Cara Main Saham Online Agar Tidak Rugi

Cara Main Saham Online Agar Tidak Rugi

Berikut kami akan merangkum Cara Main Saham Online Agar Tidak Rugi. Bagi anda yang masih pemula, bisa menyimak ulasan ini hingga selesai.

Seiring dengan perkembangan teknologi, saat ini cara main saham bukan lagi hal yang sulit untuk dilakukan. Pasalnya semakin banyak platform yang menawarkan layanan investasi saham secara online.

Dengan kondisi yang demikian, maka anda bisa melakukan investasi saham lebih mudah. Bahkan hanya melalui aplikasi smartphone yang disediakan oleh platoform investasi saham.

Dengan bermodal 100 ribu, anda sudah bisa memainkan instrumen saham. Namun sebelumnya, anda patut mencermati hal-hal dalam bermain saham.

Sehingga tidak hanya sekedar mencoba saja, namun upayakan anda memperoleh keuntungan tinggi. Tentu bersamaan dengan risiko kerugian yang tinggi.

Melihat dari banyaknya pemaparan para pemain saham, keuntungan yang diperoleh dari investasi saham terbagi menjadi dua jenis.

Yang pertama ialah dividen, untuk memperolehnya investor harus memegang saham pada jangka waktu yang panjang selama periode tertentu.

Sedangkan yang kedua ialah capital gain atau merupakan selisih nilah dalam transaksi jual-beli saham.

Cara Main Saham Online Agar Tidak Rugi

Sama halnya dengan jenis investasi yang lain, bisnis saham juga mempunyai risiko kerugian. Dalam hal ini, ada dua jenis risiko dalam investasi saham.

Kerugian pertama ialah capital loss atau kebalikan dari capital gain. Intinya, investor bisa merugi apabila menjual saham ketika nilai (harganya) sedang menurun lebih rendah dibanding dengan harga belinya.

Sedangkan untuk risiko yang kedua ialah likuidasi yang bisa saja muncul saat perusahaan dinyatakan pailit atau bangkrut oleh pengadilan atau bubar.

Secara dasar, saat ini investasi saham secara online bisa dilakukan baik oleh investor berpengalaman ataupun yang masih pemula.

Nah, agar anda tergindar dari kerugian, berikut merupakan beberapa cara main saham online yang aman khususnya bagi pemula.

1. Pilih & Tentukan Sekuritas Yang Tepat

Untuk main saham online, cara pertama yang bisa dilakukan ialah dengan memilih platform sekuritas agar bisa membeli saham.

Ada bisa dengan mudah menemukan platfomr sekuritas yang tercatat resmi menjadi anggota di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Kemudian, bagaimana sih cara memilih platform sekuritas saham online terbaik? Pada dasarnya tidak ada rumus yang bisa digunakan untuk mengukur kinerja sekuritas.

Pasalnya beberapa platform sekuritas saham online yang tercatat di BEI, bisa disebut sudah mumpuni secara keuangan.

Pasalnya mereka sudah memenuhi modal minimum sesuai yang ditentukan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Akan tetapi, jika anda masih bingung, maka pilihlah platform sekuritas yang mempunyai aplikasi saham online yang baik, bagus, dan bisa diandalkan.

Anda juga bisa mencoba menerapkan dummy-trade yang disediakan oleh beberapa platform sekuritas tersebut.

Sehingga anda bisa melakukan evaluasi terhadap bagus atau tidaknya aplikasi jual beli saham yang sudah ditawarkan.

2. Daftar & Buka Rekening Saham

Melalui online, anda bisa dengan mudah melakukan pendaftaran sebagai anggota di perusahaan sekuritas saham.

Tentu anda harus daftar terlebih dahulu serta membuka rekening saham pada perusahaan sekuritas. Barulah bisa melakukan transaksi jual beli saham.

Saat proses pembukaan rekening, anda akan diminta untuk melengkapibeberapa berkas atau dokumen sekaligus mengisi formulir khusus.

Jika masih bingung, maka anda bisa langsung menghubungi pihak perusahaan sekuritas tersebut guna memperoleh bimbingan cara membuka rekening saham.

Penting diketahui, rekening saham yang dimaksud bukan rekening umum seperti hendak menabung di bank. Melainkan rekening yang secara khusus dipergunakan untuk dompet digital menyimpan uang untuk jual beli saham.

