Cara Menabung Saham BCA dengan Mudah & Diminati Milenial

Seperti apa Cara Menabung Saham BCA dengan Mudah & Diminati Milenial? Ingin jawaban yang lebih lengkap? Simak ulasan dibawah ini.

Tidak bisa dipungkiri jika menabung saham saat ini sangat digandrungi oleh kalangan milenial. Khususnya bagi mereka yang sudah melek dengan investasi.

Sedikit berbeda dengan menabung uang di bank konvensional yang hanya mengandalkan bunga dengan kisaran 1% per tahun. Menabung saham menawarkan keuntungan yang menarik untuk jangka panjang. Namun dibalik itu juga ada risiko yang harus dipahami saat menabung saham.

Akan tetapi, risiko tersebut masih bisa diminimalisir jika anda pintar dalam memilih profil perusahaan. Faktor inilah yang saat ini masih belum banyak dipahami seseorang sebelum mereka memulai investasi saham.

Rasa khawatir akan proses menabung saham yang begitu rumit bahkan juga menjadi keraguan dalam menabung saham. Padahal langkah menabung saham sangat mudah dan aman.

Bertindak sebagai pemula, tentu membeli saham di BCA Sekuritas menjadi rekomendasi yang baik dan aman untuk dipilih.

Dalam hal ini, BCA Sekuritas merupakan perusahaan sekuritas populer dan menyediakan rekening efek untuk transaksi jual beli saham.

Lembaga ini masih terkait dan menjadi bagian dari BCA Group, bahkan BCA Sekuritas mempunyai saham bluechip.

Artinya, saham yang diperjualbelikan di BCA Sekuritas mempunyai kapitalisasi besar, bernilai tinggi, serta lebih cenderung stabil.

Dengan kata lain, risiko terjadinya penurunan harga saham juga cukup kecil. Bisa disebut sangat menggiurkan dan banyak menarik minat kalangan milenial untuk mulai investasi saham.

Bagaimana cara menabung saham di BCA? Lebih lanjut anda bisa baca artikel ini hingga tunas.

Cara Menabung Saham BCA dengan Mudah & Diminati Milenial

Sebelum anda memulai untuk investasi saham di BCA, ada baiknya jika mengetahui dulu apa saja keuntungan yang bisa diperoleh dari nabung saham.

Dikutip dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), saham bisa diartiken sebagai tanda penyertaan modal seseorang atau pihak (badan usaha) di suatu perusahaan atau Perseroan Terbatas.

Dengan melalui modal tersebut, maka ia mempunyai klam atas pendapatan perusahaan, aset, serta berhak hadir dalam rapa Umum Pemegang Saham (RUPS).

Terlepas dari itu, terdapat dua keuntungan yang bisa diperoleh pemilik saham, tidak terkecuali ketika nabung saham di BCA. Apa saja?

1. Mendapat Capital Gain

Capital gain merupakan suatu keuntungan yang diperoleh dari selisih harga beli dan harga jual saham. Pemegang saham akan memperoleh capital gain jika ia menjual saham dengan harga tinggi dari harga belinya.

Sebagai contoh, anda menabung saham BCA dengan harga beli Rp 1 ribu per saham, selanjutnya anda menjual dengan harga Rp 1,5 ribu per saham. Artinya, anda akan memperoleh capital gain sebesar Rp 500,-.

2. Memperoleh Dividen

Sedikit berbeda dengan capital gain, dividen merupakan pembagian keuntungan perusahaan pada para pemegang saham sesuai dengan persetujuan para pemegang saham dalam RUPS.

Umumnya, dividen dibagikan pada akhir tahun. Maka dai itu, anda harus memegang saham dalam kurun waktu lama untuk bisa diakui sebagai pemegang saham yang mempunyai hak untuk memperoleh dividen.

Untuk pembagian dividen sendiri, bisa berupa uang tunai dengan nilai sesuai per saham. Atau bisa pula berupa saham sesuai dengan dividennya.

Bisa disebut jika menabung saham tidak selalu memberikan keuntungan. Jadi, sebelum mulai investasi saham, anda juga harus paham dengan risiko yang mungkin muncul.

