Mengapa Kartu Debit Saya Ditolak?

Mengapa Kartu Debit Saya Ditolak? Pertanyaan ini mungkin saja muncul saat anda berada di mesin ATM namun kartu tidak bisa digunakan.

Seperti yang kita ketahui, saat ini ATM menjadi tempat yang paling banyak digunakan untuk melakukan transaksi perbankan. Baik itu untuk kebutuhan transfer, tarik tunai, ataupun pembayaran tagihan.

Meski sudah sedikit ditinggalkan lantaran ada fitur internet banking dan mobile banking. Bahkan sudah banyak juga yang beralih ke dompet digital.

Akan tetapi, kegunaan mesin ATM tidak lekang dan masih banyak digunakan oleh kalangan nasabah bank yang hendak bertransaksi keuangan.

Mengapa Kartu Debit Saya Ditolak?

Untuk memberikan secara lengkap terkait pertanyaan tersebut, maka kami pun sudah menyediakan rincian secara lengkap. Sehingga bagi yang belum paham, bisa jadi ulasan ini akan sangat membantu.

Seperti dikutip dari beberapa sumber, ada begitu banyak faktor kenapa karti debit (kartu ATM) tidak bisa digunakan atau ditolak oleh mesin. Untuk lebih jelasnya, yuk simak daftar berikut!

1. Chip Pada Kartu ATM Rusak

Saat ini hampir mayoritas kartu debit ataupun kredit sudah menerapkan sistem chip yang tertanam pada kartu. Hal tersebut tentu tidak lepas dari penambahan keamanan.

Nah, seiring dengan pemakaian secara berkala. Mungkin saja terjadi kerusakan pada chip yang dimaksud. Sehingga mesin ATM yang digunakan menolak kartu tersebut.

Secara otomatis, semua transaksi yang hendak dilakukan akan gagal.

2. Saldo Tidak Mencukupi

Apa anda benar-benar tidak sadar jika saldo pada rekening anda sudah habis atau tidak mencukupi untuk transaksi yang dilakukan?

Penting sekali untuk mengetahui jumlah saldo sebelum anda melakukan transaksi. Baik itu untuk tarik tunai, transfer dan keperluan perbankan lainnya.

Saldo sendiri mempunyai peranan penting atau sukses tidaknya transaksi. Jika memang saldo cukup, maka seharusnya tidak akan terjadi kendala.

3. PIN Tidak Valid

Sangat penting bagi anda untuk selalu mengingat atau menghafal nomor PIN pada kartu ATM anda. Pasalnya PIN tersebut menjadi kunci masuk ke rekening tabungan.

Secara umum, transaksi akan gagal jika anda salah dalam memasukkan nomor PIN. Sehingga harus mengulang dari awal.

Jika anda memang benar-benar lupa, akan lebih baik untuk tidak mencoba-coba menggunakan nomor secara acak.

Sebab langkah tersebut hanya akan membuat kartu ATM anda terblokir. Mau tidak mau nantinya harus mengurusnya di kantor cabang.

4. Kartu ATM Terblokir / Di Blokir

Jika kartu ATM anda diblokir atau terblokir, maka tidak ada cara lain selain mengurusnya di kantor cabang.

Terblokirnya kartu bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Mulai dari adanya transaksi yang mencurigkan, atau salah memasukkan PIN sebanyak tiga kali berturut-turut.

Saat kondisi kartu sudah terblokir, maka secara otomatis semua transaksi yang dilakukan menggunakan kartu tersebut akan gagal.

Tips Mengatasi Kartu Debit Ditolak

Dengan mengetahui berbagai permasalahan di atas, maka mau tidak mau anda harus mencari langkah penyelesaian yang tepat.

Mungkin ada sebagian orang yang bingung dan justru panik dengan kondisi yang demikian. Akan tetapi, hal tersebut sangatlah wajar dan bisa terjadi pada siapa saja.

Untuk mengambil tindakan agar kartu debit bisa digunakan kembali, berikut beberapa langkah yang bisa digunakan.

a. Tanya Ke Customer Service Bank Terkait

Sebelum mengambil langkah lebih lanjut, anda bisa bertanya pada customer service bank yang menjadi tempat anda membuka rekening tabungan.

Tentunya semua bank yang ada di Indonesia menyediakan layanan Call Center. Bahkan bisa dihubungi 24 jam penuh.

Hubungi dan sampaikan keluhan anda, nantinya petugas (customer service) akan melakukan pengecekan terkait masalah yang terjadi.

b. Datang Ke Kantor Cabang Bank Terkait

Pada dasarnya untuk masalah blokir atau kesalahan PIN, sudah bisa di atasi dengan menghubungi call center bank.

Namun bagaimana jika ada kerusakan kartu secara fisik? Tentu anda harus berkunjung langsung ke kantor cabang.

Tujuannya ialah untuk dilakukan secara menyeluruh, atau langkah akhirnya bisa meminta ganti kartu agar bisa dipergunakan lagi.

Sudah paham dengan beberapa poin yang sudah kami jelaskan di atas kan? Sekian untuk kali ini dan semoga bisa membantu!

Scroll to Top