Mudah! Ini Cara Membuat E-Money Tanpa Ribet

Jika sudah mengetahui langkah-langkahnya, tentu Cara Membuat E-Money sangatlah mudah. Bahkan dengan hanya menerapkan beberapa prosedur saja.

Untuk saat ini, uang tunai sudah bukan lagi satu-satunya alat pembayaran. Pasalnya masyarakat bisa dengan mudah menggunakan kartu debit, kartu kredit ataupun mata uang digital.

Namun selain itu, anda juga bisa menggunakan e-money yang belakangan sangat populer di kalangan masyarakat.

Kartu pembayaran yang sudah dirilis oleh Bank Mandiri tersebut, mempunyai beragam kelebihan. Bahkan cara membuatnya terbilang mudah tanpa harus datang langsung ke bank.

Mudah! Ini Cara Membuat E-Money Tanpa Ribet

Seperti yang sudah kami paparkan di atas, kartu E-Money mempunyai sejumlah kelebihan dibanding dengan kartu yang lain.

Secara dasar, e-money sendiri tidak jauh berbeda dengan BCA Flazz. Sebab kedua kartu sering digunakan untuk membayar tol atau jenis transportasi umum yang lain.

Terhitung sejak diluncurkan, e-money dinilai lebih unggul dibanding dengan BCA Flazz. Sebab e-money bisa dipergunakan beberapa tempat sekaligus merchant rekanan. Berikut sejumlah kelebihan yang ditawarkan kartu e-money :

1. Tersedia Tiga Pilihan Kartu

E-Money mempunyai tiga pilihan kartu yang bisa dimanfaatkan. Yang pertama ialah Gazcard yang bisa dipergunakan untuk pembelian bahan bakar di Pertamina.

Untuk penggunaannya pun sangat mudah, yakni dengan hanya ditempelkan pada mesin pembayaran. Otomatis saldo Gazcard akan terptong sesuai dengan nominal yang tertera.

Sedangkan untuk kartu kedua, ialah Indomaret Card yang memang secara khusus dipergunakan untuk berbelanja di Indomaret.

Selain untuk belanja, Indomaret Card juga bisa digunakan sebagai kartu member. Sehingga anda bisa dengan mudah menikmati hak untuk berbagai promosi yang ditawarkan.

Dan kartu yang terakhir ialah E-Toll Card. Kartu ini secara khusus melayani pembayaran tol di seluruh Indonesia. Tata cara pembuatan kartu e-money khusus tol juga sangat mudah.

2. Pembayaran di Berbagai Merchant

Anda jangan khawatir meski malas untuk membawa uang tunai ketika dalam perjalanan. Sebab masih bisa memanfaatkan e-money untuk beragam transaksi.

Tidak hanya sebatas pom bensin, Indomaret, dan tol saja. Namun anda juga bisa menggunakannya untuk restoran yang bekerjasama dengan Mandiri E-Money.

Dengan kondisi yang demikian, maka anda bisa dengan mudah dan tanpa khawatir kekurangan uang saat bepergian.

Sejumlah merchant yang bekerjasama dengan e-money ialah supermarket, minimarket, restoran atau hingga commuter line dan busway.

Dalam hal ini, pembelian tiket kereta commuter line bisa anda lakukan dengan non-tunai menggunakan e-money.

Pembuatan e-money khusus commuter line pun tidak jauh berbeda dengan lain. Pasalnya, secara dasar kartu e-money bisa dipergunakan pada semua merchant rekanan.

3. Praktis & Aman

Ingin belanja tapi tidak ingin repot menghitung uang? Jika anda dulunya selalu membawa uang kemana-mana, saat ini sudah tidak diperlukan lagi.

Dengan hanya membawa kartu e-money, maka anda bisa melakukan apapun sesuai keinginan.. Mulai dari belanja, makan di restoran rekanan, dan yang lainnya.

Sedangkan dari sisi keamanan, tentu e-money mempunyai sistem yang jauh lebih aman. Sehingga anda tidak harus khawatir seperti halnya membawa uang tunai.

Semua uang yang sudah di top-up ke dalam e-money, sudah sangat praktis untuk dijadikan alat pembayaran non tunai.

Bahkan dalam hal ini, oknum yang tidak bertanggung jawab pun tidak bisa menggunakan e-money anda dengan mudah.

Tata Cara Membuat Kartu E-Money

Dengan mengetahui sejumlah keunggulan di atas, pasti saat ini anda ingin tahu lebih detail dengan prosedur pembuatan kartu e-money.

Secara dasar, pembuatan kartu ini sangatlah mudah. Bahkan siapapun bisa memperoleh kartu e-money dalam waktu yang singkat tanpa harus datang ke bank.

Agar anda lebih paham dengan langkah-langkah pembuatan e-money, berikut penjelasan lebih lengkap yang bisa dipelajari.