Perhatikan sejumlah risiko yang ada dalam investasi saham berikut ini :

  • Tidak Memperoleh Dividen. Anda harus paham jika harga saham sangat fluktuatif. Hal ini dipengaruhi oleh berbagai faktir seperti nilai tukar rupiah terhadap mata uang asing, serta kondisi keuangan (ekonomi) negara.
  • Risiko Likuiditas. Saat sebuah perusahaan pemilik saham bangkrut, maka para pemegang saham pun mempunyai hak pada sejumlah aset perusahaan. Akan tetapi, jika sudah tidak aset yang bisa dibagikan, maka pemegang saham tidak akan memperoleh apapun dari likuidasi.
  • Capital Loss. Berbeda dan berbanding terbalik dengan capital gain, capital loss merupakan bentuk kerugian dari selisih menjual saham dengan nilai lebih rendah dibanding dengan harga beli.

Cara Menabung Saham di BCA

Saat anda hendak memulai investasi saham, maka mengenal profil perusahaan menjadi langkah penting untuk langkah investasi.

Maka dari itu, kenali dulu kinerja perusahaan supaya anda tidak merugi sudah berinvestasi pada perusahaan tersebut.

Sebelumnya anda bisa melakukan analisa dari laporan keuangan perusahaan yang tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Untuk menemukan perusahaan yang dimaksud, anda harus masuk dulu ke situs BEI, kemudian pilih menu Perusahaan Tercatat.

Lanjut dengan masuk ke sub menu Laporan Keuangan dan Tahunan. Pilih serta lengkapi data perusahaan yang sedang anda cari. Untuk mengakhiri tekan tombol cari.

Tidak hanya riset perusahaan, akan lebih juga jika anda menabung saham yang sudah masuk indeks tertentu menurut BEI.

Sebagai contoh, tabungan saham BCA Sekuritas menawarkan saham kategori LQ45. Yakni berupa indeks pasar saha BEI yang terdiri dari 45 perusahaan dengan kriteria tertentu.

Termasuk juga sejumlah perusahaan yang mempunyai kapitalisasi pasar tertinggi dalam setahun terakhir, kondisi keuangan bagus, sekaligus nilai transaksinya yang tinggi.

Selaku pemula untuk memulai investasi saham, anda juga harus lebih rajin dan pintar dalam memantau tren harga saham.

Penting untuk diingat, harga saham sangat fluktuatif, sehingga bisa berubah dalam hitungan detik sesuai dengan sejumlah faktor yang sudah kami sebutkan di atas.

Dengan memantau pergerakan tren harga pasar saham, maka anda bisa dengan mudah menentukan langkah selanjutnya untuk menjual ataupun membeli saham.

Nabung Saham BCA dengan Rekening Efek BCA Sekuritas

Setelah anda yakin dan sudah melakukan persiapan yang matang, maka sudah saatnya anda mengikuti prosedur dalam menabung saham.

Agar bisa nabung saham BCA, setidaknya ada sejumlah langkah yang harus diikuti. Pertama ialah dengan buka rekening efek yang menjadi rekening transaksi jual beli efek yang dibayar atau diterima secara tunai saat jatuh tempo.

Dalam hal ini, rekening sekuritas hanya dikeluarkan oleh perusahaan sekuritas. Jadi, penting bagi anda untuk memilih perusahaan sekuritas yang sudah memperoleh izin usaha dari OJK.

Sebab dalam hal ini, perusahaan sekuritas akan mempunyai peranan sebagai perantara antara anda selaku investor dengan pasar modal.

Selain itu, perusahaan sekuritas akan memberikan rekomendasi jenis saham yang mempunyai prospek bagus untuk dibeli.

Bertindak sebagai bagian dari BCA Group, kinerja dari BCA Sekuritas sudah bisa dipertanggung jawabkan.

Bahkan layanan investasi yang ditawarkan juga cukup lengkap. baik itu untuk nasabah individu ataupun institusi.

Daftar Layanan BCA Sekuritas.

