Cara Analisis Fundamental Aset Kripto

Cara Analisis Fundamental Aset Kripto

Cara Analisis Fundamental Aset Kripto paada dasarnya sangatlah mudah dan sederhana saja. Asalkan anda sebagai calon investor, sudah paham dengan apa yang harus dilakukan.

Seperti yang kita ketahui, investasi merupakan salah satu jalan memanfaatkan kekayaan untuk mempersiapkan masa depan.

Dalam hal ini, ada begitu banyak bentuk investasi yang bisa kita lakukan. Seperti halnya investasi emas, tanah, saham, obligasi, properti, atau bahkan yang saat ini sedang populer, yakni uang kripto.

Kripto sendiri merupakan uang digital yang saat ini semakin digandrungi masyarakat. Pasalnya tidak sedikit investor yang menganggap bahwa uang kripto ini bisa mendatangkan keuntungan di masa depan.

Dari dilihat sisi efisiensi, tentu investasi yang satu ini sangat mudah. Bahkan untuk prosesnya, bisa disesuaikan dengan keinginan si investor sendiri.

Tentu anda juga harus paham investasi apa yang dipilih. Baik itu investasi jangka pendek ataupun jangka panjang.

Nah, untuk fokus kita kali ini ialah membahas tentang beberapa cara menganalisa fundamental untuk aset kripto. Seperti apa? Yuk kita simak ulasan berikut hingga tuntas!

Cara Analisis Fundamental Aset Kripto

Tergolong sebagai aset baru, tentu kripto atau dengan istilah cryptocurrency mempunyai keunikan dan ciri khas tersendiri.

Bagi para investor khususnya pemula, harus paham dan memperhatikan beberapa faktor fundamental yang ada untuk dianalisis sebelum membeli ataupun menjual sebuah koin.

Seperti yang dipaparkan oleh Research & Development Manager ICDX, Jericho Biere, menyebut bahwa setidaknya ada lima poin yang bisa diperhatikan dalam hal menganalisis fundamental sebuah aset kripto. Lebih jelasnya bisa anda simak pada daftar berikut!

1. Proyek Yang Dikembangkan

Sebagai calon investor, anda harus cermat apakah proyek yang dibuat oleh pihak pengembang koin yang dimaksud memberikan solusi atas masalah yang muncul. Khususnya dari aset tradisional hingga menghadirkan nilai baru dalam kondisi ekonomi.

Yang intinya, anda harus melihat apa yang ditawarkan dalam pengembangan uang kripto tersebut.

Ketika proyek yang dimaksud diimplementasikan, seharusnya menghasilkan sebuah nilai. Dengan kata lain, investor menjadi tidak ragu untuk menginvestasikan dana mereka pada proyek tersebut.

Untuk saat ini, ada begitu banyak uang kripto yang bisa anda pilih sebagai salah satu aset yang dianggap bisa mendatangkan keuntungan.

Akan tetapi kembali pada keputusan masing-masing investor. Semua hal terkait dengan investasi kripto tersebut haruslah berdasar pada sisi pengembang koin.

2. Tim Pengembang

Asal muasal dari koin kripto tersebut haruslah pasti dan bukan berdasar pada omongan orang semata.

Dalam hal ini, tim pengembang merupakan aspek penting yang pada akhirnya menyangkut keberlangsungan aset kripto tersebut.

Sebelum memilih dan membeli aset kripto, anda harus paham dulu siapa pendiri dari program uang digital yang dimaksud.

Jangan lupa untuk mempelajari juga apa program yang direncanakan, serta untuk kepentingan apa mereka mengembangkan proyek yang dijalankan.

Dengan anda melihat pengembang dan juga histori dari aset kripto, maka anda bisa semakin yakin untuk menginvestasikan dana pada program tersebut.

3. Komunitas

Sedikit berbeda dengan jenis aset yang lain, komunitas menjadi salah satu elemen yang terbilang penting pada aset kripto.

Hal tersebut dikarenakan komunitas ini bisa menggerakkan proyek yang dijalankan oleh tim pengembang.

Terlepas dari itu, dengan adanya komunitas terkait dengan uang kripto tertentu. Calon investor juga bisa melihat ketertarikan investor lain terhadap sebuah koin.

