Apa Yang Dimaksud Dengan Debet Pada Buku Tabungan?

Apa Yang Dimaksud Dengan Debet Pada Buku Tabungan?

Apa Yang Dimaksud Dengan Debet Pada Buku Tabungan? Pertanyaan ini mungkin saja muncul saat anda pertama kali membuka rekening tabungan di lembaga perbankan.

Jika dibahas secara singkat, debit sendiri merupakan sebuah istilah yang sering digunakan dalam dunia akuntansi dan keuangan.

Umumnya debet sendiri sering disandingkan dengan kredit, dimana perbedaannya terletak pada arti dibalik penggunaannya.

Debet atau debit sendiri diartikan sebagai pertambahan uang, sedangkan untuk kredit, diartikan sebagai pengeluaran uang dalam proses transaksi.

Akan tetapi, jika dalam istilah perbankan lebih dikenal dengan penyediaan uang atas kesepakatan pinjam antara pihak bank dengan naasabahnya.

Dalam hal ini, pihak bank bertindak untuk memberikan pinjaman dalam jangka waktu tertentu pada nasabah untuk melunasi serta mencicil pinjaman mereka.

Apa Yang Dimaksud Dengan Debet Pada Buku Tabungan?

Dalam dunia akuntansi, debit mempunyai makna yang sederhana namun bisa menjelaskan semua situasi yang terjadi didalamnya.

Namun agar lebih mudah dipahami, berikut kami sudah merangkum tentang rincian sederhana terkait dengan pengertian debit.

Berasal dari pembahasan asal mula kata debit, yakni berasal dari kata debere dari Baha Latin yang berrarti pencatatan akuntansi. Dimana aset beserta dengan biaya mengalami peningkatan.

Umumnya debit berada pada sisi sebelah kiri serta penambahan aset bisa berupa penambahan uang, peralatan, perlengkapan, hingga set tidak berwujud seperti sewa dan piutang.

Pengertian Debit Dalam Dunia Perbankan

Selain dalam dunia akuntansi, debit sendiri sangat familiar di dunia perbankan. Sehingga tidak menutup kemungkinan anda juga salah satu nasabah dari lembaga perbankan tersebut.

Nah bertindak sebagai nasabah, nantinya anda akan dihadapkan dengan pilihan dua kartu yang bisa digunakan untuk bertransaksi keuangan.

Kartu yang dimaksud ialah debit (tabungan) dan juga kartu kredit yang pembayarannya berupa hutang yang dibayar belakang hari dengan periode bulanan.

Meski sudah lazim digunakan, nyatanya dalam dunia perbankan masih belum banyak yang tahu tentang perbedaan debit dan kredit.

Dan pada akhirnya, banyak nasabah yang keliru dalam mengartikan kartu debit dan kartu kredit.

Pengertian debit dalam dunia perbankan, ialah sebuah kartu yang diterbitkan oleh pihak bank sebagai pelengkap rekening tabungan pada umumnya.

Pada setiap tabungan, setidaknya mempunyai satu kartu debit untuk memudahkan nasabah bertransaksi dengan menggunakan uang tabungan.

Untuk syarat penerbitan kartu debit oleh pihak bank pun sangat sederhana. Yakni dengan hanya mempunyai akun bank.

Dalam kartu debit, tidak ada limit pada setiap transaksi. Akan tetapi perlu dipastikan bahwa rekening tabungan anda tidak kosong.

Kesimpulan

Jika diambil kesimpulan, debit atau debet sendiri. Baik itu di dunia akuntansi ataupun perbankan. Mempunyai arti masukan atau penambahan.

Sedangkan untuk kredit, ialah pengurangan atau jumlah pengeluaran yang bisa berbentung utang dan yang lainnya.

Bagaimana dengan kartu kredit dan kartu debit? Kartu debit merupakan kartu yang bisa digunakan untuk transaksi yang uangnya diambil dari rekening tabungan.

Uniknya transaksi pada kartu debit tidak dibatasi, sehingga transaksi bisa dilakukan dengan jumlah yang ada di rekening tabungan.

Namun untuk saat ini, terdapat juga sejumlah bank yang menetapkan limit transaksi. Namun jumlahnya sangat besar dan mungkin tidak berpengaruh pada transaksi harian anda.

Beda dengan kartu kredit, yang transaksinya dilakukan diawal. Sedangkan untuk pembayaran, bisa dilakukan belakang hari sesuai dengan periode tertentu.

Beda dengan debit yang tidak memerlukan biaya, kartu kredit akan dikenakan biaya dan suku bunga pada setiap transaksi.

Sehingga jika dilihat dari manfaat dan keunggulan, tentu keduanya mempunyai perbedaan yang mencolok.

Melihat dari sejumlah rincian yang sudah kami jelaskan, secara garis besar kami yakin bahwa anda sudah paham dengan masud debet pada buku tabungan.

Akan tetapi, jika informasi yang kami paparkan dianggap masih kurang jelas. Maka anda pun bisa bertanya langsung pada customer service di bank tempat anda menabung.

Demikianlah ulasan singkat terkait dengan maksud debet di buku tabungan. Semoga apa yang kami tulis disini, bisa menjadi referensi yang memang bisa menjawab semua pertanyaan.

Jangan lupa untuk membaca artikel kami yang lain. Khususnya yang terkait dengan informasi keuangan.

Scroll to Top