Inilah Cara Gadai Emas Di Pegadaian Yang Perlu Anda Ketahui

Inilah Cara Gadai Emas Di Pegadaian Yang Perlu Anda Ketahui. Mungkin tampak sederhana, namun bisa menjadi titik berat diterima atau ditolaknyanya pengajuan gadai anda.

Ketika seseorang bertemu dan mengalami kesulitan finansial, maka tidak sedikit orang yang memutuskan untuk mencari pinjaman.

Sedangkan untuk sebagiannya lagi, lebih memilih menggadaikan harta benda yang merekaa miliki saat ini.

Sebagai contoh disini ialah emas, benda berharga yang satu ini harganya hampir selalu stabil serta lebih cenderung mengalami naik dan turunnya harga.

Meski secara terpaksa, akan tetapi gadai bisa menjadi solusi alternatif yang paling tepat saat seseorang membutuhkan suntikan dana.

Dibanding dengan merepotkan untuk mencari pinjaman dari saudara, teman, ataupun membayar beban cicilan dari pinjaman.

Terlebih lagi, saat ini sudah hadir penyedia gadai dibawah pengawasan pemerintah, yakni Pegadaian.

Selain terjamin keamanannya, gadai emas di Pegadaian juga menerapkan cara yang sangat mudah.

Inilah Cara Gadai Emas Di Pegadaian Yang Perlu Anda Ketahui

Ada beberapa pertanyaan yang terkait dengan gadai emas di Pegadaian. Salah satunya ialah apa bisa gadai emas di Pegadaian tanpa surat dari toko?

Jika dijawab secara singkat, jawabannya tidak bisa. Sebab surat atau kwitansi merupakan dokumen wajib yang diterima konsumen saat membeli emas.

Paa surat yang diterima tersebut, akan tercantum nama toko, nama pembeli, alamat, tanggal pembelian, harga emas dan kadarnya, serta gambaran fisik terkait dengan emas tersebut.

Nah ketika menggadaikan emas, surat yang terkeait dengan kepemilikan dan identitas fisik emas tersebut harus diikut sertakan.

Pasalnya, dengan adanya surat yang dimaksud menjadi tanda bahwa emas itu legal, resmi, dan sah untuk digadaikan.

Penting untuk diketahui, lembaga resmi seperti Pegadaian hanya akan menerima gadai emas yang mempunyai sertifikat atau surat yang sah.

Sebaliknya, pihak Pegadaian tidak akan menerima emas tanpa surat lantaran kemungkinan akan menimbulkan masalah di kemudian hari.

Terlepas dari itu, pengajuan gadai emas juga harus menyertakan bukti identitas kepemilikan yang valid.

Bahkan anda justru harus curiga jika anda penyedia gadai emas yang mau menerima gadai emas tanpa surat. Bisa jadi hal tersebut hanya kedok penipuan yang akan membawa lari emas anda.

Tarif Pengurusan Gadai Emas di Pegadaian

Saat anda mengambil keputusan untuk menggadaikan emas di Pegadaian. Maka poin penting yang harus diketahui ialah tentang biaya kepengurusan gadai.

Biaya administrasi ini merupakan hal wajib yang dibebankan jika anda ingin gadai emas. Selain itu, besarannya pun tergantung dengan jumlah pinjaman yang diajukan.

Jadi, semakin besar jumlah dana yang dibutuhkan, maka akan semakin besar pula biaya administrasi yang harus ditanggung.

Melalui produk Kredit Cepat Aman (KCA), Pegadaian sendiri menetapkan tarif administrasi gadai emas sebesar Rp 2000 hingga Rp 125.000 untuk pinjaman sebesar Rp 50 ribu hingga Rp 5 miliar.

Sedangkan untuk tenor atau jangka waktu peminjaman, mulai dari 1 hingga 120 hari atau setara dengan 4 bulan.

Penerapan Nilai Taksir Harga Emas Pegadaian

Tidak ubahnya seperti jenis pinjaman dengan agunan yang lain. Besarnya pinjaman dari gadai emas juga tergantung dengan nilai taksirnya.

Sebelum anda pergi ke Pegadaian, akan lebih baik jika melakukan riset terlebih dahulu terkait dengan nilai taksir harga emas yang dimaksud.

Secara umum, nilai taksir harga emas sebesar 92% hingga 95% dari harga emas. Jadi, misal anda hendak gadai emas seharga Rp 10 juta, maka nilai taksirnya 5 x 92% sama dengan Rp 9.200.000,-

Jika anda sudah tahu dengan nilai taksir harga emas, maka selanjutnya bisa memprediksi sendiri berapa besaran pinjaman yang bisa anda ajukan.