Intinya, rekening khusus tersebut ditujukan untuk menyimpan modal dalam transaksi jual beli saham yang umumnya dikenal dengan Rekening Dana Nasabah (RDN).

Pada setiap perusahaan sekuritas, dipastikan bahwa nasabah diharuskan mempunyai RDN. Dan setiap saham yang ingin anda beli, modalnya akan masuk ke dalam RDN tersebut. Begitupun pada saat menjual saham.

3. Setor Modal (Deposit)

Sebelum mulai main saham, tentu anda harus setor dana terlebih dahulu ke dalam RDN untuk bisa melakukan transaksi saham.

Anda bisa melakukan setoran modal ke rekening RDN serta jumlahnya disesuaikan dengan jumlah transaksi saham yang akan dibeli.

Sebelumnya anda harus melakukan deposit terlebih dahulu, baru bisa melakukan transaksi perdagangan saham.

Jika transaksi pertama sudah berhasil, maka pada transaksi berikutnya anda bisa melakukan pembayaran kewajiban dalam waktu 2 hari terhitung sejak transaksi atau settlement.

4. Transaksi Jual & Beli Saham Online

Pada saat transaksi jual beli saham, anda akan dibebankan biaya tertentu dengan nominal beragam atau berbeda pada setiap perusahaan sekuritas.

Dalam investasi saham, anda akan mengenal istilah Lot, yang menjadi suatu takaran harga layaknya suatu barang.

Satuan lot ini dipakai secara internasional dalam transaksi saham. BEI pun menetapkan pembelian saham minimal 1 lot atau setara dengan 100 lembar saham.

Dengan begitu, anda hanya bisa melakukan pembelian saham secara lot. Besaran berapa banyak lot yang bisa anda beli, tentu akan disesuaikan dengan kemampuan ekonomi anda sendiri.

Sedangkan untuk mahal atau murahnya harga saham, bisa menjadi gambaran tentang nilai dan aset sebuah perusahaan.

5. Cari Referensi Saham Yang Menguntungkan

Saat anda memutuskan untuk bermain saham secara online, pastinya anda sudah punya daftar incaran beberapa saham yang diinginkan.

Dengan demikian, anda bisa langsung membeli sebagai koleksi investasi masa depan. Akan tetapi jangan sampai anda salah pilih. Perlu diperhatikan secara seksama dan benar.

Sebelumnya, anda bisa mencari tahu terlebih dahulu fundamental atau kinerja dari perusahaan yang dimaksud dari tahun ke tahun, tidak terkecuali prospeknya di masa depan.

Anda bisa mencari informasi kinerja beberapa saham tersebut di website Bursa Efek Indonesia (BEI), forum diskusi para investor, sosial media, ataupun sumber lainnya.

Dalam hal ini, anda bisa mempelajari laporan keuangan perusahaan, ataupun kinerja selama perusahaan tersebut berdiri.

Poinnya, belilah saham perusahaan yang mempunyai kinerja keuangan yang baik. Terlepas dari itu, aktivitas bisnisnya berjalan lancar serta cukup punya nama.

Jadi, begitu ada sedikit guncangan ekonomi, harga saham dari perusahaan yang dimaksud tidak mengalami penurunan secara drastis.

6. Amati Pergerakan & Tren Harga Saham

Harga saham bisa berubah sewaktu waktu dan tanpa diduga-duga. Hal tersebut karena dipengaruhi oleh banyak faktor.

Bisa karena faktor internal ataupun eksternal. Jadi, rajin-rajinlah mengamati pergerakan serta tren harga saham supaya anda tahu kemana arahnya.

Saat harga saham sudah sesuai target, maka anda pun bisa memilih untuk menjualnya. Begitu juga dengan tren saham.

Sebagai contoh, pada bulan ini saham yang sedang naik daun ialah saham di bidang farmasi, sedangkan untuk bulan berikutnya saham perbankan.

Maka dari itu, luangkanlah sedikit waktu untuk main saham online sekitar 15 hingga 30 menit per sesi.

Sehingga anda bisa selalu memperoleh informasi terbaru terkait dengan harga saham dan juga trennya. Sekaligus memaksimalkan keuntungan dari bermain saham.

Demikianlah ulasan singkat terkait cara main saham online, khususnya bagi pemula agar terhindar dari kerugian. Semoga membantu!

Scroll to Top