Manfaat Deposito Untuk Masa Depan

Apa saja Manfaat Deposito Untuk Masa Depan? Sudah pasti anda mempunyai tabungan di bank. Bahkan tidak sedikit diantaranya mempunyai lebih dari satu rekening bank sekaligus.

Secara umum, mempunyai lebih dari satu tabungan di bank atau rekening bank. Tidak lain untuk mengatur keuangan. Ada yang dipergunakan untuk kepentingan sehari-hari, membayar angsuran, atau untuk tabungan khusus.

Nah, berbicara terkait dengan perencanaan keuangan jangka panjang. Ada begitu banyak produk bank yang memberikan penawaran tabungan jangka panjang, yakni deposito berjangka.

Lantas apa yang dimaksud dengan deposito berjangka? Jenis tabungan ini merupakan salah satu produk lembaga perbankan. Dimana nasabah bisa setor yang untuk disimpan dalam kurun waktu lama.

Uang tersebut tidak bisa diambil hingga jangka waktu yang sudah ditetapkan. Sebagai contoh ialah 1 tahun, 5 tahun, atau bahkan hingga 10 tahun.

Ada begitu banyak keuntungan yang bisa diperoleh dari produk tabungan ini. Salah satunya ialah suku bunga bank lebih tinggi dibanding jenis tabungan lain.

Oleh karena itu, deposito berjangka hanya bisa diambil dalam kurun waktu yang sudah ditentukan. Apabila yang berjangka diambil sebelum batas waktu, maka akan dibebankan penalti.

Terlepas dari itu, deposito berjangka bisa diperpanjang secara otomatis menggunakan ARO (Automatic Roll Over).

Dengan adanya ARO tersebut, maka deposito berjangka akan diperpanjang otomatis dengan jangka waktu yang sama.

Dana yang tersimpan dalam deposito akan bekerja sendiri dan terbilang sangat menguntungkan. Sehingga bisa menjadi pilihan yang cocok bagi anda yang ingin berinvestasi.

Manfaat Deposito Untuk Masa Depan

Melansir dari beberapa sumber di internet, ada begitu banyak manfaat yang bisa diperoleh dari investasi deposito. Beberapa diantaranya mencakup :

1. Tabungan Lebih Aman

Tidak sedikit orang yang menabung mempunyai tujuan tertentu. Sebagai contoh ialah untuk membeli rumah, biaya pendidikan, membeli barang idaman, atau yang lainnya.

Akan tetapi ditengah perjalanan menabung tersebut, tidak jarang orang justru tergiur untuk segera mencairkan uang mereka.

Deposito berjangka memberikan jaminan uang anda lebih aman dan tidak mudah diambil sebelum kurun waktu yang sudah ditentukan.

Secara dasar tabungan ini bisa diambil kapan saja. Namun anda pastik akan berpikir dua kali untuk mengindari penalti sebelum jatuh tempo pengambilan. Bahkan tabungan tidak akan memperoleh bunga.

2. Pilihan Investasi Paling Mudah

Deposito berjangka mempunyai tingkat suku bunga yang lebih tinggi jika anda bandingkan dengan produk perbankan lain.

Tentu hal ini akan sangat menguntungkan bagi anda. Sebab semakin besar yang disimpan, maka akan semakin besar pula suku bunga yang diperoleh.

3. Investasi Rendah Risiko

Investasi deposito berjangka mempunyai tingkat kegagalan investasi lebih rendah dibanding dengan jenis investasi lain seperti saham dan obligasi.

Jika investasi saham, masih aada rasa khawatir karena risiko kerugian lebih besar. Sedangkan untuk deposito berjangka, relatif lebih aman lantaran tidak perlu melihat harga pasar.

4. Pendapatan Per Tenor Deposito Berjangka

Jumlah pendapatan per tenor merupakan keuntungan deposito berjangka. Khususnya saat anda kesulitan untuk mengambil uang jika waktunya tidak tepat.

Akan tetapi, keuntungan (laba) masih bisa diambil dengan cara menyetor kembali uang tersebut ke rekening deposito berjangka anda. Intinya, anda bisa tetap memperoleh bunga sesuai dengan tenor.

Strategi Deposito Agar Jadi Investasi Menguntungkan

Apabila anda sudah menentukan deposito berjangka sebagai bentuk investasi yang dipilih. maka bisa melakukan strategi lanjutan agar tabungan tersebut untung besar.

Mungkin tampak sederhana, namun tips ini merupakan cara unik agar anda bisa menghasilkan dari investasi yang dilakukan.

1. Tentukan Jangka Waktu Investasi

Tahap awal sebelum memulai investasi deposito ialah dengan menentukan durasi investasi. Dalam hal ini, tentukan berapa lama anda akan menyimpan dana dalam deposito berjangka.

Pasalnya jangka waktu simpan akan berpengaruh pada tingkat suku bunga yang diperoleh. Semakin lama, maka akan semakin besar keuntungan.

Pemilihan jangka waktu bisa disesuaikan dengan kapan anda membutuhkan dana tersebut. Namun pastikan bahwa anda mempunyai dana cadangan sebelum jatuh tempo deposito berjangka.

2. Bandingkan Suku Bunga

Setelah anda menentukan jangka waktu deposito. Maka selanjutnya memilih bank dengan suku bunga yang diharapkan.

Sebab setiap lembaga perbankan memberikan penawaran tingkat suku bunga yang berbeda.

Demikianlah sedikit ulasan yang bisa kami rangkum, semoga bisa membantu.

Scroll to Top