Besaran Biaya SEC Dan FINRA

Berapa Besaran Biaya SEC Dan FINRA? Untuk memberikan jawaban yang lebih lengkap dan detail, anda bisa menyimak ulasan dibawah ini.

Menurut yang kami rangkum dari beberapa sumber, setidaknya ada sejumlah rumus untuk mengetahui jumlah biaya yang ditetapkan oleh SEC atauun FINRA.

Bagi anda yang merasa penasaran dan ingin tahu mengenai hal tersebut. Berikut kami sudah menyediakan rumus atau cara menghitung jumlah biaya.

Rumus ini bisa and gunakan untuk mengetahui seberapa besar biaya yang harus dibayar investor saat terjadi transaksi jual beli saham.

Namun sebelum masuk pada rumus perhitungan biaya, mungkin akan lebih baik jika anda mengetahui dulu apa itu SEC fee dan FINRA TAF.

Sekedar untuk tambahan informasi, SEC fee merupakan biaya yang harus dibayar pada badan pengatur pemerintah federal independen yang bertangung jawab untuk investor.

Dan biaya ini juga dipergunakan untuk mempertahankan fungsi pasar sekuritas yang adil dan teratur. Bahkan memberikan asilitas pembentukan modal.

Hal ini diatur oleh Securities and Exchage commisssion (SEC) yang berbasis di Amerika Serikat.

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut, bisa mengunjungi laman resmi SEC ⇒DISINI.

Bagaimana dengan biaya FINRA TAF? Trading Activity Fee (TAF) merupakan biaya yang harus dibayarkan pad Financial Industry Regulatory Authority selaku organisasi non-pemerintah independen.

Tugas dari FINRA TAF ini ialah untuk menulis dan menegaakkan aturan yang mengatur pialang terdaftar dan perusahaan piaang-dealer di Amerika Serikat.

Silahkan cek laman resmi FINRA untuk mengetahui informasi lebih lanjut ⇒DISINI.

Penting untuk diketahui, biaya atau fee SEC dan FINRA merupakan biaya wajib yang secara dibebankan pada setiap transaksi (jual-beli) produk sekuritas terasuk juga saham.

Namun secara otomatis, kedua biaya tersebut akan didebit otomatis dari hasil penjualan sekuritas.

Besaran Biaya SEC Dan FINRA

Yang menjadi poin pertanyaan lanjutan ialah, kenapa sih harus ad SEC fee dan FINRA TAF?

Perlu kami tekankan kembali dari pemaparan singkat yang sudah kami jelaskan di atas. Kedua biaya tersebut bersifat wajib sesuai regulasi di US. Dan biaya tersebut hanya dipungut pada aksi penjualan.

Hal tersebut juga menjelaskan bahwa aksi pembelian saham tidak dibebankan biaya alias fee seperti yang disebutkan.

Salah satu alasan kenapa ada kedua fee tersebut ialah lantaran kedua lembaga tersebut yang mempunyai tanggung jawab serta memastkan keamanan investasi yang dilakukan.

Memang hingga saat ini aplikasi Gotrade belum secara resmi terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Hal tersebut karena perusahaan dibaliknya berada dan berbasis di luar negeri.

Terlepas dari itu, transaksi jual dan beli saham juga dilakukan atas aset sekuritas Amerika Serikat (US).

Sehingga secara tidak langsung aturan penyelenggaraannyaa pun juga diatur dan tunduk pada segala ketentuan yang ditetapkan Pemerintah Amerika Serikat.

Nah dengan adanya fee SEC dan FINRA, justru membuktikan bahwa pengguna Gotrade melakukan investasi pada pasar saham Amerika secara sesungguhnya dan bukan hanya sekedar membeli tokok ataupun bukan saham Contract for Difference (CFD).

Selain itu, lantaran sudah terdaftar dan diawasi oleh SEC dan FINRA. Pengguna aplikasi yang bertindak sebagai investor bisa lebih yakin dengan keamanan investasi.

Meski secara dasar semuanya kembali pada hak dan tanggungjawab masing-masing individu.

Rumus Biaya SEC dan FINRA TAF

Seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya, terdapat rumus sederhana yang bisa dipergunakan untuk menghitung besaran biaya atau fee SEC dan FINRA.

Mungkin rumus tersebut tampak sederhana, namun kesemuanya bisa menjawab rasa penasaran dn keingintahuan anda.

Rumus SEC Fee

Fee yang dibebankan oleh SEC bisa dihitung dengan rumus :

SEC Fee = harga total stu trnsksi x $5.10 / 1.000.000

Atau bisa juga dengan hrga total sebuah transaksi dikali dengan $0,0000051

Bisa disebut jika fee yang dibebankan sangatlah kecil.

Rumus FINRA TAF

Bagaimana dengan besaran biaya yang dipungut oleh FINRA? Tentu ada rumus yang bisa dipergunakan.

TAF = $0,000119 per lembar saham yang dijual (dengan menetapkan angka maksimum $5,95 per transksi)

Besaran fee ini mungkin lebih kecil dibanding dengan fee yang dibebankan SEC. Bahkan untuk biaya penjualan 1 lot (100 lembar) hanya perlu membayar $0,0119.

Sedangkan untuk angka maksimum hanya sebesar $5,95 hanya perlu dibayar dn berlaku untuk investor yang menjual 50.000 lembar sham (500 lot) dalam satu kali transaksi.

Perlu kami tekankan kembali, kata “Transaksi” yang ada daam rumus kedua biaya di atas berlaku untuk aksi jual saja (bukan transaksi beli). Pasalnya untuk aksi pembelian saham tidk dibebankan fee.

Contoh Perhitungan

Terdapat satu ketentuan lagi terlepas dari yang sudah kami paparkan di atas. Hasil dri perhitungan kedua biaya tersebut akan dibulatkan dengan nominal terkecil 1 cent (@0,01).

Contoh sederhananya, apabila anda ingin menjual 1 lembar saham di angka $2830, maka :

SEC Fee : $2830 x $0,0000051 = $0,014443 yang nantinya dibulatkan menjadi @0,02

FINRA TAF : $0,000119 x 1 lembar saham = $0,000119 yang nantinya dibuatkan menjadi 0,01.

Dengan demikian, total fee yang harus anda bayarkan ialah sebesar @0,03 atau 3 cent.

Mungkin hanya itu saja sedikit informasi yang bisa kami paparkan. Semoga bisa membantu!

Scroll to Top