Inilah Cara Mudah Gadai Ijazah Bank Mandiri Kredit

Inilah Cara Mudah Gadai Ijazah Bank Mandiri Kredit

Inilah Cara Mudah Gadai Ijazah Bank Mandiri Kredit. Mungkin artikel ini tampak sedikit unik, sebab umumnya yang digadai seseorang ialah bpkb kendaraan dan sertifikat rumah.

Seperti yang kita ketahui, Ijazah merupakan sertifikat atau dokumen yang diberikan oleh suatu instansi sebagai dokumen resmi tentang orang, siswa, santri, ataupun mahasiswa.

Umumnya, ijazah diperoleh seseorang sesudah tamat belajar di sekolah atau universitas. Baik itu di dalam negeri ataupun luar negeri.

Jika anda penasaran dengan rincian cara gadai ijazah di Bank Mandiri, mungkin rincian berikut akan menjawab semua pertanyaan anda.

Inilah Cara Mudah Gadai Ijazah Bank Mandiri Kredit

Gadai ijazah di Bank Mandiri merupakan salah satu program yang dicanangkan oleh pemerintah untuk memberikan fasilitas kredit bagi para pelajar atau mahasiswa yang dianggap memenuhi syarat.

Akan tetapi, terhitung sejak tahun 2012 silam, Bank Mandiri menghapus layanan ini dari daftar produk kreditnya.

Salah satu penyebab yang dimungkinkan ialah, karena adanya kredit macet yang begitu tinggi serta tidak tahu untuk apa uang pinjaman tersebut dipergunakan.

Dan sekarang ini, jenis kredit dengan jaminan serta tanpa jaminan tetap bisa diperoleh oleh masyarakat, termasuk juga kalangan mahasiswa.

Dengan bermodalkan ijazah sebagai jaminan atau alat tukar untuk memperoleh pinjaman modal.

Tidak hanya di bank Mandiri saja, namun mahasiswa juga bisa mencari tempat kredit lain untuk mengajukan pinjaman dengan modal jaminan ijazah.

Gadai Ijazah Bank Mandiri

Setiap individu seseorang mempunyai kebutuhan primer yang berbeda. Permasalahan yang sering muncul dari keluarga kecil ataupun besar ialah tidak jauh dari masalah keuangan.

Maka dari itu, dunia pegadaian mempunyai peranan penting untuk membantu kalangan yang membutuhkan.

Tepatnya saat seseorang membutuhkan anggaran tambahan pada waktu mendesak. Untuk bisa menggadai suatu barang, anda tidak harus menyediakan barang mewah. Sebab saat ini ijazah pun bisa digadaikan.

Salah satu referensi yang bisa diambil ialah, gadai ijasah di Bank Mandiri.

Poin Penting Yang Harus Diperhatikan Ketika Gadai Ijazah

Terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum anda memutuskan untuk gadai ijazah di lembaga perbankan ataupun leasing yang menyediakan produk serupa.

Berikut kami sudah merangkum cara gadai ijazah di Bank Mandiri. Simak baik-baik sebelum anda benar-benar mengajukan pinjaman.

1. Lokasi Harus Jelas

Langkah awal yang patut diperhatikan sebelum menggadaikan ijazah ialah, akan lebih baik memastikan terlebih dahulu lokasi yang anda tuju, upayakan lokasinya sudah terkenal di kalangan masyarakat.

Anda pun bisa bertanya pada teman atau saudara agar lebih mengenal lokasi yang ingin anda tuju untuk menggadaikan ijazah.

Poin ini akan menjauhkan anda dari kejadian yang tidak diinginkan. Seperti halnya tertipu oleh lembaga finansial atau bank.

Secara umum, bank sudah terpercaya bisa dijadikan rujukan banyak orang dalam hal keuangan.

2. Tentukan Tujuan Gadai Ijazah

Setidaknya, terdapat sejumlah tujuan gadai ijazah yang bisa anda jadikan alasan. Salah satunya, anda menggadaikan ijazah saat berada pada kondisi terdesak dan penting.

Akan tetapi, jika tujuan gadai ijazah hanya bersifat tidak terlalu darurat, maka akan lebih baik untuk mengurungkan niat.

Pasalnya, ada sejumlah risiko yang harus ditanggung. Terlebih dokumen yang dijadikan agunan ialah ijazah.

3. Gadai Dalam Kurun Waktu Singkat

Saat memutuskan untuk menggadaikan ijazah, upayakan untuk memilih waktu meminjam dalam kurun waktu yang tidak lama.

