Lupa Nomor Rekening Mandiri? Cek Dengan Beberapa Cara Ini

Lupa Nomor Rekening Mandiri Cek Dengan Beberapa Cara Ini. Sangat mudah saja kok, cukup ikuti beberapa langkah yang sudah kami jelaskan di bawah ini.

Apa sebelumnya anda pernah mengalami batal transaksi perbankan lantaran lupa nomor rekening?

Sangat wajar jika anda diminta untuk mengingat nomor rekening. Sebab selain jumlah digit yang banyak, nomor didalamnya juga terbilang unik.

Terlebih lagi jika nasabah mempunyai lebih dari satu rekening. Bahkan buku tabungan yang mencantumkan nomor rekening sangat jarang dibawa kemana-mana.

Nah, ketika sewaktu-waktu anda hendak bertransaksi dan lupa nomor rekening, jangan terburu-buru untuk khawatir. Sebab masih ada cara yang bisa dilakukan.

Dalam hal ini, sebenarnya ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengetahui nomor rekening Mandiri. Mulai dari cara konvensional dengan buku tabungan, bisa juga memanfaatkan kemudahan teknologi yang ditawarkan pihak bank.

Nah itu, anda harus bisa membedakan antara nomor rekening dan nomor ATM. Nomor rekening disini berperan sebagai alat transaksi pembayaran, transfer, penyimpanan, hingga pengajuan kredit.

Sedangkan untuk nomor ATM, merupakan nomor identifikasi bank penerbit serta pemilik sah ATM.

Nomor rekening tercantum pada buku tabungan, sedangkan untuk nomor ATM tertera pada kartu ATM.

Nasabah yang mempunyai nomor ATM, sudah dipastikan mempunyai nomor rekening. Namun tidak sebaliknya.

Lupa Nomor Rekening Mandiri Cek Dengan Beberapa Cara Ini

Nomor rekening merupakan kode unik yang dimiliki setiap nasabah. Pada setiap bank, mempunyai sistem berbeda tentang nomor rekening.

Sebagai contoh, nomor rekening Mandiri berjumlah 13 digit. Jumlah digit pada bank Mandiri sama dengan Bank CIMB Niaga.

Sedangkan untuk bank lain berjumlah 10 digit. Sebagai contoh ialah BNI, BCA, Danamon, Bukopin, dan yang lainnya.

Berfungsi sebagai identitas perbankan nasabah, nomor rekening yang sudah dikeluarkan setiap bank akan berbeda pada setiap nasabah.

Lantaran keunikan kombinasi angka serta panjangnya digit yang digunakan setiap rekening, lupa nomor menjadi kendala umum yang sangat sering terjadi.

Namun anda tidak harus khawatir berlebihan, sebab masih ada cara untuk mengetahui nomor rekening. Setidaknya ada sejumlah cara yang bisa diterapkan. Apa saja?

1. Cek Nomor Rekening Mandiri di Buku Tabungan

Cara yang paling umum dan lazim digunakan untuk mengetahui nomor rekening ialah dengan mebuka catatan pada buku tabungan.

Dalam buku tabungan tersebut, tercantum sejumlah transaksi perbankan serta informasi nasabah.

Beberapa transaksi perbankan yang tercatat mencakup penarikan tunai, saldo rekening, transfer, pembauaran bunga, biaya administrasi, setoran, hingga hal-lal lainnya yang masih terkait.

Sedangkan untuk informasi nasabah, mencakup nama pemilik rekening, nama cabang, tanda tangan pemilik rekening yang dilindungi dengan spectroline, serta nomor rekening.

Semua informasi nasabah sudah tercantum pada lembaran pertama buku tabungan. Sehingga, saat anda lupa nomor rekening Mandiri, cukup mengecek lembaran pertama buku tabungan.

Dalam hal ini, masalah pun terselesaikan dengan mudah. Akan tetapi, kondisi yang sering terjadi ialah buku tabungan tidak selalu dibawa kemana-mana saat transaksi dilakukan.

Tentu hal ini bisa terjadi jika anda mendadak harus bertransaksi. Sebab tidak sedikit orang yang menyimpan buku tabungan di tas dengan alasan keamanan.

2. Cek Nomor Rekening Mandiri via Mesin ATM

Saat buku tabungan tidak dibawa saat bertransaksi, maka solusi paling mudah ialah memanfaatkan mesin ATM. Sebab sudah bisa dipastikan anda selalu membawa kartu ATM kemanapun pergi.