Sistem Gadai Emas di Pegadaian

Bagaimana sih sistem yang gadai emas yang diterapkan oleh Pagadaian? Sistem yang diterapkan ialah KCA (Kredit Aman Cepat).

Layanan ini tersedia di semua kantor cabang Pegadaian. Bahkan prosedur pengajuannya pun sangat mudah bagi semua kalangan.

Pinjaman yang bisa dicairkan mulai dari Rp 50 ribu hingga lebih dari Rp 500 juta. Nasabah pun tidak harus memiliki rekening pribadi untuk mencairkan pinjaman.

Dengan jangka waktu pinjaman sekitar 4 bulan serta bisa diperpanjang dengan membayar sewa modal atau mencicil sebagian uang pinjaman.

Syarat Gadai Emas di Pegadaian

Apa saja sih syarat untuk bisa gadai emas di Pegadaian? Seperti yang sudah kami jelaskan di atas, persyaratan dan proses gadai sangatlah mudah.

Sejumlah syarat yang dibutuhkan untuk mengajukan gadai emas di Pagadaian ialah : Kartu identitas resmi (KTP / SIM / Paspor), serta emas yang akan diagunkan.

Selanjutnya, nasabah hanya perlu menandatangani Surat Bukti Kredit (SBK) sebelum pinjaman cair.

Cara Memperpanjang Masa Gadai di Pegadaian

Jika secara umum, pihak Pegadaian memberikan jangka waktu gadai selama 4 bulan. Selama itu juga, anda bisa mencicil pinjaman hingga lunas saat jatuh tempo.

Akan tetapi, tidak semua orang bisa mengembalikan pinjaman tepat waktu. Padahal setelah jatuh tempo emas yang digadai akan dilelang oleh pihak Pegadaian.

Nah sebelum hal tersebut terjadi, anda tidak harus khawatir lantaran masa peminjaman masih bisa diperpanjang dengan mengikuti syarat dan ketentuan yang berlaku.

Intinya, anda masih punya kesempatan untuk mempertahankan kepemilkan emas yang sudah digadai.

Prosedur Menebus Emas di Pegadaian

Terlepas dari proses pengajuannya yang mudah, prosedur menebus emas di Pegadaian juga sangat mudah.

Anda hanya perlu mendatangi Pegadaian sehari sebelum tanggal jatuh tempo untuk memberi tahu bahwa anda akan menebus emas yang sudah digadaikan.

Keesokan harinya, anda bisa kembali ke Pegadaian dengan membawa beberapa uang sesuai dengan nominal pinjaman. Beserta dengan identitas diri dan surat bukti kredit atau gadai emas.

Kemudian, anda serahkan surat tersebut pada petugas Pegadaian serta anda pun sudah bisa membawa pulang kembali emas yang digadaikan.

Biaya Gadai & Pelunasan Gadai Emas

Untuk biaya sewa modal atau titip gadai di Pegadaian, menetapkan biaya mulai dari 0,75% per 15 hari.

Sedangkan untuk pelunasan, dihitung berdasar besarnya pinjaman ditambah dengan biaya sewa modal sejumlah harinya.

Hal Penting Tentang Gadai Emas Pegadaian

Ketika anda hendak menggadaikan emas di Pegadaian, penting untuk memperhatikan kriteria emas yang hendak digadai.

Selain itu, perhatikan juga jumlah pinjaman yang diterima, jumlah biaya sewa modal, besarnya angsuran, jangka waktu pinjaman, serta tanggal jatuh tempo, tempat dan juga jadwal pelelangan.

Terlebih lagi, anda harus paham dengan ketentuan lain yang diberlakukan oleh pihak Pegadaian.

Pikir Secara Matang Sebelum Gadai Emas

Meski gadai emas terbilang lebih menguuntungkan dibanding dengan melakukan pinjaman dengan agunan.

Akan tetapi anda juga harus mempertimbangkan segala terlebih dahulu. Baik itu dari segi syarat dan ketentuan, atau hal lain yang terkait.

Penting juga untuk mengukur kemampuan finansial anda untuk mengembalikan atau melunasi pinjaman.

Jika saat pelunasan anda tidak bisa atau tidak mampu mengembalikan, maka otomatis anda harus rela kehilangan emas yang digadaikan tersebut.

Demikianlah sedikit ulasan yang bisa kami rangkum. Semoga apa yang kami tulis di atas bisa menjadi referensi bagi yang membutuhkan.

Scroll to Top