Rincian Biaya Di Gotrade

Rincian Biaya Di Gotrade

Apa saja sih Rincian Biaya Di Gotrade? Apa ada biaya tertentu yang harus dibayar atau ditanggung oleh pengguna yang baru bergabung?

Menurut informasi yang kami rangkum, tidak sedikit yang menyebut bahwa penggunaan aplikasi Gotrade bebas biaya alias gratis.

Akan tetapi anda jangan terburu-buru untuk langsung percaya. Sebab ada sejumlah biaya (fee) yang ditetapkan Gotrade dan menjadi tanggungan semua pengguna

Sekedar untuk tambahan referensi, Gotrade merupakan aplikasi yang menawarkan layanan investasi saham luar negeri (Amerika Serikat) commission free atau tanpa komisi.

Hal tersebut berarti pihak Gotrade tidak memungut biaya (fee) sama sekali. Khususnya pada semua transaksi trading yang pengguna lakukan. Entah itu untuk beli (buy) ataupun sell (jual).

Baca Juga : Cara Daftar Gotrade Indonesia

Namun dibalik semua itu, pastinya anda masih penasaran dengan sumber keuntungan yang diperoleh Gotrade. Pasalnya layanan yang diberikan tidak dipungut biaya sepeserpun.

Nah sebagai ssebuah perusahaan startup serta bukan organisasi nn profit, sudah tentu Gotrade harus mengambil keuntungan.

Terlepas dari itu, untuk bisa menjalankan layanan. Dibutuhkan sumberdaya baik manusia dan server agar bisa berjalan dengan baik serta semua hal tersebut membutuhkan uang.

Sama halnya dengan perusahaan startup lain, Gotrade pun sudah memikirkan solusi pintar supaya biaya yang dibebankan pada penggunanya sangat kecil atau bahkan bisa dinikmati secara gratis.

Namun tetap dengan memperhitungkan margin yang memungkinkan supaya perusahaan yang dikelola bisa tetap berjalan.

Dan akhirnya, Gotrade lahir dengan merevolusi cara investasi sekaligus menjadikan investasi pasar modal Amerika Serikat terjangkau untuk diakses oleh siapapun.

Baik itu dari kalangan milenial, peajar, freelncer, karyawan, pegawai, atau siapa saja yang cukup umur sekaligus paham dengan investasi.

Rincian Biaya Di Gotrade

Adanya mekanisme trading tanpa komisi juga merupakan hasil pemikiran yang revolusioner antaran investor tidak harus lagi memikirkan biaya. Khususnya saat mereka melakukan aksi jual dan beli saham yang dimiliki.

Akan tetapi, terdapat sejumlah biaya yang menjadi kewajiban dan harus dibayar investor. Biaya ini dibebankan jika melakukan sejumlah aksi lain terlepas dari trading.

Dalam hal ini, biaya yang kami maksud disini pun bukan ditetapkan oleh Gotrade. Melainkan layanan pihak ketiga yang sudah bekerjasama dengan Gotrade.

Simak Juga : Cara Deposit Gotrade Indonesia

Yang menjadi poin pertanyaan disini ialah, apa saja sih biaya yang harus dibayar saat menjadi pengguna Gotrade? Simak daftar lengkapnya di bawah ini.

1. Biaya Trading

Biaya yang kami maksud disini ialah sejumlah komisi yang harus dibayar investor ketika membeli atau menjual produk investasi. Adapun diantaranya mencakup :

  • Stock (saham ) : Gratis
  • Real Estate Investment Trusts (REIT) : Gratis
  • Exchange Traded Funds (ETF) : Gratis
  • American Depositary Receipts (ADR) : Gratis

2. Biaya Deposit

Untuk pembahasan lebih lengkap, sebelumnya kami sudah menyiapkan artikel cara deposit di Gotrade.

Nah, sejumlah biaya yang ditetapkan ialah, ketika pengguna melakukan deposit atau top-up dana ke saldo akun trading yang dimiliki. Biaya yang dimaksud ialah :

  • Deposit via transfer bank : Gratis
  • Deposit melalui E-Wallet : 3%
  • Setor / Deposit via kartu kredit : 5%
  • Deposit via transfer internasional (wire transfer) : $0-$5 per transaksi.

Top-up via E-Wallet yang didukung melalui DANA dan GoPay. Mungkin saja layanan dompet digital Ovo dan LinkAja akan segera menyusul.