Selain bentuk kartu ATM yang kecil, mesin ATM untuk melakukan transaksi pun bisa ditemukan dengan mudah di berbagai lokasi.

Dalam hal ini, anda bisa memanfaatkannya untuk mengecek nomor rekening Mandiri menggunakan kartu ATM.

Tidak sedikit orang yang memang belum paham dengan fungsi ATM untuk mengecek identitas rekening.

Umumnya, kartu ATM hanya dipergunakan untuk tarik tunai, transfer uang, membayar tagihan, dan yang lainnya.

Untuk cara mengecek nomor rekening via ATM Mandiri tidak beda dengan transaksi perbankan lainnya. Langkah yang perlu dilakukan ialah :

  • Masukkan kartu ATM dan ketik PIN
  • Pilih menu Informasi Saldo
  • Nantinya, sisa saldo tabungan akan muncul, termasuk juga nomor rekening.

3. Cek Nomor Rekening Mandiri Online

Cara yang juga sangat mudah untuk mengecek nomor rekening Mandiri ialah secara online. Cara ini bisa dilakukan melalui ponsel.

Bisa disebut jika cara ini paling efisien lantaran anda tidak harus mencari mesin ATM. Namun untuk menggunakan cara ini, anda harus mengunduh aplikasi Mandiri Online di Google Play atau App Store.

Aplikasi online yang dikeluarkan oleh bank Mandiri ini bernama Livin by Mandiri. Fungsinya ialah untuk mempermudah transaksi online.

Agar anda bisa mengetahui nomor rekening Mandiri melalui Livin’ by Mandiri, anda cukup masuk dan memilih menu informasi rekening di halaman uatama.

Pada menu informasi rekening ini, akan muncul nomor rekening anda. Jika belum mempunyai akun Livin’ by Mandiri, bisa mendaftar dengan mengikuti langkah berikut :

  • Pertama, pastikan anda sudah menjadi nasabah Bank Mandiri serta mempunyai kartu debit Mandiri.
  • Aktifkan SMS Finansial serta buat enam digit MPIN di kantor cabang Bank Mandiri.
  • Unduh aplikasi Livin’ by Mandiri
  • Daftar dengan memasukkan nomor kartu debit, expiry date, dan tanggal lahir.
  • Kirim SMS untuk verifikasi nomor ponsel
  • Masuk kembali pada aplikasi Livin’ by Mandiri.
  • Jika sudah berhasil verifikasi, selanjutnya buat user ID dan kata sandi.
  • Masukkan juga email
  • Klik Buat Akun untuk melakukan perubahan data.
  • Masukkan MPIN dan aktivasi yang diperoleh dari kantor cabang Bank Mandiri.
  • Aplikasi Livin’ by Mandiri pun siap digunakan.

Selain memanfaatkan aplikasi Livin’ by Mandiri, anda juga bisa mengecek nomor rekening Mandiri secara online.

Cara ini ialah dengan memanfaatkan situs internet banking Bank Mandiri. Cukup masuk dan cek nomor rekening disana.

4. Cek Nomor Rekening Mandiri via Struk Transfer

Jika anda suka atau selalu menyimpan bukti transaksi seperti struk transfer, maka anda tidak perlu khawatir akan masalah lupa nomor rekening Mandiri.

Sebab anda bisa mengecek nomor rekening pada struk transfer tersebut. Disana memuat informasi nomor rekening, informasi transaksi, sisa saldo, serta tanggal dan jam transaksi.

Dalam hal ini, masalah lupa nomor rekening bisa segera teratasi dengan begitu mudah.

Terlepas dari fungsinya sebagai pengingat nomor rekening, struk transaksi yang keluar dari mesin ATM memang lebih baik tidak dibuang dan selalu disimpan.

Hal ini untuk menghindari modus penipuan menggunakan struk transfer palsu. Sebagai contoh, modus pembobolan rekening yang berawal dari temuan struk transfer yang dibuang.

Dalam hal ini, penipu bisa saja melakukan riset online tentang data nasabah melalui informasi rekening. selanjutnya membuat KTP palsu dan buku tabungan palsu untuk menjalankan aksinya.

Jika anda tidak ingin menyimpan struk transfer, setidaknya merobek bagian informasi nomor rekening.