Dalam hal ini, investor bisa mencermati dan mempelajari apakah ada investor lain dalam jumlah besar yang mengoleksi aset kripto tersebut atau justru sebaliknya.

Dengan banyaknya minat investor lain terhadap kripto yang dimaksud. Maka bisa jadi hal tersebut merupakan peluang baru bagi anda untuk ikut berinvestasi disana.

4. Whitepaper atau Roadmap

Jika di pasar modal mempunyai istilah prospektus, maka aset kripto pun mempunyai istilah whitepaper.

Senada dengan perspektus, whitepaper disini mempunyai gambaran terhadap perkembangan koin atau token kedepannya.

Terlepas dari itu, investor juga bisa dengan mudah mencermati roadmap untuk melihat lini masa pengembangan.

Jika anda sudah paham dengan aspek ini, maka tentu bukan suatu hal yang sulit untuk menebak apakah uang kripto ini mempunyai masa depan yang cerah.

5. Keamanan

Selain beberapa aspek yang sudah kami jelaskan di atas, investior juga perlu melakukan analisis dengan sistem keamanan yang sudah diadopsi oleh sebuah blockchain.

Secara dasar, blockchain memberikan tingkat efisiensi terhadap ekonomi setka bisa mengembangkan teknologi yang lain.

Sehingga memerlukan tingkat keamanan yang baik untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

Mayoritas uang kripto yang populer saat ini, tentu sudah tidak diragukan lagi dari tingkat keamanan.

Namun tidak ada salahnya jika anda mennguumpulkan informasi dari internet. Baik itu melalui forum ataupun tempat lain yang bisa dijadikan rujukan.

Tips Memulai Investasi Kripto

Sebagai calon investor, tentu anda harus paham dengan langkah-langkah yang harus dilakukan agar memilih tempat yang tepat untuk berinvestasi.

Jika anda memang ada niat untuk investasi uang kripto dengan niat untuk jangka panjang. Bisa mengikuti tahapan berikut sebelum mempelajari Cara Analisis Fundamental Aset Kripto :

1. Pilih Perusahaan Exchange Yang Tepat

Sebagai pemula, syarat penting untuk memulai investasi uang kripto ialah dengan membuka akun di exchange.

Untuk saat ini, ada begitu banyak perusahaan exchange yang menyediakan fitur jual-beli uang kripto.

Sehingga anda bisa memilih salah satu yang dianggap mempunyai kredibiltas dan juga aman untuk investasi jangka panjang.

2. Bergabung Dengan Forum

Umumnya setiap uang kripto mempunyai forum tersendiri. Sehingga anda bisa bergabung disana untuk mencari dan mengumpulkan informasi.

Menjadi member di suatu forum bukanlah suatu kerugian. Namun justru menjadikan anda tidak ketinggalan update dan informasi akan uang kripto yang dimaksud.

Jadi, carilah forum dengan member investor terbanyak dan ramai membuka diskusi. Sehingga anda bisa bertanya atau memberikan komentar atas statement yang dikeluarkan.

3. Mulai Dengan Investasi Skala Kecil

Untuk masa percobaan, anda bisa investasi dalam jumlah kecil terlebih dahulu. Jika sudah yakin dengan hasil yang diperoleh, maka bisa menambah investasi dengan jumlah yang lebih besar.

Intinya, anda harus berjaga-jaga dengan risiko kerugian di kemudian hari. Pasalnya sangat mustahil seseorang bisa menebak masa depan.

Dalam hal ini, sangat penting bagi anda mempelajari histori uang kripto yang akan dipilih. kenali seluk-beluk dan juga kemungkinan akan keuntungan di masa akan datang.

4. Jangan Terburu-buru Menjual Aset

Uang kripto tidak cocok untuk investor yang agresif atau yang lebih suka mencari keuntungan dalam jangka pendek.

Sebab anda harus lebih sabar dan menunggu waktu yang tepat untuk menjual aset koin yang dimiliki.

Secara umum, investor mulai menjual aset mereka dengan minimal waktu satu tahun. Dengan kata lain, jenis investasi ini hanya cocok untuk investasi jangka panjang.

Disclamer!!!

Bukan hal mudah melakukan investasi uang kripto. Sebab anda harus paham betul dengan bentuk investasi yang dilakukan.

Scroll to Top