Cara Ganti PIN ATM BNI! Mudah Dan Cepat

Cara Ganti PIN ATM BNI! Mudah Dan Cepat

Ulasan kali ini kita akan membahas tentang Cara Ganti PIN ATM BNI! Mudah Dan Cepat. Bagi anda yang belum paham, akan lebih baik untuk menyimaknya hingga tuntas!

Apa sih pentingnya mengganti pin ATM secara berkala? Mungkin anda sedikit bingung dan bertanya mengapa pin ATM harus diganti secara rutin.

Mempunyai fungsi sebagai kata kunci dan pengaman, tentu pin ATM bisa membantu anda untuk menjaga uang tetap aman.

Tidak hanya itu saja, anda juga tidak harus khawatir jika kartu hilang. Pasalnya pin yang sering diganti akan sulit dibobol oleh orang lain.

Bisa disebut jika mengganti pin ATM sangatlah mudah. Tidak terkecuali proses dan langkah mengganti pin ATM BNI.

Cara Ganti PIN ATM BNI dengan Mudah dan Cepat

Jika dilihat dari fungsinya, pin ATM hampir sama dengan kunci rumah ataupun gembok. Pin mempunyai peranan untuk menjaga semua data transaksi dan saldo tetap aman di dalam chip.

Semua data hanya bisa diakses oleh pihak bank atau anda secara pribadi. Dengan mengganti pin ATM secara rutin, bertujuan untuk menghindari berbagai tindak kejahatan. Termasuk skimming yang membaca sekaligus menyalin data transaksi.

Umumnya pelaku kejahatan skimming menyisipkan sebuah alat pada mesin ATM. Tanpa disadari oleh pengguna mesin ATM, alat tersebut akan menyalin semua data pada kartu ATM.

Dan pada waktu bersamaan, data anda akan langsung di duplikasi pada kartu yang lain. Pemegang duplikasi kartu tersebut akan bisa dengan mudah membobol saldo dan data secara mudah.

Dilihat pada banyak kasus, korban pembobolan ialah para nasabah yang tidak tahu cara ganti pin ATM BNI.

Bahkan diantaranya nasabah yang enggan mengganti pin secara berkala. Sehingga akan sangat mempermudah aksi pada pelaku skimming.

Secara umum, pembobol tersebut akan menggunakan pin terakhir yang ada pada data transaksi. Dengan mengganti pin ATM, tentu menjadi solusi paling mudah mengelabui mereka.

Tahapan Penggantian PIN ATM BNI

Yang menjadi pertanyaan ialah, bagaimana proses dan cara mengubah pin ATM BNI untuk pemula? Lebih jelasnya silahkan simak langkah berikut :

  1. Masukkan kartu ke dalam mesin ATM
  2. Tekan menu Pilihan yang Lainnya.
  3. Selanjutnya, pilih menu Ganti PIN.
  4. Akan tampak pada layar, isikan PIN ATM yang lama.
  5. Setelah itu, masukkan PIN ATM yang baru sebanyak 6 digit angka.
  6. Ulangi langkah memasukkan PIN AT yang baru untuk proses konfirmasi.

Melihat tahapan di atas, tentu bukanlah hal yang sulit untuk mengganti pin ATM BNI. Jadi, segeralah ganti PIN ATM anda.

Saat ini bentuk penipuan dan pembobolan ATM semakin canggih dan sering terjadi. Terlepas dari penggunaan mesin skimmer di mesin ATM, skimmer juga sering ditemukan pada mesin pembayaran.

Cara kerja yang diterapkan pun sama, yaitu dengan menduplikasi data para pemilik kartu ATM.

Rekaman data yang diperoleh akan dipergunakan untuk membobol semua dana yang tersimpan di rekening.

Selain menggunakan mesin skimmer, pelaku pembobolan juga meletakkan kamera kecil pada mesin ATM. Kamera tersebut sengaja diarahkan pada tombol angka untuk melihat pin ATM yang diketik pengguna mesin.

Cara Antisipasi Pembobolan Kartu ATM BNI

Kenapa sih kartu ATM di Indonesia begitu mudah dibobol? Penting diketahui, kebanyakan kartu ATM masih menggunaka pita magnetic.

Pita ini mempunyai fungsi untuk menyimpan data yang akan merekam semua transaksi sekaligus pin.

Bisa disebut jika keamanan pita magnetik lebih rendah jika dibanding dengan chip. jadi karena itulah anda harus paham dengan cara mengganti pin ATM BNI dengan benar.

