldo terakhir atau maksimum saldo Rp 150 juta).
  • Fasilitas tabungan perencana
  • Fasilitas Transaksi Otomatis yang mencakup Automatic Fund Transfer (AFT), Account Sweep, Automatic Grab Fund (AGF).

2. BRI Simpel

Untuk ikut dalam mengedukasi dan inklusi keuangan, bank BRI meneribitkan tabungan pelajar, yakni Tabungan BRI Simpel.

Sebagai pilihan lain disamping BRI Junio, tabungan ini mempunyai tujuan untuk mendorong budaya menabung sejak kecil.

Namun perbedaannya dari Junio ialah pembukaan rekening serta proses menabung bisa dilakukan di sekolah yang bekerjasama dengan BRI.

Syarat pembukaan rekening BRI Simpel antara lain :

  • Rekening bisa dibuka di bank atau sekolah yang bekerjasama dengan BRI.
  • Membawa kartu pelajar atau surat keterangan dari sekolah yang menunjukkan Nomor Induk Siswa (NIS), kartu keluarga, akta lahir (fotokopi), fotokopi KTP orang tua, dan mengisi formulir pendaftaran.
  • Setoran awal sebesar Rp 5.000 saja.

Dengan memiliki Tabungan BRI Simpel, maka bisa mengedukasi adik, keponakan, ataupun keluarga yang lain untuk menyisihkan uang ke tabungan.

Jika tabungan sudah terkumpul, maka bisa dipergunakan untuk hal lain seperti membeli keperluan sekolah, atau barang yang dibutuhkan.

3. BRI TabunganKu

Tidak ubahnya seperti lembaga perbankan lain, BRI juga memiliki produk TabunganKu. Ini merupakan produk simpanan yang diterbitkan oleh beberapa bank di Indonesia.

Tujuan dari produk ini ialah untuk mendorong budaya menabung sekaligus meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Oleh karena itu nasabah tidak dibebankan biaya administrasi.

BRI TabunganKu juga dikhususkan untuk anak berusia dibawah 17 tahun yang mempunyai tabungan serta tetap di bawah pengawasan orang tua.

Sedangkan untuk syaratnya pun mudah, yakni dengan hanya membawa KTP atau SIM dengan setoran awal Rp 20 ribu.

Akan tetapi, jenis rekening ini tidak dilengkapi dengan kartu ATM BRI serta tidak diperkenankan menjadi rekening bersama. Untuk penarikan dana hanya bisa dilakukan melalui kantor cabang BRI di lokasi terdekat.

Secara dasar, kekurangan produk tabungan ini menjadi keunggulan sendiri bagi tabungan anak. Sehingga dana yang ada tidak mudah terpakai hingga waktu benar-benar dibutuhkan.

Dikarenakan tabungan ini dikhususkan untuk anak berusia di bawah 17 tahun, maka tabungan ini tidak dilengkapi dengan fasilitas kartu debit atau kartu ATM.

Akan tetapi, masih terdapat beberapa keuntungan yang ditawarkan. Beberapa diantaranya mencakup:

  • Syarat pembukaan rekening BRI TabunganKu mudah.
  • Setoran awal mulai dari Rp 100 ribu (untuk usia <12 tahun) dan Rp 150 ribu (untuk usia > 12 tahun).
  • Setoran bulanan minimal Rp 10 ribu.
  • Gratis biaya pembukaan rekening dan biaya admin.
  • Biaya pembuatan buku tabungan BRI TabunganKu gratis.
  • Gratis biaya penggantian buku tabungan baru karena hilang atau rusak.
  • Tidak ada denda saldo minimum.
  • Suku bunga dihitung per hari.
  • Saldo minimum mengendap di tabungan sebesar RP 20 ribu.

Seabagi penutup, tabungan anak BRI bisa mengajarkan anak untuk lebih bertanggung jawab dalam menggunakan uang jajan mereka.

Apabila perilaku menabung diperkenalkan sedari dini, maka bisa mendorong kedisiplinan mereka dalam berbagai hal, tidak terkecuali soal keuangan.

Scroll to Top