5. Cek Nomor Rekening Mandiri via Rekening Koran

Rekening koran disini merupakan ringkasan transaksi finansial dari sebuah rekening individu ataupun badan usaha yang dikeluarkaan oleh pihak bank.

Rekening koran setidaknya mencatat rincian alur debit dan kredit. Untuk bisa memperoleh rekening koran, sejumlah bank ada yang mengirimkan secara rutin pada nasabah.

Akan tetapi, ada pula yang mengharuskan nasabah untuk mengajukan permohonan untuk cetak rekening koran.

Untuk saat ini, anda bisa mencetak rekening koran secara online. Yakni dengan memanfaatkan aplikasi mobile banking.

Terlepas dari informasi alur kredit ataupun debit, rekening koran juga mencantumkan nomor rekening nasabah.

Dari rekaman rekening koran ini, akan menyelamatkan anda saat lupa nomor rekening Mandiri.

Bagi nasabah yang belum pernah mencetak rekening koran, mungkin bertanya tentang pentingnya mencetak rekening koran.

Terdapat sejumlah persyaratan administrasi yang mengharuskan anda melampirkan rekening koran. Beberapa diantaranya ialah :

  • Proses pengajuan visa untuk keperluan perjalanan ke luar negeri. Hal ini akan dijadikan bukti kesehatan keuangan calon pelancong. Sehingga bisa meyakinkan pihak negara tujuan jika anda mampu membiayai hidup selama berada di negara mereka. Umumnya, anda juga harus melampirkan rekening koran tiga atau enam bulan terakhir.
  • Saat hendak mengajukan pinjaman. Seperti halnya KPR (Kredit Pemilikan Rumah), KTA (Kredit Tanpa Agunan), atau KKB (Kredit Kendaraan Bermotor).

6. Cek Nomor Rekening Mandiri via Call Center

Melakukan pengecekan nomor rekening Mandiri yang kelupaan bisa dilakukan dengan mudah dengan cara menghubungi layanan call center.

Cara ini bisa dilakukan ketika anda sudah tidak mempunyai waktu untuk mencari mesin ATM atau ada kendala dengan jaringan internet untuk mengecek secara online.

Anda hanya perlu menghubungi layanan call center Mandiri melalui sambungan telepon. Nantinya, petugas call center akan membantu mengecek dan mengkonfirmasi bahwa anda pemilik rekening yang sah.

Tidak hanya berperan sebagai solusi saat lupa nomor rekening. Namun call center juga akan membantu para nasabah untuk memblokir kartu ATM yang hilang atau tertelan di mesin ATM.

Ingin menghubungi layanan call center Mandiri? Bisa melalui nomor 14000.

7. Cek Nomor Rekening Mandiri di Kantor Cabang

Cara terakhir dan paling mudah dilakukan untuk mengecek nomor rekening Mandiri ialah dengan mengunjungi kantor cabang Bank Mandiri terdekat.

Anda bisa menggunakan cara terakhir ini jika buku tabungan hilang atau tidak memungkinkan untuk melakukan pengecekan dengan kartu ATM.

Customer srvice yang ada di kantor cabang, akan membantu anda dalam mengecek nomor rekening. Namun sebelum itu pastikan dulu anda sudah membawa kartu identitas sebagai proses validasi.

Selain untuk mengecek nomor rekening, akan lebih baik jika anda mengurus juga buku tabungan yang hilang.

Maka dari itu, lengkapi kunjungan anda dengan membawa sejumlah dokumen persyaratan kehilangan buku tabungan, seperti :

  • Surat kehilangan dari pihak kepolisian.
  • Kartu identitas (e-KTP)
  • Kartu ATM
  • Formulir pengajuan
  • Materai Rp 6.000

Penting untuk diketahui jika Bank Mandiri menetapkan biaya penggantian buku tabungan. Nominal tersebut harus dibayar agar pengajuan bisa diproses.

Sedangkan untuk besaran biaya yang dibutuhkan ialah Rp 15.000, meski berbeda pada pada setiap bank, namun kesemuanya dipengaruhi oleh kebijakan masing-masing bank.

Tips Aman Bertransaksi Perbankan

Anda tidak perlu panik saat lupa dengan nomor rekening mandiri. Dengan melihat langkah pemecahan di atas, tentu anda sudah punya solusi untuk melakukan pengecekan nomor rekening Mandiri.

Cukup memilih salah satu yang dianggap paling nyaman dan aman untuk transaksi perbankan anda.

Scroll to Top