  • Pasar Saham : Memberikan layanan terhadap transaksi saham. Baik itu untuk pasar primer ataupun pasar sekunder yang diberikan pada nasabah lokal dan juga asing.
  • Pasar Obligasi : Memberikan palayanan penyusunan struktur, penerbitan, serta pendistribusian obligasi.
  • Riset : Melayani analisis secara menyeluruh dan didukung oleh kapasitas riset yang unggul sekaligus memberikan rekomendasi prospek keuangan ataupun laporan harian terkait sejumlah produk dan sektor untuk investor dan perusahaan.
  • Corporate Finance : Memberikan panduan pada jalannya proses Initial Public Offerings (IPOs) dan Rights issue, tidak terkecuali obligasi. BCA sekuritas juga memberikan kepastian pada nasabah untuk memiliki manajemen dana yang efektif. Mulai dari manajemen aset hingga sejumlah efek lain guna membantu memperoleh pendanaan untuk perusahaan nasabah.
  • Brokerage : Nasabah dipastikan bisa bertransaksi dengan harga yang kompetitif pada sejumlah efek. Bahkan layanan ini menyediakan tim profesional sebagai perantasa padagang efek guna mempermudah transaksi nasabah.

Tersedia Layanan Online

Saat anda bergabung menjadi nasabah BCA Sekuritas, maka bisa memanfaatkan layanan online dengan menabung saham BCA.

Dalam hal ini, BCA mempunyai sistem online trading dengan nama BEST. BEST disini akan mempermudah nasabah dalam berinvestasi dimanapun dan kapapun.

Fitur menarik yang disediakan pada sistem BEST mencakup :

  • Stock Game : Berfungsi untuk membantu nasabah dalam mengasah kemampuan analisa teknikal sehingga mempunyai keputusan investasi yang lebih baik.
  • Smart Signal : Fungsinya ialah untuk memudahkan nasabah dalam mengetahui tren naik atau turun suatu saham.
  • Quick Order : Berperan sebagai solusi cepat dan tepat dalam transaksi saham, sehingga tidak ketinggalan harga serta memperoleh antrian terdepan hanya dalam hitungan detik. Cukup dengan klik dua kali pada order book, serta isi jumlah lot saham yang anda inginkan.
  • Portofolio Saham : Anda bisa dengan mudah memantau portofolio dan transaksi saham.

Syarat Buka Rekening Efek di BCA Sekuritas

Jika anda tertarik untuk bisa mempunyai rekening efek di BCA Sekuritas, maka harus melengkapi daftar persyaratan dan prosesnya pun sangatlah mudah.

Bahkan anda bisa membuat rekening efek dengan dua metode, yakni offline dan online. Dalam hal ini, BCA juga sudah menyediakan aplikasi BCAS BEST Mobile.

Aplikasi tersebut menjadi fasilitas dalam pendaftaran online. Namun sebelum pilih cara mana, anda harus siapkan daftar syarat berikut :

  • Isi formulir pembukaan rekening untuk individu yang sudah ditandatangani.
  • Mengisi formulir pembukaan rekening dana investor dan ditandatangani.
  • Bagi nasabah online trading, wajib mengisi serta tanda tangan syarat dan ketentuan tambahan online trading.
  • Teruntuk nasaah Tabungan Saham, diwajibkan untuk mengisi dan tanda tangan formulir pembukaan rekening Tabungan Saham.
  • Fotokopi KTP untuk WNI atau KITAS / Paspor bagi WNA.
  • Salinan Nomor Pokok Wajib Pajak 9NPWP). Jika tidak ada NPWP, maka harus menyertakan Surat Keterangan Tidak Punya NPWP.
  • Fotokopi halaman depan buku tabungan. Jika nama pada buku tabungan berbeda dengan kartu identitas, perlu menyertakan Surat Keterangan Beda Nama.

Prosedur Pembukaan Rekening Efek BCA Sekuritas Offline

Jika semua persyaratan sudah siap, berikut langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk membuat rekening efek di BCA Sekuritas offline :

  • Sebelumnya, anda bisa mengunduh formulir pembukaan rekening individu dan dana nasabah. Silahkan cek situs resmi atau klik disini.
  • Isi formulir yang sudah di unduh tadi dan langsung tanda tangani.
  • Bagi nasabah online trading, masih wajib untuk mengisi dan tanda tangan Syarat dan Ketentuan Tamabahan Online Trading.
  • Lampirkan dokumen seperti fotokopi KTP, KITAS, atau Paspor dan NPWP.
  • Lengkapi dengan fotokopi halaman depan buku tabungan.
  • Kirim formulir dan dokumen syarat ke PT BCA Sekuritas Menara BCA, Grand Indonesia Lantai 41 Jl. MH. Thamrin No. 1 Jakarta 10310.
  • Selanjutnya, pihak BCA akan memproses pengajuan anda kurang lebih lima hari kerja.
  • Jika pengajuan disetujui, maka akan diinformasikan melalui email yang sudah terdaftar. Dilengkapi juga dengan kode akses nasabah berupa user name, password, dan PIN.
  • Dalam hal ini, anda akan diminta untuk melakukan sejumlah deposit awal.

