Denda Shopee Pinjam Jika Telat Bayar

Denda Shopee Pinjam Jika Telat Bayar

Berapa Denda Shopee Pinjam Jika Telat Bayar? Mungkin pertanyaan ini muncul di benak anda. Maka dari itu, disini kami berupaya memberikan jawaban sesingkat dan sedetail mungkin agar anda bisa mengetahui rincian lengkapnya.

Nah selaku pengguna aplikasi e-commerce Shopee dan sedang menikmati layanan Shopee Pinjam. Tentu anda mempunyai kewajiban untuk membayarnya sebelum tanggal jatuh tempo.

Jika mengalami keterlambatan atau membayar melebihi tanggal jatuh tempo, maka akan ada penalti atau denda yang harus dibayar.

Untuk besaran denda Shopee Pinjaman sendiri bervariasi. Jumlahnya dihitung berdasar pada tagihan sehingga nilainya bisa saja sangat besar.

Semakin besar total tagihan yang harus dibayar, maka akan semakin besar pula denda yang harus ditanggung.

Ini merupakan salah satu konsekuensi meminjam uang dari Shopee Pinjam. Kendati demikian, denda tersebut bisa dikatakan lebih kecil dibanding dengan layanan pinjaman online lain yang hitungannya dilakukan per hari.

Denda Shopee Pinjam Jika Telat Bayar

Dengan tujuan agar anda bisa terhindar dari denda, tentu harus memperhatikan tanggal jatuh tempo dan selalu membayar tepat waktu.

Meski secara dasar denda yang dikenakan per hari, namun akan semakin menumpuk jika tidak segera dibayar. Terlebih bunga Shopee Pinjam nilainya cukup besar.

Sekedar untuk tambahan informasi, Shopee Pinjam sendiri merupakan layanan pinjaman dana tunai dari Shopee.

Fasilitas ini hanya untuk pengguna terpilih. Sehingga tidak semua pengguna Shopee bisa menikmati atau mengajukan pinjaman ini.

Bagi anda yang beruntung, bisa mengaktifkan Shopee Pinjam. Namun otomatis mempunyai kewajiban untuk membayar tagihan sebelum tanggal jatuh tempo.

Tanggal Jatuh Tempo Shopee Pinjam

Dengan tujuan agar anda terhindar dari denda keterlambatan, tentu harus melakukan pembayaran setidaknya tanggal 5 setiap bulannya.

Jika melebihi tanggal tersebut, maka otomatis akan membuat anda harus membayar denda keterlambatan lantaran sudah melewati tanggal jatuh tempo.

Denda akan terus dan semakin menumpuk jika di bulan berikutnya tidak bisa membayar tagihan.

Bahkan pengguna SPinjam juga bisa masuk ke daftar hitam SLIK OJ atau BI Checking apabila telat hingga berbulan-bulan.

Pihak Shopee mempunyai hak untuk melakukan penagihan melalui debt collector hingga semua tagihan terbayarkan.

Denda Shopee Pinjam

Jika anda tidak ingin terkena denda dan didatangi oleh deb collector, maka akan lebih baik membayar tagihan Shopee Pinjam sebelum tanggal jatuh tempo.

Seperti yang kami sebutkan di atas, tanggal jatuh tempo SPinjam ialah tanggal 5 setiap bulannya.

Jika melebihi dari tanggal 5 tersebut, maka anda harus membayar denda atau penalti sesuai dengan kebijakan pihak Shopee.

Dimana untuk saat ini denda keterlambatan SPinjam ialah sebesar 5% dari total tagihan.

Cara Menghitung Denda Telat Bayar Shopee Pinjam

Sebagai simulasi atau contoh perhitungan, disini kami akan memberikan perhitungan dengan total pinjaman Rp 3 juta dengan tenor 3 bulan.

  • Plafon : Rp 3.000.000
  • Tenor : 3 bulan
  • Bunga 2,95% dari total pinjaman = Rp 3.000.000 x 2.95% = Rp 88.500,-
  • Bunga + Angsuran per bulan = Rp 1.000.000 + Rp 88.500 = 1.088.500,-

Jika anda telat bayar, maka akan dikenakan denda sebesar 5% dari total angsuran. Dimana denda ini dihitung dari Rp 1.088.500 x 5% = Rp 54.425,-

Dan jika ditotal, jumlah tagihan yang harus anda bayar ditambah dengan bunga ialah Rp 1.088.500 + Rp 54.425 = Rp 1.142.925,-

Denda yang dibebankan akan semakin besar jika anda tidak segera membayar angsuran Shopee Pinjam. Apalagi plafon yang diajukan melebihi simulasi yang kita hitung di atas.

Penutup

Layanan Shopee Pinjam memang akan sangat membantu saat anda terdesak kebutuhan. Namun harus memperhatikan syarat dan ketentuan, serta membayar angsuran tepat waktu agar tidak terkena denda.

Untuk memperoleh informasi lebih lengkap tentang denda telat bayar Shopee Pinjam, anda bisa mengunjungi laman https://help.shopee.co.id atau menghubungi layanan customer service Shopee di nomor 1500702.

Seperti yang sudah kami jelaskan di atas, suku bunga pinjaman SPinjam ialah sebesar 2,95% dari total pinjaman. Sedangkan untuk denda sebesar 5% dari jumlah angsuran yang harus di bayar per bulan.

Nah dengan melihat sejumlah rincian yang kami sebutkan di atas, tentu anda sudah bisa memperhitungkan seberapa besar jumlah denda yang harus dibayar.

Meski terbilang kecil jika hanya untuk satu bulan, namun akan semakin menumpuk jika dibiarkan berlarut-larut.

Sekian untuk pembahasan kali ini, semoga bisa membantu!

Scroll to Top