Pada kartu ATM yang sudah menggunakan chip, bisa disebut lebih aman. Sebab semua data akan diubah dalam kurun waktu tertentu.

Dalam hal ini, pembobol akan lebih sulit untuk mencuri data-data penting yang dibutuhkan untuk mengambil uang tanpa seizin pemiliknya.

Bahkan pihak bank pun akan lebih mudah dalam melacak aktivitas yang dianggap mencurigakan dari para pembobol.

Sebagai langkah meminimalisir kejahatan perbankan, tentu ada cara mudah yang bisa dilakukan.

Selain melakukan penggantian pin seperti yang sudah kami jelaskan di atas, anda pun bisa menerapkan beberapa langkah berikut :

1. Ganti PIN ATM Secara Berkala

Cara termudah untuk terhindar dari kejahatan perbankan ialah dengan melakukan penggantian pin ATM.

Langkah ini bisa dilakukan minimal dua bulan sekali dengan menggunakan kombinasi angka yang sulit dihafal orang lain.

Tujuan dari diterapkannya langkah ini ialah untuk menjaga keamanan dan kenyamanan anda ketika melakukan transaksi keuangan di mesin ATM.

Dengan demikian, anda tidak akan lagi khawatir ada orang lain yang mempunyai niat jahat. Pasalnya semua data transaksi dan perbankan akan tetap aman.

Tentu selama anda tidak memberikan pin ATM BNI yang baru pada orang lain. Sehingga keamanan akan tetap terjaga.

2. Menutup Tombol Angka

Pada setiap anda melakukan transaksi di mesin ATM, biasakan untuk selalu menutup tombol angka.

Hindari atau jangan sampai orang lain bisa melihat dan mencatat pin ATM yang sedang anda tekan.

Cobalah untuk menutup dengan tangan agar benar-benar terjamin aman. Sebab tanpa upaya maksimal, sesering apapun anda mengganti pin, tentu tidak akan ada gunanya.

Besar kemungkinan orang lain mengintip pin ATM anda. Meski tombol tersebut sudah dilindungi, namun kadang masih ada celah yang dimanfaatkan oleh pembobol.

Termasuk juga kamera pengintai yang akan mempermudah pembobol tersebut mencuri semua data nasabah.

3. Lebih Selektif Memilih Mesin ATM

Tidak ada sisi negatif jika anda memilih mesin ATM yang terletak di keramaian atau pusat perbelanjaan.

Intinya, anda patut menghindari mesin ATM yang berada di tempat sepi atau jauh dari jangkauan masyarakat sekitar.

Pasalnya mesin ATM yang sepi patut diwaspadai. Sebab tidak sedikit pelaku kejahatan yang justru memanfaatkan mesin ATM yang dimaksud.

Mereka akan lebih leluasa memasang mesin skimmer ataupun kamera pengintai. Tidak hanya itu saja, sejumlah penjahat juga melakukan tindak kejahatan secara terang-terangan.

Bahkan mereka tidak segan untuk menodong di mesin ATM. Sehingga tidak cukup dengan hanya mengganti PIN. Namun anda juga harus pintar memilih mesin ATM.

4. Merahasiakan PIN ATM

Seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya, jangan terlalu mudah untuk memberitahukan pin ATM anda pada orang lain.

Sebab pihak bank BNI sekalipun tidak akan meminta pin ATM anda secara langsung. Mereka tidak punya hak untuk bertanya pin ATM pada nasabah.

Jika anda memperoleh telepon ataupun SMS dari orang yang tidak dikenal serta meminta PIN ATM, akan lebih baik untuk mengabaikannya.

Kartu ATM BNI Merupakan Tanggung Jawab Pribadi

Saat anda sudah paham dengan cara penggantian pin ATM, maka lakukan sekarang untuk terhindar dan menjaga data anda tetap aman.

Meski tampak begitu sederhana, namun hal sekecil ini juga akan berdampak pada keamanan akun rekening anda.

Pastinya siapapun nasabah BNI, tidak ingin mengalami hal buruk seperti tindak pembobolan kartu ATM.

Antisipasi bukan hanya dilakukan oleh pihak bank BNI, melainkan anda selaku pemegang kartu ATM mempunyai kewajiban dan tanggung jawab besar atas keamanan data dan saldo tabungan.

Bagaimana? Apa rangkuman di atas sudah bisa menjawab rasa keingintahuan anda? Sekian dari kami dan semoga bisa membantu!

Scroll to Top