Cara Menutup Kartu Kredit Bank Mega : Syarat & Biaya

Bagaimana sih Cara Menutup Kartu Kredit Bank Mega? Tidak bisa dipungkiri ternyata banyak juga yang mencari cara tersebut. Sehingga mereka pun browsing informasi di internet.

Salah satu alasan kenapa banyak orang yang ingin menutup kartu kredit mereka lantaran Bank Mega sering mempersulit nasabah untuk menutup kartu kreditnya. Apa benar demikian? Apa yang menjadi landasannya?

Jika anda memang mencari informasi yang dimaksud, maka sudah tepat dengan mengunjungi website ini. Sebab kami akan membahasnya secara lengkap dan detail.

Secara dasar, menutup kartu kredit Bank Mega tidaklah sulit. Khususnya saat anda sudah memenuhi persyaratan yang ditentukan.

Daripada penasaran, yuk langsung saja simak pembahasan yang sudah kami rangkum dibawah ini.

Cara Menutup Kartu Kredit Bank Mega : Syarat & Biaya

Sebelum sampai pada pembahasan cara menutup kartu kredit Bank Mega. Maka ada baiknya anda paham dengan dengan persyaratan yang dibutuhkan.

Syarat yang kami sebutkan ini harus dipenuhi oleh nasabah. Sehingga proses pengajuan penutupan kartu kredit Bank Mega tidak dipersulit. Syarat yang dimaksud ialah :

1. Menutup atau Mengalihkan Pembayaran Rutin

Apabila anda menggunakan kartu kredit Bank Mega dengan tujuan untuk pembayaran rutin per bulan. Maka anda harus menutup terlebih dahulu adanya tanggungan.

Atau jika anda mempunyai kartu kredit yang lain, maka bisa dialihkan pembayaran tersebut ke kartu kredit yang dimaksud.

Apa yang dimaksud dengan pembayaran rutin? Pembayaran ini umumnya pembayaran listrik, air, asuransi, TV kabel, internet, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Maka dari itu, pastikan dulu anda sudah mengalihkan atau pembayaran rutin tersebut tidak dibebankan pada kartu kredit Bank Mega.

2. Pastikan Tidak Memiliki Tunggakan Pembayaran

Secara otomatis penutupan kartu kredit Bank Mega akan ditolak jika anda masih mempunyai banyak tunggakan atau tagihan yang berlum terbayar.

Oleh karena itu, pastikan jika anda sudah membayar semua tagihan atau dengan melunasi semua tunggakan sebelum mengajukan penutupan rekening.

Apabila anda menyicil barang tertentu, hitung dulu sisa cicilan dan bayar semuanya hingga lunas.

Untuk alternatifnya, anda bisa membayar tagihan melalui bank secara langsung, transfer viat atm, internet banking, mobile banking, dan yang lainnya.

Ketika mengajukan penutupan, umumnya pihak Bank Mega akan menjelaskan secara rinci mengenai semua tagihan beserta bunga yang harus dibayar.

Anda pun bisa membayar langsung di bank ketika mengajukan penutupan atau bisa dengan di hari lainnya.

Jika semua persyaratan di atas sudah terpenuhi, maka proses penutupan kartu kredit Bank Mega akan dipermudah.

Bisa jadi ada tawaran yang menggiurkan dari customer service yang seakan mempersulit penutupan kartu kredit. Akan tetapi hal tersebut pada dasarnya sangat wajar.

Tidak ada bank yang ingin jika nasabahnya berhenti menggunakan layanan yang ditawarkan. Sehingga anda harus melakukan secara kukuh dan tidak tergoda dengan layanan menggiurkan yang ditawarkan customer service.

Prosedur Penutupan Kartu Kredit Bank Mega di Kantor Cabang

Akan lebih baik jika penutupan kartu kredit dilakukan langsung di kantor cabang Bank Mega. Sehingga prosesnya akan dipermudah.

Pastinya customer service di bank akan mempermudah penutupan kartu kredit apabila memang tidak kendala yang menghalangi.

Jika penutupan kartu kredit masih dipersulit oleh pihak bank, maka bisa langsung mendengar alasan serta mempunyai kesempatan untuk membalas atau membantahnya.

Beda lagi jika anda melakukan penutupan kartu kredit via telepon. Anda tidak berhadapan langsung dengan CS. Sehingga CS bisa mengelak atau mengutarakan informasi yang tidak benar.

Sampai pada tahap ini, disarankan untuk datang langsung ke kantor cabang Bank Mega. Khususnya untuk keperluan penutupan kartu kredit. Ulasan prosedur lebih rinci bisa anda simak dibawah ini.

