UKU Legal atau Ilegal?

UKU

Pertanyaan terkait UKU Legal atau Ilegal menjadi hal yang lazim di saat pinjaman online banyak bermunculan.

Hal ini merupakan salah satu bentuk kehati-hatian yang dilakukan oleh calon debitur. Sehingga mereka bisa terhindar dari tindak penipuan.

Teruntuk pinjaman online yang memiliki badan hukum yang benar, maka sudah pasti terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Pengecekan bisa langsung dilakukan pada keanggotaan OJK.

Saat ini juga sangat banyak pinjol yang tidak memiliki badan hukum, sehingga menjadikan platform tersebut memiliki prosedur yang tidak kuat.

Salah satu cirinya ialah ditandai dengan seringnya pihak pinjol menyebar data negatif ke kontak.

Teruntuk pengguna yang sudah terlanjur terjerat pinjol, tentu harus paham dengan semua konsekuensi yang harus ditanggung.

Pada penyedia pinjaman online ilegal, menerapkan suku bunga atau bahkan denda yang sangat tinggi.

Sehingga tidak jarang kita menjumpai banyak denda atau tagihan yang over lantaran pinjol yang terlampau membengkak tersebut.

Apa UKU Legal atau Ilegal?

Terdapat sejumlah cara yang bisa anda gunakan untuk mengetahui apakah pinjaman online tersebut legal atau sebaliknya.

Meski secara dasar pinjaman online tersebut sudah terdaftar di Play Store, masih belum bisa memberikan jaminan apakah pinjol tersebut memiliki legalitas yang kuat.

Artinya, pastikan pengguna sudah paham betul jika aplikasi yang akan digunakan untuk mengajukan pinjaman dana tunai memang sudah tepat.

Berikut sejumlah informasi yang mungkin bisa membantu anda mengenal lebih jauh tentang aplikasi pinjol UKU.

Status UKU

UKU sendiri merupakan kependekan dari Solusi Keuanganku, dan sudah secara resmi terdaftar atas nama PT Teknologi Merlin Sejahtera.

Perusahaan fintech yang satu ini sudah memiliki izin resmi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor daftar S58/NB.213/2019.

Artinya, UKU sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK. Sehingga sangat aman dan bisa dijadikan solusi pinjaman online langsung cair dengan tenor fleksibel.

Deskripsi UKU

Mempunyai latar belakang dengan status dan legalitas hukum yang kuat. Menjadikan UKU memiliki wewenang sebagai penyedia pinjaman online yang diatur oleh OJK.

Dalam menyalurkan produk, UKU menawarkan sejumlah kelebihan nyata dibanding denga penyedia pinjaman online lain. Apa saja?

  • Plafon pinjaman mulai dari Rp 500.000,- hingga Rp 5.000.000,-
  • Tenor pinjaman mulai dari 28 hari hingga 90 hari
  • Bunga Tahunan APR sebesar 14%
  • Bunga Pinjaman UKU per hari sebesar 0,4%

Dengan skema yang ditawarkan, UKU menjadi pinjaman KTA terbaik yang bisa anda pilih.

Kelebihan UKU

Dibanding dengan aplikasi penyedia pinjaman online lain, UKU menawarkan sejumlah kelebihan yang perlu anda ketahui.

Salah satu kelebihan yang paling mencolok ialah pinjaman atau kredit yang ditawarkan menerapkan skema yang sangat mudah.

Secara dasar, pinjaman UKU termasuk pada pinjaman singkat dengan tenor maksimal 90 hari. Namun meski begitu, ada beberapa kelebihan yang bisa anda peroleh dari layanan pinjol UKU ini. Apa saja?

  • Aman, karena sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan serta menjadi anggota AFPI.
  • Proses registrasi yang mudah dan cepat
  • Menawarkan pinjaman online langsung cair, bahkan tidak sampai 10 menit
  • Tersedia fitur untuk pemberi pinjaman
  • Aplikasi bisa diunduh gratis via Play Store dan App Store

Mungkin kelebihan di atas juga banyak ditemukan pada aplikasi pinjol yang lain. Akan tetapi sangat jarang ada fitur memberi pinjaman ke pengguna lain seperti pada UKU.

Kekurangan UKU

Terlepas dari kelebihan yang sudah kami paparkan di atas, UKU juga mempunyai kekurangan yang tentunya perlu dipahami oleh debitur.

Kekurangan yang sangat terasa ialah tenor atau masa pinjaman yang terbilang sangat singkat.

Sedangkan dari sisi bunga dan denda, masih terbilang sama dengan jenis pinjaman online kebanyakan. Berikut kekurangan UKU secara universal :

  • Suku bunga terbilang tinggi, yakni 0,4% per hari
  • Calon pemohon pinjaman harus memberikan kontak darurat, minimal 6 kontak aktif
  • Tenor pinjaman singkat, yakni maksimal 90 hari

Saat sedang terdesak dan memang membutuhkan dana dadakan yang harus segera cair. Mungkin kekurangan di atas tidak akan begitu terasa.

Namun selaku calon pemohon pinjaman, anda harus memperhatikan semua poin terkait pengajuan pinjaman online di aplikasi UKU.

Sekian pembahasan singkat dari kami, semoga bisa membantu!

Scroll to Top