Cara Mengecek Tagihan Pajak Bumi Dan Bangunan Online

Pajak Bumi Dan Bangunan

Berikut kami sampaikan tentang Cara Mengecek Tagihan Pajak Bumi Dan Bangunan Online. Bagi anda yang belum paham dengan tahapannya, bisa menyimak ulasan ini hingga tuntas.

Seperti yang kita ketahui, Pajak Bumi dan Bangunan atau yang lebih dikenal dengan PBB merupakan salah satu jenis pajak yang sangat penting dalam sistem perpajakan di Indonesia.

Jenis pajak ini dibebankan atas kepemilikan atau penguasaan tanah dan/atau bangunan yang dimliki oleh warga, negara, badan usaha, atau pihak lain yang ada di wilayah Indonesia.

PBB sendiri mempunyai peranan yang strategis dalam menyokong penerimaan negara untuk membiayai sejumlah program pembangunan dan pelayanan publik.

Maka dari itu, penting bagi setiap pemilik properti untuk secara teliit dan rutin dalam melakukan pengecekan tagihan PBB. Tujuannya ialah untuk memastikan kewajiban pajaknya terpenuhi dengan tepat.

Akan tetapi, seiring dengan perkembangan teknologi dan digitalisasi, proses verfiikasi PBB juga sudah mengalami perubahan yang signifikan.

Cara Mengecek Tagihan Pajak Bumi Dan Bangunan Online

Untuk saat ini, warga negara bisa melakukan pengecekan tagihan PBB secara online. Yakni dengan memanfaatkan portal yang disediakan oleh pemerintah.

Dengan memanfaatkan platform online ini, maka pemilik properti bisa mengakses informasi terkait dengan nilai PBB, status pembayaran, sekaligus mengajukan banding atau permohonan pengurangan PBB dengan lebih mudah, cepat, dan efisien.

Dalam sistem perpajakan yang berlaku di Indonesia, PBB dikenal dengan sebutan pajak properti atau pajak tanah dan bangunan.

PBB sendiri diterapkan untuk semua jenis tanah, entah itu yang digunakan untuk tempat tinggal, usaha, ataupun tanah yang belum dimanfaatkan.

Terlepas dari itu, bangunan yang didirikan di atas tanah tersebut juga akan turut dikenai pajak. setiap tahun, pemilik properti wajib membayar PBB sesuai dengan nilai serta tarif yang sudah ditetapkan oleh pemerintah daerah.

Dalam hal ini, proses pengenaan pajak PBB berlangsung secara periodik serta dilakukan oleh Badan Pendapatan Daerah (BPD) setempat.

Sedangkan untuk penilaian PBB didasari oleh beberapa faktor. Mulai dari lokasi properti, luas tanah, jenis bangunan, serta nilai properti yang ditetapkan BPD.

Nah dengan adanya akses yang mudah dan verifikasi PBB secara online ini. Maka anda selaku pemilik properti bisa dengan mudah meatau status pembayaran serta memastikan semua data yang dimasukkan sudah akurat. Artinya, proses perpajakan yang dilakukan bisa menjadi lebih mudah, transparan dan efisien.

Berikut merupakan sedikit panduan untuk melakukan verifikasi tagiihan PBB secara online. Yuk kita simak sama-sama.

1. Akses Portal Verifikasi PBB

Langkah pertama yang bisa anda lakukan ialah mengunjungi situs atau website resmi yang sudah disediakan oleh Badan Pendapatan Daerah (BPD).

Nantinya disana anda bisa menemukan pilihan untuk melakuka verifikasi ataupun melakukan pengecekan tagihan PBB. Sebagai contoh website PBB Pemerintah Surabaya bisa anda akses DISINI.

2. Registrasi dan Pembuatan Akun

Apabila anda masih belum memiliki akun, maka bisa melakukan registrasi terlebih dahulu. Pada proses ini, anda akan diminta untuk mengiisi data pribadi seperti nama, alamat, nomor identitas, dan informasi properti.

Jika sudah selesai, buatlah akun dengan menggunakan username dan password yang aman. Sehingga saat dibutuhkan, anda tidak perlu registrasi lagi.

3. Memasukkan Detail Properti & Cek Tagihan PBB

Saat sudah berhasil masuk atau login dengan akun yang anda buat. Maka selanjutnya bisa memasukkan detail properti dengan tepat dan akurat.

Sejumlah data yang dibutuhkan mulai dari nomor identifikasi objek PBB (NOP), luas tanah, jenis bangunan dan informasi lain yang relevan.

Nah saat data properti sudah terdaftar, maka portal akan menampilkan tagihan PBB yang harus anda bayarkan untuk tahun pajak tertentu.

4. Verifikasi Data dan Kesesuaian

Selanjutnya, anda bisa memeriksa kembali data yang dimasukkan. Tujuannya ialah untuk memastikan kesesuaian dengan informasi properti yang sebenarnya.

Jika memang masih ada kesalahan atau ketidaksesuaian data, maka bisa segera melakukan perbaikan atau koreksi.

5. Proses Pembayaran

Apabila tagihan PBB sudah sesuai dan akurat, maka anda bisa langsung melanjutkan proses pembayaran. Pastikan untuk selalu mebayar tagihan tepat waktu sesuai tangga jatuh tempo yang tertera.

Jika pembayaran sudah anda lakukan, pastikan untuk menyimpan bukti pembayaran sebagai tanda bukti bahwa anda sudah memenuhi kewajiban perpajakan

Penutup

Melihat sejumlah informasi yang sudah kami sampaikan di atas, bisa diambil kesimpulan bahwa proses pengecekan tagihan PBB online sangatlah mudah. Bahkan prosesnya bisa dilakukan dengan sangat cepat dan efisien.

Demikianlah sedikit ulasan yang bisa kami paparkan. Semoga bisa membantu!

Scroll to Top