Sebagai contoh, hanya sekitar dua atau tiga minggu menggadaikan ijazah di lembaga perbankan. Sedangkan waktu yang paling lama setidaknya dua bulan.

Tujuan dari langkah ini ialah, tidak lain untuk keamanan terhadap ijazah yang anda gadaikan.

Akan lebih baik jika ijazah anda tetap terjaga dari tangan-tangan nakal yang ingin menjual ijazah tersebut pada pihak lain.

Maka dari itu, anda harus tetap memastikan bahwa anda sudah memenuhi batas waktu yang sudah ditentukan. Terlebih saat anda menggadaikan ijazah di bank.

4. Hitung Total Bunga

Poin yang juga tidak kalah penting sebelum menggadaikan ijazah ialah memperkirakan total bunga pinjaman.

Saat anda ingin menggadaikan suatu barang, tentu hindari juga untuk lalai terhadap masalah nilai bunga yang pada akhirnya bisa memberatkan anda.

Jangan terburu-buru untuk meminjam uang dalam jumlah besar. Namun sebelum itu anda masih tidak memperkirakan berapa nilai bunga yang nantinya harus ditanggung.

Suku bunga yang sudah ditentukan harus anda angsur setiap bulan atau minggunga. Semua akan disesuaikan menurut kesepakatan awal dan sudah disetujui oleh kedua belah pihak.

5. Buat Perjanjian Tertulis

Untuk menggadai suatu barang yang sangat berharga, sudah bisa dipastikan akan ada perjanjian tertulis antara pihak peminjam dan pmebri pinjaman.

Perjanjian tertulis ini merupakan salah satu ketentuan yang terbilang cangat penting. Tujuannya ialah untuk menghindari adanya konflik di masa depan yang bisa terjadi antar kedua belah pihak.

Dengan adanya perjanjian tertulis tersebut, maka konflik yang tidak diinginkan tidak akan terjadi. Sehingga kedua pihak akan merasa aman dan terlindungi.

6. Persiapkan Berkas

Berkas pengajuan menjadi salah satu syarat yang harus dipenuhi terlebih dahulu jika ingin mengajukan pinjaman menggunakan jaminan ijazah.

Mungkin semua berkas persyaratan tidak berbeda jauh dengan pengajuan pinjaman pada umumnya. Yakni berupa fotokopi KTP, KK, dan yang lainnya.

Dan poin yang peling penting, ialah menyiapkan ijazah yang ingin anda gunakan untuk mengajukan pinjaman. Pasalnya ijazah tersebut akan ditahan sebagai jaminan.

Saat semua berkas sudah dipersiapkan dengan benar, maka berarti anda sudah siap untuk mengajukan pinjaman dana dengan agunan ijazah.

Syarat Wajib Gadai Ijazah

Bagi anda yang ingin mencoba gadai ijazah di Bank Mandiri dengan nilai kredit hingga Rp 200 juta. Tentu ada beberapa hal yang patut diperhatikan.

Terdapat sejumlah syarat yang wajib anda penuhi saat ingin menggadaikan ijazah. Sederhana saja kok, rinciannya bisa dilihat pada daftar di bawah ini.

  1. Pastikan dulu jika anda merupakan Warga Negara Indonesia (WNI) serta berdomisili atau bertempat tinggal di Indonesia.
  2. Selaku calon nasabah, anda sudah harus berusia minimal 21 tahun dan maksimal 55 tahun.
  3. Anda sudah harus bekerja dan mempunyai penghasilan minimal Rp 2,5 juta per bulan. Jumlah penghasilan ini khusus bagi mereka yang sudah mempunyai rekening Bank Mandiri. Sedangkan bagi orang yang belum punya rekening Bank Mandiri, penghasilan minimal sebesar Rp 3 juta.
  4. Jumlah limit kredit maksimal 5 kali lipat gaji atau penghasilan yang sudah anda terima.

Melihat sejumlah rincian di atas, tentu tidak sulit untuk anda persiapkan semua hal terkait dengan daftar persyaratan. Bahkan bisa dilakukan dalam waktu sebentar saja.

Perlu kami tekankan kembali, gadai ijazah bisa anda ambil jika memang sudah menemui jalan buntuk untuk memperoleh pinjaman.

Jika memang masih bisa, maka bisa dialihkan dengan gadai bpkb motor atau mobil. Bahkan bisa gadai sertifikat rumah jika ingin plafon yang lebih besar.

Scroll to Top