1. Datang Ke Kantor Cabang Bank Mandiri

Cara pertama yang bisa anda lakukan ialah dengan datang langsung ke kantor cabang Bank mandiri terdekat.

Saat sudah disana, anda bisa meminta bantuan customer service untuk membuatkan e-moner pribadi.

Selajutnya, anda akan disuguhi sejumlah pilihan jenis e-money yang dibutuhkan. Dalam hal ini, pembuatan e-money tidak mengharuskan anda untuk membuat rekening baru.

Bahkan nasabah dari bank lain pun bisa mempunyai e-money dengan mudah.

Dalam hal ini, anda akan dibantu untuk memperoleh e-money daam waktu yang cepat. sebab e-money merupakan kartu pembayaran yang tidak memerlukan syarat khusus seperti halnya buku tabungan.

Kartu e-money sendiri bisa dibeli secara bebas serta di isi saldo menurut keinginan pengguna. Pengisian saldo juga mudah, bahkan bisa dilakukan dari manapun dan kapan saja.

2. Membuat di Outlet Rekanan

Untuk saat ini, sejumlah outlet menyediakan e-money yang bisa dibeli secara bebas. Dalam hal ini, anda bisa datang ke Hypermart, Indomaret, Alfamart, Superindi, Lawson, 7-Eleven, ataupun Alfamidi.

Selain bisa jadi alternatif untuk membuat e-money, sejumlah outlet tersebut juga melayani pengisian saldo sekaligus.

Selanjutnya, kasir akan mentransfer saldo langsung ke dalam kartu e-money yang sudah anda beli atau yang sudah dimiliki.

Jika di kantor cabang hanya membuka layanan pada jam kerja, outlet rekanan bisa beroperasi 24 jam.

Dengan kata lain, anda tidak akan kesulitan untuk menemukan e-money dengan harga yang terbilang terjangkau.

Hal ini juga akan sangat membantu anda ketika dalam keadaan darurat. Khususnya saat berada di jalan tol.

Sangat sering sejumlah pengendara kehabisan saldo e-money atau kehilangan e-money mereka tanpa disadari.

3. Melalui Kantor Gerbang Tol

Cara terakhir yang bisa dilakukan untuk membuat kartu e-money ialah gerbang tol. Namun cara ini umumnya hanya melayani dan menyediakan layanan e-Toll.

Rata-rata gerbang tol yang menyediakan e-money berada di Jabodetabek. Banda yang lewat jalan tol semarang ’96 Bawean, Medan, Bali, dan Surabaya. Akan lebih baik menyediakan e-Toll sendiri.

Tujuannya ialah untuk menghindari kemacetan akibat antre di pembayaran masuk gerbang tol. Terlepas dari itu, anda juga bisa menghemat waktu saat bepergian.

Kenapa Harus Pakat E-Money?

Terdapat sejumlah alasan kenapa anda harus beralih ke E-money untuk segala proses transaksi. Salah satunya mungkin bisa anda peroleh saat melihat sejumlah keunggulan dari kartu tersebut.

E-money sendiri dinilai lebih praktis serta efisien dalam melakukan sejumlah transaksi pembayaran.

Terlebih lagi, bank Mandiri tidak membebankan biaya admin bulanan. Seperti biaya yang diberlakukan pada kartu debit atau kredit.

Yang artinya, saldo yang ada pada kartu e-money tidak akan terpotong dalam jumlah tertentu setiap bulanya. Begitu juga dengan masa berlaku kartu e-money yang tidak terbatas.

Terhitung sejak anda melakukan pembuatan kartu e-money, maka otomatis kartu sudah aktif dan bisa lagsung dipergunakan.

Beda halnya dengan kartu debit atau kartu kredit yang mempunyai masa berlaku. Khususnya saat pengguna ingin tetap bisa menggunakan kartu tersebut.

Tidak hanya terbebas dari biaya admin bulanan dan aktif seumur hidup, saat ini e-money juga sudah melayani tagihan bulanan.

Intinya, anda bisa memanfaatkan e-money untuk membayar tagihan listrik, tv kabel, ataupun tagihan telepon.

Untuk membayar tagihan bulanan, anda bisa melakukannya di Indomaret. Selanjutnya pihak kasir akan membantu anda membayar tagihan.

Ketika anda menganggap sudah tidak membutuhkan e-money lagi, maka kartu bisa diberikan pada orang lain. Tidak ada proses khusus yang dibutuhkan.

Selain itu, kartu e-money juga bisa ditutup atau dinon-aktifkan. Penutupan hanya bisa dilakukan melalui kantor cabang atau dengan persetujuan para pengguna langsung.

Selanjutnya, akan ada biaya admin sebesar Rp 5 ribu. Ketika kartu sudah ditutup, maka semua transaksi dengan kartu e-money tersebut tidak akan berlaku.

Scroll to Top