5 Cara Mudah Mengajukan Gadai BPKB di Bank BRI

5 Cara Mudah Mengajukan Gadai BPKB di Bank BRI ini pada dasarnya sudah kami ulas di sejumlah artikel sebelumnya. Akan tetapi untuk memperjelas semua uraian, tidak ada salahnya jika disini kami mencoba untuk menulisnya kembali.

Pada kondisi tertentu, pastinya seseorang akan membutuhkan uang untuk memenuhi semua biaya belanja harian ataupun bulanan.

Sedangkan jumlah gaji yang diperoleh, sudah habis dipergunakan untuk bayar listrik, belanja bulanan, beli pulsa, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Dalam hal ini, menghabiskan uang untuk berbagai kebutuhan sehari-hari sangatlah cepat. Terlebih lagi seseorang tersebut tidak mempunyai pemikiran untuk menabung.

Akan tetapi secara tiba-tiba, anda membutuhkan uang atau dana dengan jumlah cukup banyak. Karena tidak punya tabungan, muncul pikiran untuk menggadaikan bpkb kendaraan di Bank BRI.

Untuk saat ini, gadai bpkb mobil atau motor di bank BRI bisa menjaddi solusi bagi anda. Dengan syarat yang ringan serta suku bunga kompetitif, pastinya anda tidak akan terbebani dengan cicilan bulanan.

5 Cara Mudah Mengajukan Gadai BPKB di Bank BRI

Untuk kebutuhan yang terbilang ringan, mungkin bisa dengan menggadaikan bpkb motor. Namun untuk kebutuhan yang sedikit lebih tinggi, maka bisa di alihkan dengan bpkb mobil.

Bagaimana jika jumlah plafon yang ditawarkan masih kurang? Tentu ada jalan alternatif yang bisa dipilih. Yakni menggadaikan sertifikat rumah.

Namun dalam hal ini, entah gadai sertifikat rumah ataupun gadai bpkb motor dan mobil. Merupakan cara terakhir saat anda sudah terdesak dengan kebutuhan.

Jikma memang masih ada cara lain selain gadai tersebut, maka akan lebih baik menggunakan alternatif tersebut.

Pada dasarnya, gadai bpkb hanya menggadaikan surat BPKB saja. Sedangkan kendaraan masih tetap bisa digunakan untuk kebutuhan sehari-hari.

Persyaratan Pinjaman Jaminan BPKB di BRI

Pada setiap produk pinjaman yang disediakan oleh pihak bank, tentunya dibarengi dengan persyaratan yang harus diikuti oleh calon peminjamn.

Dengan adanya syarat ini, bertujuan untuk menghindari penipuan ataupun penyelewengan terhadap transaksi yang dilakukan.

Daftar syarat yang sudah ditetapkan oleh pihak BRI ke nasabah sebenarnya sangatlah mudah dan ringan. Sehingga, calon konsumen bisa mempersiapkan semuanya hanya dalam 1 hari saja.

Sejumlah persyaratan yang dibutuhkan saat hendak mengajukan pinjaman di Bank BRI dengan jaminan BPKB ialah :

  • Calon konsumen merupakan Warga Negara Indonesia (WNI)
  • Berusia minimal 21 tahun dan maksimal 55 -60 tahun.
  • Domisili calon konsumen masih berada di area kerja BRI
  • Sudah mempunyai rekening BRI
  • Menyiapkan sejumlah dokumen yang dibutuhkan, seperti KTP, KK, slip gaji, NPWP, pas foto terbaru, foto usaha, dan yang lainnya.
  • Melampirkan surat kendaraan yang hendak digadai, seperti BPKB (agunan), dan kelengkapan STNK beserta faktur pembelian.

Daftar di atas hanya sejumlah syarat yang dibutuhkan agar proses pengajuan pinjaman agunan bpkb di bank BRI berjalan lancar.

Dengan membawa semua berkas tersebut, maka sudah bisa dipastikan bahwa prosesnya akan lebih cepat dan dana yang dibutuhkan akan segera cair.

Prosedur Pengajuan Pinjaman BPKB di Bank BRI

Untuk proses pengajuan pinjaman di bank BRI sangatlah mudah, bahkan prosesnya pun tergolong cepat.

Sangat tidak diherankan jika transaksi ini sudah dilakukan oleh banyak orang sebelumnya. Apabila data persyaratan sudah lengkap, maka bisa mengikuti sejumlah langkah sederhana berikut ini.

1. Datang ke Kantor Cabang BRI Terdekat

Sebagai langkah awal, anda bisa berkunjung ke lokasi kantor cabang BRI terdekat. Tidak harus di cabang tempat anda membuka rekening bank.