Prosedur Pembukaan Rekening Efek BCA Sekuritas Online

Tidak hanya melalui jalur offline seperti yang sudah kami paparkan di atas. Anda pun bisa membuat rekening efek di BCA Sekuritas secara online melalui BCAS BEST Mobile. Langkah-langkahnya sebagai berikut :

  • Unduh aplikasi BCAS BEST di Google Play Store atau App Store.
  • Buka aplikasi dan pilih Open Account
  • Masukkan passcode atau kata sandi yang bisa anda peroleh dengan menghubungi Halo BCA 1500 888.
  • Selanjutnya, pilih Login.
  • Coba jawab sejumlah pertanyaan yang muncul.
  • Isi informasi terkait sumber dana, data pekerjaan, tujuan investasi, dan data ahli waris dengan lanjut klik OK.
  • Tanda tangan dan tulis nama.
  • Isi pertanyaan yang muncul.
  • Unggah sejumlah dokumen yang dibutuhkan ke dalam lampiran.
  • Isi Perjanjian Pembukaan Rekening Efek, Keterangan Lan, Data Pribadi dan Data Nasabah Perorangan.
  • Konfirmasi Pernyataan Nasabah.
  • Selanjutnya, BCA akan mengirim kode akses ke dalam email yang sudah terdaftar.
  • Dalam hal ini, anda akan diminta untuk melakukan deposit awal.

Cara Beli Saham Pada Program Nabung Saham BCA

Proses menabung saham di BCA melalui rekening efek tidak bisa langsung dilakukan. Kecuali anda sudah melakukan deposit awal sebesar minimal Rp 3 juta.

Setelah dilakukan penyetoran deposit awal, maka cukup masuk ke aplikasi BEST. Entah itu melalui smartphone ataupun melalui laman situs.

selanjutnya, pilih produk saham pada kota pencarian kode emiten. Dalam hal ini, sham BCA mempunyai kode BBCA.

Dari hasil pencarian tersebut, akan muncul statistik sekaligus data emiten BBCA. Seperti halnya posisi harga saham ketika pembukaan, penutup, perubahan terjadi, serta yang lainnya.

Nah, untuk membeli saham BCA, anda harus paham dulu dengan mekanismenya. Pasalnya BCA mewajibkan nasabah untuk memilihminimal satu dari 45 saham yang tersedia dan menentukan jumlah lot tabungan saham.

Ketika menabung saham BCA, jumlah pembelian minimal ialah 1 lot atau 100 lembar saham per minggu dengan total pembelian sebanyak 48 kali atau 1 lot per bulan dengan total pembelian 12 kali dalam kurun waktu 1 tahun.

Jadi, jika harga 1 lembar saham BBCA sebesar Rp 50 ribu, maka anda harus melakukan pembayaran setidaknya Rp 5 juta. Jika sudah menetapkan jumlah lot, klik tombol beli atau Buy.

Penting pula untuk diketahu bahwa terdapat biaya dalam transaksi saham BCA. Hal ini tergantung jalur pembelian serta penjualannya.

Jika pembelian dilakukan secara online, maka akan dibebankan biaya transaksi sebesar 0,18 dari jumlah pembelian.

Sedangkan untuk pembelian melalui sales dibebankan biaya sebesar 0,25%. Untuk penjualan, dikenai biaya sebesar 0,28% untuk online dan 0,35% melalui sales.

Melek Investasi dengan Nabung Saham

Sangat mudah sekali untuk mengetahui cara menabung saham di BCA. Bahkan saat ini anda sudah bisa mengubah mindset rumitnya investasi saham menjadi lebih sederhana.

Didukung dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih. Tentu nabung saham menjadi lebih efisien dan mudah.

Yang terpenting, anda lebih jeli dalam memilih perusahaan sekuritas dengan penawaran kemudahan proses trading secara online.

Bagaimana? Apa anda sudah yakin untuk menjadi kalangan milenial yang ingin ikut Cara Menabung saham BCA?

Perhatikan profil perusahaan sekuritas, buka akun efek, deposit, dan anda pun sudah bisa merasakan bagaimana menjadi investor saham.

Scroll to Top