1. Datang ke Kantor Cabang Bank Mega

Poin pertama yang bisa dilakukan ialah dengan datang langsung ke kantor cabang Bank Mega terdekat.

Namun sebelum itu anda harus menyiapkan (membawa) kartu kredit yang ingin ditutup beserta kartu identitas yang digunakan untuk mendaftar kepemilikan kartu kredit.

2. Ikuti Instruksi Yang Diarahkan Petugas

Ketika sudah berada di bank Mega, umumnya anda akan diarahkan untuk mengantre pada bagian custome service. Jika sudah berhadapan, anda pun bisa mengutarakan keinginan anda untuk menutup kartu kredit.

CS akan bertanya kenapa dan apa alasan anda menutup kartu kredit. Jawab dengan jelas agar proses dipermudah.

Selanjutnya, anda akan diminta untuk menyerahkan kartu kredit yang hendak ditutup sekaligus kartu identitas asli.

Apabila kartu kredit masih mempunyai tunggakan, maka CA akan melaporkan rincian biaya pada anda.

Umumnya penutupan dilakukan ketika anda sudah melunasi tagihan tersebut. Akan tetapi, jika memang tidak ada tunggakan, maka CS akan langsung mengeluarkan formulit penutupan kartu kredit.

Nantinya, formulir tersebut akan diisi oleh CS serta akan diminta untuk ditandatangani. Jika sudah selesai, maka formulir akan dicopy dan diberikan pada anda salinannya.

2. Membayar Biaya Penutupan

Perlu diketahui jika penutupan kartu kredit akan dikenai biaya sebesar RP 10 ribu untuk cetak billing dan Rp 6 ribu untuk materai. Total biaya yang dibutuhkan sebesar Rp 16 ribu.

Namun biaya ini bisa juga lebih atau kurang. Semua disesuaikan menurut ketentuan terbaru dari pihak bank Maga. Langsung saja anda bayar agar penutupan kartu kredit bisa diproses.

3. Kartu Kredit Dipotong

Proses selanjutnya, CS akan memotong kartu kredit anda. Tujuan dari pemotongan ini ialah sebagai bukti bahwa penutupan kartu kredit sudah sukses.

Akan tetapi, ada pula yang meminta anda untuk memotong sendiri ketika surat tutup sudah diterima.

4. Tunggu Surat Penutupan Kartu Kredit

Terakhir sekaligus menjadi tanda bahwa kartu kredit anda sudah ditutup, ialah dikeluarkannya surat penutupan kartu kredit.

Jadi, setelah anda mengajukan penutupan, maka pihak bank akan memperoleh hingga 14 hari atau dua minggu.

Selanjutnya, anda akan memperoleh surat penutupan rekening dalam kurun waktu maksimal 20 hari kerja.

Menutup Kartu Kredit Bank Mega Via Telepon

Meski lebih mudah mengajukan penutupan rekening di kantor cabang langsung. Namun proses ini juga bisa dilakukan via telepon.

Intinya, bagi anda yang tidak sempat mengunjungi bank Mega. Maka bisa menutup kartu kredit melalui telepon dengan langkah berikut :

Menghubungi CS Bank Mega di 60010 atau 1500010

Dengan menghubungi customer service melalui nomor tersebut, maka nantinya CS akan bertanya tentang kepentingan anda.

Langsung saja jawab jika anda hendak menutup kartu kredit. Berikutnya, CS akan meminta data anda untuk melakukan verifikasi.

Selain itu, anda juga akan ditanya mengenai alasan menutup kartu kredit. Jawab saja dengan jelas dan apa adanya.

Umumnya CS akan menawarkan anda bebas iuran tahunan ataupun naik limit. Anda dengarkan dan tolak saja tawaran tersebut.

Setelah itu, CS akan memproses pengajuan penutupan kartu kredit anda. Jika memang masih ada tagihan yang belum terbayar, maka rinciannya akan dikirim pada anda.

Jika demikian, anda cukup menunggu hingga proses penutupan selesai.

Hubungi Ulang CS

Setelah satu minggu, anda bisa menghubungi kembali CS serta bertanya terkait penutupan kartu kredit.

Jika proses belum selesai, maka CS akan menginformasikan tanggal kemungkinan selesai. Namun jika sudah selesai, maka CS akan memberitahukan anda anda untuk menunggu surat bukti penutupan.

Setidaknya anda harus menunggu 7 hingga 20 hari kerja. Umumnya surat tersebut berisi pemberitahuan jika kartu kredit ditutup serta meminta kartu di potong atau dihancurkan.

Mungkin hanya itu saja ulasan yang bisa kami rangkum. Semoga bisa menjadi referensi yang memang benar-benar dibutuhkan.

Scroll to Top