Namun bisa juga pada cabang yang masih masuk area kerja BRI. Yang terpenting paling dekat dengan lokasi domisili anda.

2. Mengisi Formulir

Hampir serupa dengan formulir untuk pembukaan rekening, nantinya anda akan diminta untuk mengisi sejumlah data untuk pengajuan KKB Refinancing.

Setelah itu, customer service akan bertanya tentang hak dan kewajiban yang dimiliki oleh calon nasabah yang hendak meminjam uang.

3. Memilih Tenor Pinjaman

Jangka waktu pelunasan atau yang lebih familiar dengan tenor, bisa anda tentukan mulai dari 12 hingga 48 bulan. Semua tergantung dengan jenis kendaraan yang digadai bpkb-nya.

Dalam hal ini, plafon kredit juga harus sesuai dengaan kemampuan pembayaran angsuran. Anda harus mengukur kemampuan finansial secara menyeluruh.

Jika plafon kredit sudah sesuai, maka anda pun bisa mengecek kembali kebutuhan uang yang anda kehendaki.

4. Menunggu Proses Persetujuan

Setelah semua proses dan prosedur sudah anda lakukan, maka poin berikutnya ialah menunggu kabar diterima atau tidaknya proses pengajuan anda.

Umumnya waktu yang dibutuhkan antara 2 hingga 14 hari kerja. Semua tergantung dengan kelengkapan dokumen dan juga lokasi tempat tinggal anda.

Pada porses menunggu tersebut, sebenarnya pihak bank tengah mempelajari semua berkas pengajuan yang sudah masuk, sekaligus melakukan observasi.

Selain itu, akan ada proses survey dan mengecek semua data yang masuk. Jika anda tidak mempunyai masalah tentang kredit sebelumnya, maka kemungkinan proses akan lebih cepat.

Atau jika anda sebelumnya juga pernah mengajukan pinjaman dan rutin membayar angsuran, bisa jadi pengajuan pinjaman anda diterima hari itu juga.

Bagaimana? Ternyata pengajuan pinjaman bpkb di Bank BRI tidak sulit kan? Umumnya lama menunggu kabar persetujuan pengajuan pinjaman tergantung pada banyak tidaknya pinjaman yang anda ajukan.

Apabila pengajuan sudah disetujui, maka dana akan langsung cair ke rekening pribadi anda. Serta selanjutnya bisa dipergunakan untuk kebutuhan.

Akan tetapi jika ditolak, maka anda bisa bertanya alasannya pada petugas yang menangani proses pengajuan anda.

Untungnya Gadai BPKB di Bank BRI

Pada dasarnya pengajuan pinjaman dengan agunan bisa dilakukan di berbagai tempat. Tidak hanya di bank saja, namun bisa di mitra, leasing, koperasi, dan Pegadaian.

Akan tetapi, terdapat sejumlah keuntungan yang bisa diperoleh saat mengajukan pinjaman di bank BRI. Beberapa diantaranya ialah :

  • Proses pengajuan sangat mudah, yakni dengan hanya melengkapi syarat dokumen yang dibutuhkan.
  • Verifikasi prosesnya sangat cepat, sehingga dana yang diajukan pun akan lebih cepat cair.
  • Perhitungan jumlah cicilan yang harus dibayar per bulan sangat transparan, sehingga meminimalisir adanya tindak penipuan.
  • Proses pembayaran cicilan mudah, yang nantinya tidak akan menjadi beban saat jatuh tempo sudah tiba. Tidak harus mengantre di bank tiap bulan hanya untuk kebutuhan membayar angsuran.
  • Fleksibel soal waktu. Sebab ada begitu banyak pilihan tenor atau jangka pembayaran cicilan yang bisa ditentukan oleh nasabah. Tepatnya sebelum mereka mengajukan pinjaman. Anda pun bisa memilih jangka waktu yang bisa disesuaikan dengan kesanggupan membayar bulanan.
  • Administrasi yang Disiplin. Bertindak sebagai bank resmi, BRI sudah melayani begtu banyak nasabah dari berbagai kalangan. Bahkan BRI juga siap disiplin dalam mengurus administrasi pinjaman yang diajukan nasabah. Umumnya, apabila anda lupa membayar cicilan, maka pihak BRI akan menghubungi anda dengan sopan dan mengingatkan anda tentang kewajiban angsuran.

Sudah cukup paham kan? Jangan lupa untuk melihat informasi lain tentang gadai bpkb di InvestKita.com.

Scroll to Top