3. Biaya Withdrawal

Biaya ini dibebankan ketika pengguna melakukan penarikan dana atau mencairkan saldo akun ke rekening bank lokal. Rincian biayanya ialah :

  • Withdraw ke mata uang Rupiah : $2 per transaksi (via Rapyd)
  • Withdraw dalam dolar (USD) : $12 per transaksi (via Alpaca)

Kenapa harus ada biaya saat melakukan transaksi withdraw? Pasalnya dibutuhkan layanan pihak ketiga guna melakukan withdraw.

Hal ini karena pada prinsipnya withdraw ialah menarik uang dari akun investasi pengguna dimana dana tersebut sebenarnya telah berada di luar negeri.

Intinya, sangatlah lumrah jika ada biaya untuk proses transfer uang dari luar negeri ke bank Indonesia.

Nah yang menyediakan layanan untuk transaksi dalam mata uang Rupiah ialah Rapyd. Serta prosesnya juga sangat cepat dalam hitungan jam.

Sedangkan untuk withdraw dengn mata uang dollar (USD), akan diproses oleh Alpaca. Tentu selaku partner kliring broker.

4. Pass Through Account Debits

Apa yang dimaksud dengan pass-through account? Seperti dikutp dari Barrons Dictionary, pass-through merupakan metode untuk mengelola simpanan.

Dalam hal ini, lembaga keuangan non-bank bisa memenuhi persyaratan simpanan dengan menyimpan deposit di bank anggota. Fungsinya ialah untuk mengelola deposit setara di Federal Reserve Bank.

Lebih lanjut, bank yang memelihara akun pass-through tidak diharuskan berada di Federal Reserve District yang sama dengan bank yang mempunyai akun tersebut.

Masih bingung dan belum paham dengan penjelasan tersebut? Jika secara umum, bisa jadi poin tersebut dijelaskan seperti hal dibawah ini.

Ada sejumlah biaya yang dibebankan dalam penggunaan aplikasi Gotrade. Akan tetapi biaya yang dimaksud bukan ditetapkan dan ditarik oleh pihak Gotrade.

Biaya yang lewat saja serta dibebankan oleh penyedia jawa yang merupakan lembaga keuangan non-bank. Dalam hal ini ialah SEC dan FINRA.

FINRA (Financial Industry Regulatory Authority) atau yang juga dikenal dengan Otoritas Pengatur Industri Keuangan adalah organisasi non-pemerintah independen. Fungsinya ialah menulis dan menegakkan aturan serta mengatur pialang terdaftar dan perusahaan pialang-dealer di Amerika Serikat.

Cek Juga : Cara Membeli Saham Di Gotrade

Sedangkan untuk SEC (Securities and Exchange Commission) merupakan badan pengatur pemerintah federal independen. Fungsinya ialah bertanggung jawab untuk melindungi investor, mempertahankan fungsi pasar sekuritas yang adil dan teratur, sekaligus memberikan fasilitas pembentukan modal.

Terlepas dari biaya SEC dan FINRA, terdapat juga Tax Withheld (potongan pajak atas dividen dan Capital Gain).

Besaran biaya tersebut ialah :

  • Biaya SEC: $5.10 per $1m
  • Biaya FINRA: $0.000119 per lembar saham.
  • Pajak Dividend: 0-30% tergantung ketentuan di negara tempat tinggal.
  • Pajak Capital Gains: Tidak ada (bagi Non-US investors pengisi Formulir W8-BEN).

Kesimpulan

Mengambil kesimpulan dar pembahasan Rincian Biaya Di Gotrade. Bisa disebut jika slogan ” commission fre trading ” yang digembar-gemborkan Gotrade bukan bualan belaka.

Sebab Gotrade memang tidak memungut biaya sedikitpun pada setiap transaksi entah itu jual atau beli atau bahkan pada pembagian dividen.

Adanya beban biaya SEC dan FINRA hanya berlaku pada transaksi jual saja. Bahkan nominalnya sangatlah kecil dan dibulatkan ke atas dengan minimum 1 cent ($0,01).

Bagi pengguna kecil seperti kami, tentu biaya yang menjadi beban hanyalah transaksi withdraw sebesar $2. Dan tentunya jumlah tersebut terbilang cukup besar.

Dari sejumlah poin yang kami paparkan di atas, tentu anda sudah bisa menilai sendiri bagaimana menyikapi biaya yang dibebankan.

Jika anda hanya golongan investor skala kecil dan hanya memanfaatkan layanan saham fractional share. Tentu akan lebih berhati-hati dalam mengambil tindakan transaksi.

Mungkin hanya itu saja informasi singkat yang bisa kami tulis. Semoga bisa membantu dan menjadi tambahan referensi bagi yang membutuhkan.

Ingin tambahan bonus saldo saat daftar Gotrade? Silahkan daftar ⇒DISINI.

Related Posts